Wednesday, August 24, 2016

5 Hal yang Wajib Diketahui Wanita Sebelum Menyusui

Selain menyusui bayi dengan susu formula, menyusui dengan ASI menjadi hal yang mesti dilakukan. Menyusui bukan sekedar perkara memberi makan bayi, tapi itu merupakan gaya hidup. Menyusui bayi merupakan sebuah rahasia ikatan yang paling efektif antara ibu dan anak. Ikatan yang kuat itu kelak akan berpengaruh pada rasa percaya diri anak.

Terlebih lagi banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menyusui dengan air susu ibu secara langsung. Untuk itu kami ingin berbagi 5 hal yang wajib diketahui wanita sebelum menyusui.

Menyusui adalah pilihan tepat bagi bayi
Tidak ada seorang pun yang meragukan kalau air susu ibu sebagai asupan terbaik bagi sang bayi. Kandungan air susu ibu memiliki nutrisi terbaik yang mudah dicerna oleh bayi. Banyak manfaat yang didapatkan bayi apabila mengkonsumsi ASI.

ASI yang keluar pada masa awal kelahiran bayi, memiliki kandungan antibodi yang berguna melindungi dan membantu membentuk sistem imun tubuh bayi yang baru lahir. Pergantian hari ke 3 sampai 5, warna ASI akan mulai berubah dari kuning ke putih susu.

Kamu tidak perlu cemas akan perubahan warna air susu ini, karena ASI berwarna putih ini mengandung lemak, gula, air dan protein dengan kadar tepat sesuai kebutuhan bayi untuk petumbuhan dan perkembangannya.

Manfaat ASI yang diberikan pada sang bayi tidak berhenti di situ. Ternyata apa yang dilaporkan Health Promotion Board of Singapore (HPB), ASI juga mampu menurunkan risiko SIDS, diabtets tipe 2 serta obesitas.
Mengatur pola makan
Asupan makanan adalah hal penting diperhatikan oleh ibu menyusui. Untuk ibu menyusui, makanan berat dan berlemak tinggi sebaiknya dihindarkan. Disarakan untuk mengonsumsi susu dan minuman sehat lainnya seperti jus, karena cairan itu sangan direkomendasikan. Sebaliknya, hindari konsumsi kafein. Jadi, bukan berarti kamu bebas mengonsumsi makanan apapun.

Semua wanita yang baru saja melahirkan dapat menyusui
Kamu merasa tidak bisa menyusui? Atau kamu sering mendengar kalau hanya 'wanita-wanita tertentu' saja yang bisa menyusui sang anak yang baru lahir? Percayalah, bahwa hal tersebut hanyalah mitos. Karena secara alami, semua wanita yang pernah melahirkan bisa menyusui. Bila kamu bingung terhadapat lancar atau tidaknya pengeluaran ASI, itu tergantung pada makanan yang kamu konsumsi, tingkat stres. Jadi mulai sekarang, jangan pernah tidak percaya diri jika kamu ingin menyusui.

Perhatikan posisi menyusui
Ini adalah hal yang paling penting agar ibu dan bayi agar proses menyusui berjalan dengan baik. Salah satunya kamu bisa mencoba posisi dengan menempatkan bantal dibawah tubuh sang bayi dan kemudian memangkunya. Selanjutnya, mulut bayi harus terbuka lebar dan menempelkan mulutnya dengan benar pada payudara. Setelah mulut bayi menempel dengan baik, bayi akan dapay menyusu dengan mudah dan payudara ibu juga tidak akan sakit.

Susui buah hati sampai mereka kenyang
Kebutuhan setiap bayi itu berbeda-beda, jadinya tidak ada takan yang pas untuk diberikan. Baiknya kamu harus menyusui sebanyak 8 hingga 10 kali dalam sehari dengan jeda 3-4 jam. Menurut ahli, ASI yang diproduksi di malam hari ternyata lebih sehat sebab produksi hormon akan lebih banyak.

Jadi, jika kamu tidak memiliki kendala kesehatan apapun, kenapa kamu tidak menyusui buah hati dengan air susu sendiri? Well, menyusui juga merupakan proses yang bisa mendekatkan kamu dan buah hati kamu secara fisik dan emosional.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Hal yang Wajib Diketahui Wanita Sebelum Menyusui