Gila! Rumah Boneka Ini Lebih Mahal Dari Rumah Sungguhan

Pada umumnya rumah boneka yang dipakai untuk anak-anak bermain memiliki harga sekitar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, namun harga itu tidak bermutu untuk rumah boneka yang satu ini. Sebab untuk rumah boneka ini memiliki harga sangat mencengankan, yang bahkan memiliki harga lebih mahal dari rumah asli yaitu sekitar Rp 118 miliar.

Rumah boneka ini bernama Astolat Dollhouse Castle, dengan desain seperti istana serta kualitasnya sebanding dengan museum ini dinobatkan sebagai rumah boneka termahal yang ada di dunia. Desainnya yang super keren ini terinspiransi dari istana fantasi 'Astolat' yang terdapat dalam puisi 'Lady of the Shalott' dari Alfred Tennyson.

Rumah boneka ini memiliki berat 363 kilogram dengan tinggi 2,7 meter dan berisi 29 ruangan, serta terdapat sebuah menara penyihir. Ternyata dibutuhkan waktu 13 tahun, antara tahun 1974 sampai 1987 untuk menyelesaikan rumah boneka dengan detail yang kompleks ini.


Elaine Diehl adalah adalah artis yang mempunyai spesialis bagunan miniatur. Elaine juga yang bertanggung jawab atas proyek pembangunan rumah boneka Astolat Dollhouse sebagai pimpinan yang dibantu oleh beberapa seniman dari seluruh dunia untuk menyelesaikan rumah boneka ini.

Jangan aneh jika kamu mendengar rumah boneka ini lebih mahal dari rumah sungguhan. Karena harga ini adalah kenyataan. Salah satu penyebabnya adalah bentuk dari struktur sendiri. Karena interior dan area sambungannya dikonsturksi dengan standar tertinggi masanya. Bahkan bagian luarnya pun memerlukan waktu satu tahun untuk menyelesaikannya.
Faktor lainnya karena perlengkapan bangunan itu sendiri, seperti atap terbuat daru perunggu, dinding dilapisi kertas bekas dan diukir hingga menyerupai tekstur batu kasar. Sebagian panel dinding ternyata memiliki efek 3D ketika dilihat. Selain itu terdapat 30.000 miniatur melengkapi isi rumah boneka ini, dengan kualitas yang sangat tinggi, bahkan sebagian benda miniatur tersebut terbuat dari emas asli, perak, dan berbagai material berkualitas super.

Seluruh ruangan yang terdapat di rumah boneka Astolat Dollhouse ini didekorasi dengan 10.000 pernak-pernik atau perabot mini seperti meja, kursi, lemari, dan dipan kuno. Jika kita lihat dengan kilas mata, perabot-perabot ini tampak asli dengan model berkualitas tinggi. Semua karya ini dibuat oleh beberapa seniman terkenal di dunia.

Rumah boneka ini memiliki gaya yang berbeda-beda dalam segi bangunan, pernak-pernik, hiasan ruangan, dan perabotan mini. Gaya bangunan ini serta isinya mewakili gaya Oriental, Tudor, Spanyol, Inggris Abad ke-18, dan Victorian.


Dikabarkan, rumah boneka ini terpajang di toko dan museum dari Elaine Diehl di Arizona, AS hingga ia pensiun tahun 1966 silam. "Bangunan miniatur terindah di dunia, memperlihat kombinasi langka dari seni patung, seni lukis, teknik bangunan, dan sangat detail, yang membedakan dari apapun di dunia hingga kini." Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang ternama, kurator museum Paula Gilhooley.

Pada tanggal 12 November hingga 8 Desember, rumah boneka termahal didunia ini dipamerkan di sebuah mal yang berada di Manhattan Time-Warner Center, New York, Amerika Serikat. Sehingga banyak netizen barat tertarik untuk melihat. Biaya dari pameran tersebut didonasikan ke berbagai yayasan anak-anak.
...