Pasangan Lakukan Kekerasan? Ini Tindakan yang Harus Kamu Lakukan!

Pasangan suka memukul kamu? atau, ia suka mengatai-ngatai kamu dengan kata-kata yang tidak sewajarnya? Bila ya, maka kamu telah mengalami kekerasan psikis dan fisik yang dilakukan oleh pasangan kamu. Ini artinya, pasanganmu yang merupakan orang terdekat kamu pun bisa melakukan hal yang tidak diduga oleh kamu.

Kekerasan dalam pacaran atau KDP itu ada dan banyak yang mengalaminya, namun sebagian besar dari mereka tidak sadar kalau sedang mengalami kekerasan. Disatu sisi, mereka mencintainya. Tapi, di sisi lain mereka merasa tersakiti dan tersiksa.

Bila kekerasan itu bener-bener terjadi di dalam hubungan kamu, apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu akan diam saja dan bertahan, atau kamu akan melawan? Ada banyak yang tidak melapor, dengan alasan karena takut dan cintanya yang begitu dalam. Rasa cinta yang terlalu besar bisa menutup mata seseorang dari segala hal.

Hal penting yang mesti kamu ketahui adalah kekerasan yang terjadi di dalam suatu hubungan, dalam bentuk fisik ataupun psikis, dapat membuat orang yang mengalami terganggu secara mental. Orang tersebut akan merasa harga dirinya direndahkan, akhirnya menjauhkan diri dari pergaulan dan jadi suka berprasangka buruk terhadap orang lain.


1. Beritahu keluarga atau sahabat

Tidak perlu ragu untuk berkonsultasi atau bercerita pada keluarga dan sahabat. Karena dalam kondisi apapun yang kamu alami, masih ada mereka yang mau menerima kamu apa adanya. Untuk itu ceritakan permasalahan yang kamu alami kepada mereka, pasti ada solusinya.

2. Cari kesibukan

Dengan melakukan berbagai aktivitas dan menyibukan diri, otomatis diri kamu akan terfokus pada kegiatan yang kamu jalani. Ini bisa membantu kamu melupakan pasangan, walau sementara. Namun juga, dengan memiliki kegiatan, kamu bisa menjadi percaya diri dan mandiri.

3. Pergi bersama sahabat

Daripada memikirkan masalah pasangan kamu yang hobby dalam hal menyakiti, ada bagusnya kamu hubungi sahabat-sahabat kamu dan pergi bersama mereka. Dijamin, berkumpul bersama teman bisa menghibur kamu sehingga lama-kelamaan akan lupa akan masalah yang sedang kamu alami. Siapa tahu bila mereka bisa membantu kamu menghadapi permasalahan itu.

4. Ikut sesi konseling

Bila kamu tidak mau bercerita kepada keluarga atau sahabat-sahabat tentang kekerasan yang sedang kamu alami, kamu bisa ikut sesi konseling untuk mencari solusinya. Karena dalam sesi tersebut, disana kamu bisa berbagai pengalaman kepada orang lain yang juga mengalam hal serupa dengan kamu. Kamu bisa mendapat pembelajaran dan masukan dari pengalaman orang lain.
5. Bermain dengan hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan sangat bangun untuk mengatasi hal ini. Kenapa? Karena bermain dengan hewan peliharaan dan melihat tingkah laku yang lucu bisa menghibur kamu sehingga membuat perasaan kamu menjadi lebih baik. Selain itu, keberadaan mereka juga bisa menyibukkan diri kamu karena pastinya mereka harus diurus.

6. Pergi berlibur

Tidak perlu ajak orang lain, cukup pergi seorang diri  ke tempat-tempat yang belum perna kamu kunjungi untuk berlibur. Terkadang berpergian seorang diri itu penting untuk menenangkan hati dan jiwa yang bisa melepaskan segala beban.

7. Berani katakan 'tidak' dan 'berhenti sakiti aku'

Walaupun dia adalah kekasih kamu, tetapi jiwa raga adalah milikmu. Kamulah yang memiliki hak atas tubuh dan jiwamu sendiri bukan dia yang sering memukul dan menghina kamu dengan kata yang tidak pantas. Jika pasangan kamu melakukan tindakan tersebut, kamu tidak perlu takut padanya apalagi takut kehilangan dia. Di dunia ini masih ada banyak lelaki yang lebih baik untuk kamu, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk kehilangan satu orang saja!

8.  Laporkan dan tinggalkan

Apabila pasangan kamu tidak mau berubah sikap dan kamu juga tidak dapat mencari jalan solusi yang lebih baik. Kamu bisa berlindung di bawah pasal 351 KUHP yang mengatur tentang dasar peganiayaan. Jadi jangan takut untuk melaporkan!
...