Video Bom Bunuh Diri di Madinah, Jeddah dan Masjid Qatif

Dalam satu hari yang sama, ledakan bom bunuh diri terjadi di tiga tempat Arab Saudi. Ledakan pertama berada di dekat halaman Masjib Nabawi Madinah yang berseberangan dengan Masjid Qatif. 

Dan sebelum insiden ledakan tersebut terjadi, di Kota Jeddah tepatnya di sebuah masjid yang bersebelahan dengan Kantor Konsulat milik Amerika Serikat, para teroris juga melakukan aksi peledakan bom bunuh diri. 

Rekaman video bom bunuh diri di Madinah serta Jeddah tak hanya menodai kesucian hari raya Idul Fitri umat Islam saja. Hanya berselang beberapa jam tepatnya menjelang waktu Maghrib, bom bunuh diri juga terjadi lagi Masjid Jami Qatif yang biasa dipakai beribadah oleh umat muslim minoritas Syiah Arab Saudi. 

Sejauh ini jumlah korban tewas dalam insiden bom arab saudi tersebut sudah diketahui ada empat orang pengawal meninggal dunia di Masjid Nabawi, Madinah sedangkan di Qatif dan Jeddah hanya para pelaku teroris saja yang tewas, sedangkan para petugas keamanan konsulat hanya mengalami luka-luka berat.

Berikut rincian aksi peledakan bom bunuh diri oleh teroris yang terjadi di tiga tempat Arab saudi 

1. Ledakan Bom Madinah di Masjid Nabawi.

Dilaporkan pelaku dalam peristiwa bom madinah hanya berjalan kaki dengan memakai sabuk detonator yang terlilit sejumlah bom di tubuhnya. Menurut kesaksian para pengawal, pertama kali ia terlihat berada di kawasan lahan parkir. 

bom bunuh diri madinah

Tempat tersebut memang sebagai penghubung jalan ke Masjid Nabawi yang sebelumnya tak jauh dari keberadaan Kantor Pengadilan Tinggi. 

Selang waktu beberapa menit, bom yang dibawa oleh pelaku meledak tepat saat jamaah hendak melangsungkan waktu shalat maghrib. Untungnya dalam momen buka puasa itu, tidak ada warga satupun yang ikut menjadi korban. 

2. Ledakan Bom Bunuh diri di Jeddah

Sedangkan menurut saksi mata, ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Jeddah. Sang pelaku mengendarai sebuah mobil tua dan dalam kecepatan pelan sebelum akhirnya ia meledakkan diri. 

Akibatnya, para petugas konsulat AS segera mendapatkan pengamanan ke gedung bangunan lain untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Detik-detik Ledakan Bom Bunuh diri di Masjid Nabawi Madinah 


3. Masjid Jami Qatif

Selang waktu menjelang Maghrib, ledakan bom bunuh diri selanjutnya terjadi di depan Masjid Qatif, tempat ibadah yang biasa dipakai Umat Syiah Muslim Arab Saudi. 

Pelaku Teroris melakukan peledakan tersebut tepat di depan jalan setapak Masjid Jami Qatif. Untungnya tidak ada satupun masyarakat yang menjadi korban. 

Atas insiden pem boman yang melanda ketiga tempat tersebut. Pemerintah Arab Saudi belum bisa memastikan unsur apa yang melatar belakangi aksi bom bunuh diri tersebut. Dan sampai kini belum ada pihak teroris yang mengklaim dan bertanggung jawab atas serangan tersebut. 

Namun, kuat dugaan aksi pemboman ini dilakukan oleh para kelompok yang mengagungkan dirinya sebagai Negara Islam Irak dan Syam atau ISIS. Alibi ini dibenarkan oleh pemerhati Jihadis Arab saudi, sebab kelompok ekstrimis Islam tersebut memang berniat untuk menjatuhkan kekuasaan Kerajaan Monarki Arab Saudi.

...