Khasiat Buah dan Sayuran Berwarna Ungu

8 buah dan sayuran berwarna ungu ini mempunyai khasiat ajaib yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Warna ungu yang terdapat pada buah dan sayur-sayuran bermula dari fitokimia yang mempunyai khasiat menjaga tubuh manusia dari berbagai penyakit yang menyerang, dimulai dari infeksi kecil hingga kanker.

Warna ungu pada buah-buahan dan sayuran itu diperoleh dari pigmen antosianin yang mempunyai banyak zat yang terkandung seperti:

• Antosianin

Merupakan senyawa flavanoid yang menjaga sel dari bahaya sinar ultraviolet. Pigmen ini dipercaya dapat meningkatkan penglihatan saat malam hari. Ternyata antosianin juga dapat mengobati berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes melitus, kanker, dan serangan jantung.

• Vitamin

Vitamin yang terdapat pada buah dan sayuran dengan warna ungu diantaranya vitamin B kompleks yang tinggi, serta vitamin A, C, E, K, dan D yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang.


• Riboflavin

Sel darah merah, sumsum tulang dan sistem saraf dapat dibentuk oleh riboflavin sehingga sangat berkhasiat untuk mencegah kekurangan darah atau anemia.

• Zat besi

Sangat bermanfaat untuk pencegahan anemia yang sering diderita ibu hamil dan anak-anak.

• Selenium

Salah satu mineral penting yang tak dapat diproduksi oleh tubuh. Sangat penting pada aktivasi enzim antioksidan, sistem kekebalan tubuh dan mengatur kelenjar tiroid sehingga bebas dari penyakit gondok.

• Ellagic Acid

Merupakan zat yang baik bagi kesehatan wanita, secara khusus mencegah kanker payudara.

• Salicylates

Merupakan komponen alami dalam buah dan sayuran yang memiliki warna ungu yang mampu memperkecil resiko terserang penyakit jantung.

• Resveratrol

Terbukti dapat menghambat endothelin-1 yang menjadi salah satu pemicu penyakit jantung, berkhasiat bagi sistem kardiovaskular dan bisa menyehatkan jantung.

Dari kandungan zat-zat itu, buah dan sayuran warna ungukaya akan kandungan yang menyehatkan tubuh manusia. Berikut khasiat buah dan sayuran berwarna ungu

1. Mangga Irwin

Mangga irwin termasuk jenis mangga yang diperkenalkan di Australia. Jenis mangga ini menyajikan sensasi rasa yang agak berbeda dibanding dengan mangga lokal asal Indonesia.

Tekstur daging buahnya agak berair, padat, berserat halus, dan memiliki sedikit kandungan tepung. Rasanya manis agak asam dengan aroma buah khas seperti kweni.

Mangga ini mempunyai bentuk dan penampilan menarik, terutama pada buahnya. Buah yang masih muda memiliki warna ungu di pangkalnya dan hijau di ujungnya.

Sementara buah yang sudah matang atau tua berwarna merah di pangkal buahnya dan kuning di ujung buahnya. Buahnya memiliki bentuk bulat lonjong dan memiliki berat 200-500 gram/buah.

Warna merah yang ada pada buah mangga ini muncul dikarenakan terdapat hormon antosianin. Mengonsumsi satu mangga ukuran sedang, sudah memenuhi dua kali kebutuhan vitamin C per hari, dua pertiga vitamin A, setengah vitamin E, dan seperempat serat.

Buah ini juga mempunyai kadar potasium, besi, dan asam nikotinik, yang secara menyeluruh merupakan antioksidan yang mudah dicerna.

Mangga irwin memiliki kecenderungan membutuhkan sinar matahari penuh. Jika tidak memperoleh sinar matahari yang cukup, warna ungu pada pangkal buah saat masih muda dan warna merah pada pangkal buah saat matang tidak akan terlihat.

Jadi penampilan buah menjadi tak menarik. Untuk itu, perlu diterapkan pengurangan cabang-cabang supaya sinar matahari dapat masuk ke dalam tajuk tanaman.
Khasiat Buah dan Sayuran Berwarna Ungu
Mangga Irwin dan Kentang Ungu
2. Kentang Ungu

Buah dan sayuran berwarna ungu berikutnya adalah kentang ungu yang lebih menyehatkan daripada kentang pada umumnya sebab memiliki kandungan antioksidan 10 kali lebih banyak.

Kentang yang mendapat sebutan Purple Majesty ini mempunyai warna ungu gelap dan mempunyai kandungan antosianin, jenis antioksidan yang lebih kaya. Kentang ini dikembangkan dari kentang biasa yang dibuat oleh ilmuwan dari Univesitas Colorado State, Amerika Serikat.

Kentang ungu memiliki kandungan pigmen alami antosianin. Pigmen ini memberi warna ungu pada kentang yang takkan berubah walau telah dimasak.

Gagasan kentang ungu ini diperoleh dari manfaat anggur merah terhadap kesehatan sebab tingginya kandungan antioksidan. Hal yang sama terdapat pula pada kentang ungu ini. Penelitian membuktikan efek positif bagi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Tomat Ungu

Tomat ungu merupakan hasil percobaan genetika yang mengandung vitamin dan manfaat mirip dengan buah blueberry.

Pigmen ungu antosianin dalam tomat ungu yang unik ini diyakini merupakan semacam antioksidan yang dapat melawan sel kanker pada tubuh. Hal ini telah dibuktikan setelah dilaksanakan pengujian pada hewan.
Tomat Ungu dan Jagung Ungu
4. Jagung Ungu

Jagung yang ini berwarna ungu gelap kehitaman. Konon rasanya tak berbeda dari jagung pada umumnya, hanya warnanya saja memang beda.

Jagung ini, seperti dikabarkan oleh India Times ialah produk pengembangan makanan untuk masa depan, yang berkhasiat besar bagi kesehatan. Jagung ini dapat mengobati penyakit diabetes tipe 2 dan ginjal.

Biasanya diabetes tipe 2 dikarenakan oleh gaya hidup yang tak sehat, dengan konsumsi yang teratur maka jagung ini akan membuat keseimbangan gula darah dalam tubuh.

Untuk sekarang jagung ini hanya tumbuh dan dikembangkan di wilayah Chili dan Peru, dimana warna ungu dikarenakan adanya kandungan antosianin yang juga salah satu zat anti-diabetes.

Jagung ini juga ikut diteliti oleh para peneliti dari Departemen Pangan dan Nutrisi serta Biokimia Universitas Hallym di Korea. Ditemukan bahwa terdapat sel dan molekul antosianin aktif dalam jagung ini.

Hingga sekarang ini belum diketahui secara rinci dan mendalam soal pengaruhnya pada penanggulangan diabetes, namun apabila benar dipercaya ini adalah obat baru untuk diabetes, maka para ilmuwan akan membantu mengembangkannya.

5. Wortel Ungu

Buah dan sayuran berwarna ungu berikutnya adalah wortel ungu. Selama ini wortel memang lebih terkenal dengan warna orangenya yang lucu dan bikin gemas.

Tapi, sebelum wortel orange terkenal, wortel ungu ini nyatanya pernah terkenal dan menjadi sayuran yang dikenal pada abad ke-16 di wilayah Asia dan Timur Tengah.

Wortel ungu ini merupakan wortel yang tumbuh liar, biasanya langsing dan pendek. Wortel pertama kali dikenalkan sekitar 5000 tahun lalu di Afghanistan.

Mula-mula, yang ada hanya jenis wortel ungu dan kuning. Sesuai dengan perkembangan zaman, dilakukan perkembangan dan menghasilkan jenis baru yaitu wortel orange, yang lebih terkenal sekarang ini.

Seperti diinformasikan dari carrotmuseum.co.uk, peneliti meyakini bahwa warna orange pada wortel bisa membantu menyembuhkan penyakit jantung dan kanker.

Sebabnya, wortel kaya akan kandungan beta karoten yang dirubah dari vitamin A dan baik untuk melawan kanker. Zat antioksidan yang ada di dalam wortel ungu ini adalah antosianin. Zat yang sama seperti yang terdapat dalam anggur merah dan blueberry.
khasiat buah berwarna ungu
Wortel Ungu dan Cabe Ungu
6. Cabe Ungu Purple Bhut Jolokia

Cabe ini memiliki rasa teramat pedas bahkan termasuk golongan paling pedas di dunia, masih satu jenis dengan Red Bhut Jolokia atau cabe setan yang pernah dinobatkan sebagai cabe terpedas tahun 2007. Cabe unik ini memiliki warna ungu cerah.

7. Kembang Kol Ungu

Warna ungu pada kembang kol ini dikarenakan oleh kehadiran antosianin yang termasuk dalam golongan antioksidan, yang juga dapat ditemukan pada anggur merah dan kubis merah. Jenisnya termasuk ‘Purple Cape’ dan 'Graffiti'.
manfaat sayuran berwarna ungu
Kembang Kol Ungu dan Kubis Ungu
8. Kubis Ungu

Buah dan sayuran berwarna ungu ini lebih diketahui sebagai kubis merah, merupakan jenis berwarna-warni dari family brassica.

Kubis ungu memiliki rasio yang tinggi nutrisi dan vitamin untuk kalori dan lemak, yang menjadikannya menjadi alternatif ideal bagi orang yang diet. Hal ini banyak dijumpai pada salad, coleslaw, berupa sajian makanan dengan acar dan direbus.

...