Thursday, August 4, 2016

Sering Mengalami Cegukan? Ini Solusi Mudah Mengatasinya

Cegukan memang bukan menjadi gangguan kesehatan yang berbahaya ataupun mematikan. Namun, masalah cegukan dapat menjadi sangat menyebalkan karena bisa mengganggu aktivitas dan kenyamanan kita. Terlebih jika cegukan tersebut berlangsung cukup lama.

"Mengatasi cegukan" memang gampang-gampang susah, ada yang cukup di kasih minum langsung sembuh, ada pula yang hingga berhari-hari tak kunjung pergi. Lantas adakah cara ampuh untuk mengobati keluhan cegukan ini? 

Apakah perlu atau memang harus kita bawa ke dokter jika keluhan tersebut berlangsung cukup lama? Nah, pembaca bisa temukan semua jawabannya di bawah ini. Karena dalam kesempatan ini kami akan berbagi info yang cukup lengkap membahas mengenai penyakit yang satu ini.

Cara Ampuh Mengobati Cegukan
Macam-macam Cegukan

Cegukan Ringan

Jenis cegukan yang satu ini biasanya berlangsung dalam waktu yang singkat dan disebabkan oleh :

Aktivitas makan yang terburu-buru
Peregangan pada lambung
Konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas maupun dingin
Perubahan cuaca secara mendadak
Stress

Cegukan Berkelanjutan

Cegukan tipe ini berlangsung dengan waktu yang lama dan tidak sembuh dalam durasi satu hari. Cegukan berkelanjutan harus Anda waspadai karena dapat merujuk pada gangguan kesehatan lainnya, seperti :

Infeksi saraf otak
Tumor otak
Herpes pada dada
Pengaruh obat-obatan
Diabetes
Kelainan pada ginjal
Kekurangan kalium
Penyakit jantung
Stroke


Es Batu

Cara pengobatan cegukan secara alami dengan es batu sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengusapkannya pada area dagu dan minum tetesan-tetesan air yang dihasilkan. Hindari menelan es batu secara langsung karena dapat mengganggu sirkulasi pernafasan.

Menelan Gula

Menelan gula merupakan cara pengobatan cegukan secara alami yang juga terbukti khasiatnya. Ambil gula sebanyak satu sendok makan dan masukkan dalam mulut. Cairkan gula terlebih dahulu di lidah sebelum Anda menelannya. Kemudian, dalam hitungan menit cegukan yang Anda alami akan segera menghilang.

Selai Kacang

Cara pengobatan cegukan secara alami dengan selai kacang bermanfaat untuk merangsang saraf vagus serta menghentikan cegukan dengan cepat. Selain tekstur selai kacang cenderung lengket di dalam mulut, jenis makanan tersebut juga merangsang irama pernafasan menjadi lebih teratur.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati cegukan secara alami. Adapun penyajiannya yaitu dengan mengiris jeruk nipis lalu mengunyahnya. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis mamu menghilangkan ganggulan impuls pada saraf vagus sehingga cegukan dapat segera menghilang.

Berbaring dan Meninggikan Posisi Kaki

Cara pengobatan alami untuk cegukan berikutnya yaitu dengan posisi tidur yang terbalik. Naikkan kaki ke atas dan posisi kepala lebih rendah. Dengan cara tersebut, maka cegukan dapat segera berhenti. Sebab, peredaran darah yang lancar juga dapat meningkatkan sirkulasi oksigen menuju diafragma.

Berenang

Aktivitas selanjutnya yang juga berguna sebagai cara pengobatan cegukan secara alami dan ampuh adalah berenang. Gunakan air dengan suhu sekitar 20-30 derajat Celsius. Irama pernafasan yang teratur saat berenang akan menghilangkan cegukan dengan cepat.

menyembuhkan cegukan
Menahan Nafas

Setelah menarik nafas dalam, silahkan tahan selama mungkin. Cara pengobatan cegukan yang ampuh kali ini berguna untuk meregangkan otot pada diafragma dan mencegah terjadinya kontraksi. Adanya kontraksi pada diafragma itulah yang menyebabkan cegukan. Ulangi cara tersebut sebanyak satu kali.

Memijat Langit-langit Mulut

Lakukan pengobatan cegukan secara alami ini dengan ekstra hati-hati menggunakan bola kapas. Pijat pada bagian rahang atas sampai sisi belakang tenggorokan. Cara tersebut sangat membantu Anda untuk menghilangkan cegukan.

Demikian beberapa cara pengobatan cegukan secara alami dan terbukti sangat ampuh yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi sumber informasi yang bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sering Mengalami Cegukan? Ini Solusi Mudah Mengatasinya