5 Fenomena Unik Mengenai Ka’bah Yang Belum Banyak Di Ketahui

Ka’bah (bahasa arab kakbah) merupakan tempat suci milik seluruh umat islam di dunia. Yang dijadikan patokan arah kiblat sholat dan merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi mereka yang melakukan ibadah Haji maupun Umrah.

Tapi tahukah kamu, jika ternyata tempat suci para muslim ini juga memiliki beberapa keunikan yang mungkin belum banyak orang tahu. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya fenomena unik ka'bah di bawah ini;

1. Banjir

Apakah anda tahu kalau Ka’bah pernah terkena banjir? "Fakta Ka’bah" memang pernah dan sering dilanda banjir sejak zaman kekhalifahan Umar Ibnul Khattab. Banjir ini terjadi karena Ka’bah dibangun di tempat yang paling rendah di dataran Makkah. Tidak mengherankan jika saat itu Ka’bah sering banjir, apalagi saat hujan sedang lebat-lebatnya.

Bangunan Ka’bah saat itu yang masih terbuat dari bebatuan yang hanya direkatkan menggunakan tanah maupun lumpur . Sehingga tidak heran jika mengalami sedikit kerusakan saat banjir melanda.
2. Kiswah

Tahukah anda tentang selimut Ka’bah atau disebut juga dengan Kiswah? Kiswah atau selimut ka’bah ini dibuat dari kain sutera murni, memiliki warna hitam pekat, dan dihias dengan sulaman kaligrafi berbentuk angka V (dalam bahasa arab berarti tujuh). Sulaman benangnya menggunakan benang yang dilapisi dengan perak dan emas. 

Yang lebih mengagumkan, harga kain ini mencapai 20 jt real atau jika di-kurs kan ke rupiah yakni kisaran Rp 50 M, luar biasa ! Ka’bah memiliki lima lembar Kiswah. Empat kain digunakan untuk menutupi empat sisi dari Ka’bah sedangkan satunya digunakan untuk menutupi pintu Ka’bah.

Dibalik kain hitam ini ternyata masih ada  lagi kain berwarna putih yang dinamakan Bithana Kiswah. Kain ini bermanfaat untuk menyerap uap yang keluar dari dinding Ka’bah dan menghalangi atau mencegah panas yang sudah diserap oleh Kiswah hitam. Daya serap kain ini sangat bagus. Hal ini berguna untuk melindungi dinding Ka’bah agar tidak rusak karena panas yang berlebihan di Arab.

3. Pintu Ka’bah

Pintu Ka’bah yang dibuat dari kayu ternyata dilapisi dengan emas murni sebanyak 280 kg. Selain pintunya yang sangat mewah, dekorasi dan struktur di dalam Ka’bah telah di desain dengan sangat indah. Lantainya yang dilapisi keramik berwarna, atapnya ditopang tiga pilar yang memiliki diameter 44 cm di tiap pilarnya.

Tidak hanya itu, struktur dari atap Ka’bah terbangun dari dua lapisan serta dinding-dindingnya ditutup dengan kain beludru hijau.

4. Dicuci dua kali setahun

Bangunan Ka’bah juga dicuci dua kali dalam satu tahun. Yaitu pada 15 Sya’ban dan pertengahan Muharam. Proses pencucian di awali dengan shalat sunnah dua rakaat lalu dilanjutkan dengan melakukan pengepelan pada lantai Ka’bah menggunakan kain putih yang telah dibasahi dengan air mawar, wangi-wangian khas arab, dan parfum musk.

femenoma unik kabah
Setelah itu, campuran air zamzam dan air mawar dipercikan ke lantai dari Ka’bah, kemudian dipel menggunakan tangan kosong serta daun kurma. Setelah semua selesai lantai dan dinding Ka’bah dikeringkan menggunakan kain putih dan kertas tisu sebelum pada akhirnya disiram menggunakan wangi-wangian beraroma mawar dan oud.

5. Radiasi dari Ka’bah

NASA diketahui telah melakukan penemuan yang cukup menggemparkan. Penemuan itu menyatakan bahwa Bumi dapat memancarkan radiasi. dan yang mengejutkannya lagi ternyata radiasi ini berasal dari Ka’bah. Gelombang radiasi Ka’bah ini bersifat tak berujung. Ini dapat dilihat dari gelombang yang terus terpancar saat NASA melakukan pengambilan foto planet Mars.

Entah benar atau palsunya berita itu, para peneliti muslim berpendapat bahwa sinyal yang dipancarkan itu memiliki ciri-ciri tersendiri yang dapat menghubungkan Ka’bah di bumi dengan di akhirat.
...