Cara Tepat Mengobati Penyakit Meningitis, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Cara mengobati penyakit meningitis (radang pada membran selaput otak dan sumsum tulang belakang) saat ini menjadi solusi yang digunakan oleh banyak kalangan dengan alasan tidak memerlukan biaya yang mahal, serta minim akan  efek samping yang ditimbulkan.

Penyakit meningitis sendiri merupakan suatu infeksi pada selaput membran yang melindungi saraf tulang belakang dan otak (meninges) akibat adanya virus ataupun bakteri. Kondisi meninges yang terinfeksi akan mengalami peradangan dan pembengkakan, sehingga penanganan yang tepat harus segera diberikan.

Penyebab Penyakit Meningitis/Radang Selaput Otak

Pada sebagian besar kasus, penyebab meningitis adalah Streptococcus pneumoniae dan Neisseria meningitidis. Namun, ada juga penyakit meningitis yang disebabkan oleh parasit, jamur, virus, kanker, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Cara Mengobati Penyakit Meningitis
Penularan penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri atau virus adalah melalui batuk, sisa makanan pada gigi yang berlubang, dan lingkungan kotor.

Gejala Meningitis

1. Sakit kepala berat
2. Mual muntah
3. Leher sulit digerakkan dan terasa kaku
4. Demam
5. Nafas lebih cepat
6. Mudah tersinggung
7. Peka terhadap cahaya
8. Penurunan kesadaran
9. Bingung dan merasa waspada
Cara Mengatasi Meningitis secara Alami

1. Daun Sirsak

Pengobatan alami penyakit meningitis yang pertama adalah menggunakan daun sirsak. Sebab, tanaman tersebut mampu mengobati penyakit kanker dan mencegah meningitis berkembang semakin meluas.

2. Jahe

Jahe yang dicampurkan dalam jus buah juga berkhasiat sebagai pengobatan penyakit meningitis secara alami. Konsumsi campuran tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari dan lakukan secara rutin sampai satu bulan. Jahe merupakan salah satu tanaman untuk melawan infeksi virus berbahaya.

3. Susu Kedelai

Untuk pengobatan alami meningitis yang satu ini bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan. Campur susu kedelai sebanyak satu cangkir dengan 2 sendok teh madu. Minum secara rutin setiap pagi hari dan lakukan selama 3 bulan.

4. Air Kelapa

Sifat anti virus, anti bakteri, dan anti inflamasi dalam air kelapa dapat membantu penyembuhan meningitis. Selain itu, air kelapa juga dapat mengembalikan energi yang telah hilang serta menambah stamina tubuh. Pengobatan penyakit meningitis secara alami ini dapat dilakukan sebanyak 3 kali sehari.

5. Mandi Air Hangat

Sebelum tidur malam, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk mandi air hangat dengan sehu sekitar 35°C. Gunakan bak mandi untuk berendam dengan air panas sekitar 45 menit. Jangan lupa mengompres kepala dan dahi menggunakan waslap dingin sebelum Anda berendam.

6. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk pengobatan meningitis secara alami. Sebab, bawang putih memiliki kandungan anti virus dan anti bakteri. Cara pengobatannya yaitu dengan langsung memakan bawang putih sebanyak 3 siung sebelum sarapan pagi.

Anda juga dapat mencampurkan bawang putih dalam jus buah serta mengkonsumsinya setiap pagi hari hingga kondisi tubuh benar-benar membaik.

7. Ganggang Hijau

Chlorella atau ganggang hijau merupakan jenis tanaman yang kaya akan klorofil dan berguna untuk meningkatkan peredaran oksigen dalam darah serta membantu pembentukan eritrosit atau sel darah merah. Selain itu, chlorella juga mengandung mineral serta 20 vitamin yang sangat mudah diserap oleh tubuh.

8. Jus Buah Jeruk

Siapkan jus buah jeruk menggunakan air hangat dan konsumsi secara rutin. Pengobatan meningitis secara alami yang satu ini memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menambah energi.

9. Jus Buah Bit

Buah bit juga menjadi salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk penderita penyakit meningitis. Dengan mengkonsumsi secara teratur, penyakit meningitis yang Anda alami akan cepat membaik serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Penyakit Meningitis

Ketika terserang penyakit meningitis, sebaiknya Anda memperhatikan jenis-jenis makanan yang boleh dikonsumsi. Beberapa kelompok makanan yang dianjurkan adalah buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, dan sereal.

Demikian beberapa pengobatan penyakit meningitis dengan cara-cara alami yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

...