Beragam Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah tropis yang sangat mudah dijumpai di Indonesia, bahkan banyak sekali yang memiliki pohon pepaya di pekarangan rumahnya. Buah ini seringkali dikatakan sebagai buah makanan rakyat. Hal ini mungkin terjadi karena buah pepaya harganya murah, namun memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan lengkap. Maka tak heran jika hampir semua orang Indonesia pernah menikmati kesegaran buah yang satu ini.

Pepaya adalah buah yang besar, tinggi pohonnya dapat mencapai 5 hingga 7 meter. Hal uniknya adalah daunnya, tersusun secara spiral di bagian atas pohon dan di India dipercaya sebagai bagian dari pengobatan herbal. Bahkan ahli gizi yang berpendapat bahwa buah pepaya adalah makanan terbaik yang dapat membantu detoksifikasi tubuh.

Sebagian orang hanya mengetahui dan memahami manfaat buah pepaya ini hanya sebatas buah dengan Vitamin A yang sangat tinggi. Peryataan itu sesungguhnya tidak sepenuhnya salah, karena buah satu ini banyak sekali kandungan-kandungan senyawa lainnya yang bisa dijadikan manfaat bagi kesehatan maupun obat. Nah, apalagi alasan yang membuat kita enggan untuk mengonsumsi pepaya yang manis dan lezat ini?


Nutrisi buah pepaya

Pepaya mengandung berbagai vitamin, karbohidrat, asam amino, kalium, zat besi, kalsium, mineral, protein, kalori, vitamin A, vitamin B  dan juga C. vitamin B mempunyai kandungan yang kompleks dan jumlah baik, seperti Folat, Riboflavin, Thiamin, Pyridoxine, Niacin, serta Pantothenic acid. Walaupun kaya nutrisi, pepaya rendah mengandung lemak dan nol kolesterol, namun kaya dengan beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Manfaat buah pepaya

1. Membantu pencernaan

Kandungan di dalam buah pepaya ini memiliki senyawa kimia yang bernama papain. Senyawa kimia ini bertujuan untuk membantu pencernaan di dalam tubuh dan membunuh bakteri, tepatnya meningkatkan tingkat pH. menyeimbangkan tingkat keasaman tertentu dan menghancurkan penyebab sembelit. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur akan menghindarkan kamu dari hal tersebut dan mempelancar BAB.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk mengontrol natrium, memiliki salah satu manfaat bagi kesehatan tubuh untuk membantu mengontrol dan mencegah tekanan darah tinggi serta meningkatkan kewaspadaan mental kamu.

3. Menjaga kesehatan mata

Sudah jelas bahwa kandungan vitamin A buah pepaya juga akan zat antioksidan yang tentu sangat bermanfaat menjaga dan meningkatkan penglihatan. Untuk lebih baiknya, kamu mengonsumsi buah pepaya dalam 3 atau lebih persi perhari, guna menjaga penglihatan tetap normal.

Image by myhealthtips.com

4. Mencegah stroke dan serangan jantung

Hal ini karena pepaya memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang diperuntukan mencegah oksidasi kolesterol, yang membantu untuk mencegah terjadinya serangan stroke maupun jantung.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (Imunitas)

Selain kaya akan zat antioksidan, buah pepaya ini juga memiliki kandungan Provitamin A dan vitamin C. Dua keluarga vitamin ini sangat dibutuhkan agar tubuh berfungsi dengan baik dan sangat mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu.

6. Mencegah infeksi

Hal ini karena pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bertujuan untuk mencegah tubuh dari infeksi, pilek, maupun flu.


7. Membantu menyembukan luka pada kulit

Jika kamu menderita luka iritasi maupun gores pada kulit, kamu bisa mencoba memanfaatkan kulit buah pepaya ini untuk mengobati luka. Dengan melakukan pengobatan alami ini, diyakini luka luar yang kamu derita ini akan cepat sembuh dan kering.

8. Diabetes

Tidak perlu khawatir untuk penderita penyakit satu ini. Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis, namun pepaya termasuk buah-buahan yang baik dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

9. Membersihkan racun dari tubuh

Tidak disangka buah yang dijual dengan harga murah meriah ini, ternyata juga bisa mengusir zat-zat berbahaya bagi tubuh, termasuk racun. Apalagi kamu yang memiliki hobi mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan yang terdapat zat berbahaya untuk tubuh, salah satu solusinya adalah mengonsumsi buah pepaya secara rutin akan membuat antioksidan yang dikandungan menetralkan racun-racun tersebut.

10. Kesehatan rambut

Berbagai macam produk perawatan rambut sudah banyak menggunakan kandungan pepaya sebagai bahan utamanya. Para ahli perawatan rambut juga percaya dan yakin untuk memperoleh manfaat pepaya bagi kesehatan rambut dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi buah pepaya secara teratur. Manfaatnya antara lain:
  • Nutrisi, berfungsi membantu pencegahan kerontokan, kebotakan, dan meningkatkan pertumbuhan serta kekuatan rambut.
  • Pepaya juga baik untuk mengontrol ketombe
  • Memiliki kandunga mineral, vitamin dan enzim yang diperuntukan untuk menghilangkan kotoran yang berupa minyak dan kimia rambut dengan aman.
  • Ekstak daun pepaya digunaka sebagai kondisioner, bertujuan membuat kilau rambut dan supaya rambut mudah diatur
  • Menjaga kesehatan rambut dan membuat rambut wangi
...