5 Komunitas Hacker Terbaik Dunia

Berbicara soal dunia maya, pasti tidak lepas dari namanya hacker atau peretas. Mungkin yang terlintas dibenak kita adalah 'Anonymous'. Nah, sama seperti perkerjaan lain, hacker juga mempunyai grup yang menaungi mereka, termasuk Anonymous selaku grup hacker terbesar didunia.

Akan tetapi, jumlah anggota ternyata tidak mempengaruhi pada semarak si grup. Mayoritas grup-grup hacker bisa terkenal akibat aksi-aksi ilegal mereka atau kejahatan level tinggi, seperti meretas koneksi internet, penyadapan, pencurian data penting ataupun rahasia sebuah dominan.

Namun, tidak semua grup hacker melakukan aksi kejahatan. Banyak komunitas hacker yang menjalankan aksinya demi keseimbangan dunia dan kebenaran. Salah satunya adalah meretas beberapa situs militan ISIS dan menunjukan pada dunia mengenai keburukan dari perusahan-perusahaan game dunia. Akibatnya, serangan itu tersebut tengah naik daun belakangan ini.

Oleh karena itu, sebagian orang menyebut hacker sebagai 'Tuhan internet'. Disebabkan hacker merupakan orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, serta menerobos masuk ke dalam komputer atau jaringan komputer, baik untuk keutungan, mencari tantangan atau menunjukan kehebatan.

Tidak ada sistem yang aman. @alphacoders


5. LulzSec

Berdiri pada tahun 2011 lalu, dengan beranggotakan 6 orang pada awalnya. Komunitas ini sudah berhasil meretas Fox.com, Sony Pictures, Nintendo, CIA, FBI di tahun mereka lahir. Bisa dibilang komitas hacker ini sangat suka memperlihatkan kelalaian keamanan dan target-target agar kewalahan dibuatnya.

Akibat penyerangan tersebut dilancarkan, mereka telah menyebabkan kerugian miliaran dollar US. Memiliki kerberhasilan dalam serangannya itu, akhirnya komunitas hacker ini beraksi kembali dengan tingkah yang suka mengolok-ngolok korban. Antara lain, Bethesda Game Studios, League of Legend, majalah online The Escapist dan Minecraft.

Namun, grup ini berhenti setelah di tahun 2012, diakibatkan FBI berhasil meringkus seluruh anggota LulzSec. Semua berawal dari penangkapan ketua LulzSec bernama Sabu, yang kemudian mengungkap tempat persembunyian rekan-rekannya.

4. Network Crack Program Hacker (NCPH)

NCPH dibentuk pada tahun 1994 di Zigong, China, dengan beranggotakan 10 orang dan 4 orang menjadi bintang utama dari grup ini dan pemimpinnya adalah hacker yang memiliki user Wicked Rose (nama aslinya Tan Dailin). Grup ini mulai dikenal publik setelah berhasil meretas 40 persen grup hacker lain (kanibal) di China dari tahun 2006-2007.

NCPH juga terkenal karena malware buatannya, GinWui Rootkit, yang digunakan untuk menyerang Dapertemen Ketahanan Amerika di tahun 2006. Pada akhir tahun itu, Internet Defense mengatakan grup ini telah melakukan penyerangan online yang dapat dikatakan berdampak skala yang besar.

3. Master of Deception

Komunitas hacker yang berapa di New York sebagai bentuk persaingan terhadap grup hacker lainnya di Texas. Mereka melakukan aksi besar-besar, yaitu melakukan pencurian informasi rahasia komputer terbesar. Akibat tindakannya itu, mereka mencolok di publik dan dijadikan sebagai hacker tua berbahaya di dunia.

Bukan hanya itu saja, mereka juga telah membobol server, meretas daftar transaksi kartu kredit milik Julia Roberts dan membobol sistem komputer AT&T. Jika semua informasi sudah didapatkan, mereka lalu menjualnya.

Namun, kejayaan Master of Deception akhirnya 'mati' yang berakhir saat FBI dan Secret Service melakukan penyergapan dan akhirnya ketua dan anggotanya itu berhasil ditangkap. Penangkapan ini berakhir dengan 5 tuntunan kejahatan digital yang semua buktinya bersalah.

2. globalHell

Komunitas hacker ini dibuat oleh Patrick Gregory, seorang anggota geng jalanan. Namun uniknya, Patrick pindah profesi ke dunia maya untuk lepas dari geng itu sendiri. Akan tetapi, dia dan rekan-rekan hackernya tetap melakukan tindakan kejahatan di balik layar (internet).

globalHell memiliki catatan kejahatan yang besar dan sudah ditunding bertangung jawab atas tindakan 115 situs yang mereka rusak sampai kerugian jutaan dolar Amerika. Salah satu korban situ yang mereka retas adalah milik Angkatan Darat Amerika, tujuannya hanya menulis kalimat 'global hell will not die'.

Akibatnya serangannya tersebut, membuat beberapa pihak berwajib geram dengannya. Akhirnya, Ketua atau pembuat komintas hacker ini pun dibekukan polisi. Dibekukan Gregory, membuat komintas ini dibubarkan.

1. Anonymous

Siapa yang tidak kenal Anonymous? Grup hacker ini adalah grup hacker terbesar di dunia. Grup tersebut memiliki anggota lebih dari 5.500 orang. Kenapa grup ini memiliki anggota yang sangat banyak dibandingkan grup hacker lainnnya? apakah karena terkenal dan keahliannya?

Penyataan itu sepenuhnya tidak salah. Tetapi pengaruhnya jumlah anggotanya itu diakibatkan grup hacker ini sifatnya terbuka dan menjalankan sistem perekrutan secara online. Siapa saja boleh masuk, kecuali untuk orang tanpa kemampuan dunia digital. Anonymous merupakan tempat berkumpulnya semua jenis hacker, mulai dari aksi yang jahil sampai yang baik hati seperti Robinhood.

Tujuan dibuat Anonymous adalah melawan aksi sensor internet sampai menjalankan protes terhadap hal-hal yang mereka anggap korup, tidak memiliki kebenaran, dan penuh dengan unsur penindasan. Selain itu, mereka juga dikenal oleh netizen dengan mengenakan atribut topeng Guy Fawkes, yakni topeng seperti pada film  V for Vandetta.

Beberapa aksi yang mereka lancarkan dan mengguncang dunia digital atau dunia maya, seperti meretas situs agama, swasta, pemerintah, maupun meretas Pentagon, MasterCard, Visa, sampai PayPal. Dan  salah satu aksi mereka yang terkenal adalah saat mereka melakukan hacking ke jaringan Sony PlayStation.

Motto komunitas Anonymous ini adalah "Kami adalah Anonymous. Kami adalah pasukan. Kami tidak memaafkan. Kami tidak melupakan. Tunggu kami." Majalah Time bahkan mengakui grup ini sebagai salah satu grup daftar "100 orang paling berpengaruh di dunia"
...