Bukti Kebenaran Al-Quran Tentang Semut Yang Dapat Berbicara

Dalam suatu kisah yang tertulis dalam kitab suci umat Islam yakni Al-Qur’an, disebutkan kisah tentang pasukan Nabi Sulaiman dan para semut. Di dalam Al-Qur’an dinyatakan bahwa semut bisa bicara. Kisah ini tertuang pada surat An-Naml ayat ke 18. Dalam ayat tersebut, Allah memerintahkan para semut untuk masuk ke dalam lubang mereka agar tidak terinjak oleh para pasukan Nabi Sulaiman AS. Para semut pun menuruti perintah tersebut.

Walaupun fakta semut dapat berbicara ini sudah disebutkan dalam Al-Qur’an 1400 tahun yang lalu, secara mengagumkan para ilmuan berhasil membuktikan hal ini dan sesuai dengan apa yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an. Terbitan Science Magazine menuliskan laporan tentang bukti ilmiah bahwa semut bisa mengeluarkan suara.

Kemajuan teknologi dalam bidang audio sangat membantu para ilmuan untuk meneliti perihal semut, dan mereka dapat menemukan bahwa semut secara rutin berbicara dan berkomunikasi antar sesamanya di dalam sarang mereka. 

Menggunakan semacam mikrofon berukuran sangat mini yang bisa dimasukkan ke dalam sarang semut, para ilmuan mendapati bahwa ratu semut biasa memberikan instruksi kepada para semut pekerja.

Para peneliti pun heran, mereka berhasil membuat rekaman pertama kali bahwa ratu semut bisa “berbicara”, yang membuat mereka lebih heran ialah ada serangga lain yang bisa meniru hal yang sama dengan apa yang dilakukan sekelompok semut.

fakta semut dapat berbicara
Salah satunya adalah kupu-kupu Rebel, serangga yang mempunyai hubungan parasit dengan semut ini mencoba meniru suara semut menggunakan sinyal kimia.

Larva kupu-kupu akan dibawa oleh semut ke dalam sarang mereka dimana mereka akan diberi makan oleh para semut pekerja. Jika koloni mereka merasa terganggu, maka semut akan menyelamatkan larva.

Bahkan saat mereka kekurangan makanan pun, semut akan mengorbankan dirinya sebagai makanan pengganti. Penelitian beberapa puluh tahun lalu menunjukkan bahwa semut dapat melakukan panggilan dengan menggunakan semacam alarm pemanggil.

Namun,  baru-baru ini hasil penelitian menunjukkan bahwa para semut memiliki kosa kata sangat luas dan mereka terbiasa berkomunikasi sesama mereka. Seorang Profesor dari Oxford University bernama Jeremy Thomas mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi telah membantu para peneliti dalam melakukan riset di bidang sains, salah satunya adalah merekam komunikasi semut menggunakan mikrofon mini secara subjektif.

Bermula dari para peneliti melakukan penelitian ini dengan cara menempatkan mikrofon di dalam sarang semut untuk merekam suara sang ratu, setelah itu suara tersebut akan diputar kembali. Hasilnya cukup mengejutkan, pasalnya para semut bertingkah laku layaknya mendapat instruksi dari sang ratu. Mereka berdiri sambil menjulurkan antena mereka ke depan, lalu membuka capit mereka.

Ilmuan menggambarkan bahwa semut akan mengarahkan antena ke arah mikrofon seakan mereka sedang menyambut kedatangan sesuatu. Profesor Jeremy tidak bisa memastikan berapa banyak spesies semut yang menggunakan bahasa sebagai alat komunikasinya tapi dia yakin penelitian lebih lanjut akan mengungkap kosa kata kaya yang dimiliki semut.

Bukti Kebenaran Al-Quran Tentang Semut
Menurutnya penemuan terpenting dari penelitian ini adalah setiap koloni memiliki suara berbeda dan juga reaksi yang berbuda juga dalam menanggapinya. Namun menurut Profesor dia akan lebih terkejut jika dia mendapati suara yang sama pada semua koloni.

Di sini jelas membuktikan bahwa Al-Qur’an memang terbukti kebenarannya, yang mana 1400 tahun lalu dimana saat itu tidak ada teknologi semaju sekarang, sudah di sebutkan akan kejadian ini. Tidakkah hal ini merupakan salah satu bukti dari banyak bukti lainnya mengenai kebesaran Allah SWT? Masya Allah.

...