Perut Sering Kembung? Ini Cara Alami Mengobatinya

Perut kembung merupakan suatu permasalahan kesehatan, dimana perut terasa sangat penuh dan tidak nyaman akibat adanya penumpukan gas dalam usus kecil. 

Masalah perut kembung ini seringkali ditandai dengan beberapa gejala seperti, rasa nyeri pada punggung bawah dan perut, diare, sering bersendawa, hingga sesak nafas. Adapun permasalahan tersebut dipicu oleh beberapa faktor penyebab.

cara mengobati perut kembung

1. Terlalu cepat saat makan dan minum
2. Makan sambil berbicara
3. Merokok
4. Terlalu banyak konsumsi minuman bersoda
5. Makan permen karet
6. Makan sayuran seperti, kentang, kacang-kacangan, kembang kol, brokoli, bawang bombai, paprika hijau, gandum, dan asparagus
7. Terlalu banyak makan makanan berlemak dan mengandung minyak


1. Daun Pepaya

Daun pepaya memang memiliki rasa yang pahit, tetapi bahan alami yang satu ini terbukti berkhasiat untuk pengobatan perut kembung. Cara pengolahannya yaitu dengan merebus beberapa helai daun pepaya dalam air. Lalu, minum selagi hangat dan tambahkan madu secukupnya untuk mengurangi rasa pahit.

2. Bawang Merah

Pengobatan alami untuk perut kembung berikutnya adalah bawang merah. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang merah secukupnya. Tambahkan minyak telon atau minyak putih secukupnya dalam ramuan tersebut dan aduk hingga rata. Oleskan bahan alami dari bawang merah ini pada perut terutama di area pusar.

3. Sup Hangat

Selain minum teh manis yang hangat, pengobatan perut kembung secara alami menggunakan sup hangat juga terbukti keampuhannya. Walaupun terbilang sederhana dan sangat mudah, rupanya sup hangat terbukti menghilangkan udara berlebih yang ada dalam perut Anda.

4. Jahe Hangat

Rempah yang sudah populer di kalangan masyarakat ini memiliki kandungan berupa zat aktif, shogaols, dan gingerol yang mampu mengatasi peradangan pada usus. Selain itu, konsumsi minuman jahe hangat juga dapat mengeluarkan keringat sehingga tubuh Anda akan terasa lebih nyaman.

Pengobatan alami untuk perut kembung ini dapat dilakukan dengan merebus beberapa rimpang jahe dalam air hingga mendidih. Minum selagi hangat dan secara rutin, maka penumpukan gas pada usus kecil Anda akan segera berkurang.

5. Ubi Merah

Pengobatan alami untuk perut kembung selanjutnya yaitu menggunakan ubi merah. Siapkan ubi merah, kapulaga, jahe merah, cengkeh, kayu manis, dan gula merah. Rebus semua bahan tersebut dalam air secukupnya. Tunggu hingga mendidih dan minum selagi hangat.

6. Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya yang juga berkhasiat untuk pengobatan perut kembung yang terbukti sangat ampuh yaitu dengan ramuan jeruk nipis. Siapkan perasan dari buah tersebut dan tambahkan dengan minyak putih atau minyak telon. Gunakan ramuan tradisional tersebut dengan cara dioleskan pada bagian perut.

7. Teh Chamomile

Tanaman yang satu ini memiliki kandungan anti spasmodik dan anti inflamasi yang dapat membuat organ dalam perut menjadi lebih nyaman. Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan teh chamomile sebagai pengobatan perut kembung secara alami dengan menyeduhnya menggunakan air hangat.

perut kembung
8. Bawang Putih

Selain bawang merah, bahan dapur yang satu ini juga berkhasiat untuk mengobati perut kembung dengan cepat. Kandungan antibiotik dalam bawang putih mampu meningkatkan imunitas tubuh saat sedang mengalami masuk angin. Anda dapat memakan bawang putih secara langsung atau mencampurkannya dalam masakan.

9. Jus Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk mampu meningkatkan kekebalan dalam tubuh sekaligus mengatasi perut kembung akibat masuk angin. Anda dapat mengkonsumsi jus jeruk secara rutin sampai kondisi membaik.

Demikian artikel tentang pengobatan perut kembung secara tradisional yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi topik pembahasan yang bermanfaat.

...