5 Jenis Teh Terkenal di Dunia Karena Pengobatan dan Kesehatan Untuk Tubuh

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari minuman yang satu ini. Selain menyegarkan, teh juga memiliki banyak manfaat yang positif untuk kesehatan tubuh. Banyak riset menunjukkan bahwa rutinitas minum teh adalah aktivitas yang sehat, sebab teh mengandung berbagai antioksidan yang membantu mencegah kanker serta memperlambat sistem penuaan dini.

Apakah pernah kalian disuguhi teh ketika sakit? kalian pasti disuruh minum teh tawar angat, kan? Ya, itu dikarenakan beberapa jenis teh mengandung vitamin C didalamnya yang bertujuan untuk menolong melawan beberapa jenis penyakit, termasuk masuk angin.

Beberapa jenis teh juga mengandung poliphone, yang menguatkan gigi lewat cara kurangi plak serta membantu proses pencernaan dengan cara meningkatkan sistem aliran cairan pencernaan di dalam perut. Well, teh bukan sekeda minuman yang dapat dinikmati, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kamu. Berikut 5 jenis teh terkenal di dunia karena pengobatan dan kesehatan:

1. Teh Hijau

Teh hijau dibuat dari daun teh dengan cara dikukus. Untuk membuat teh hijau, daun teh segera dikeringkan dan dipanaskan agar mencegah daun terfermentasi. Jenis teh satu ini sangat terkenal di Asia, termasuk Indonesia. Makanan atau minuman yang menggunakan teh hijau sebagai bahan utamanya, semakin menjamur di berbagai restoran hingga pedagang kaki lima.

Selain rasanya yang enak dan unik, teh hijau memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Teh hijau akan kaya vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Teh satu ini juga berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya seperti mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung, bahkan bisa menurunkan diabetes, berat badan, alzheimer dan kolesterol. Wah, jadi makin yakin untuk mengonsumsi teh hijau, kan? Love green tea to the moon!


2. Teh Oolong

Teh ini merupakan teh tradisional asal China yang dihasilkan melalui dengan cara yang unik seperti pelayuan di bawah sinar matahari dan proses oksidasi dan proses semi-fermentasi. Meski merupakan teh tradisional asal China, sekarang kamu bisa dengan mudah menemukan teh oolong di Indonesia. Teh oolong memiliki rasa yang kuat dan beraroma harum seperti buah-buahn, oleh karena itu teh ini sangat digemari dan bahkan banyak rumah makan yang menyediakan minuman satu ini.

Soal khasiatnya, tidak perlu diragukan lagi. Teh ini dijamin mampu membantu proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, membakar lemak, menurunkan berat badan dan menyehatkan kulit. Setelah diminum tentu akan terasa sekali efek nyaman, senang dan menyegarkan.


3. Teh Hitam

Siapa yang belum pernah minum teh hitam? Sangat rugi apabila kamu belum pernah mencobanya. Kenapa? karena teh hitam ini sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Bahkan jagat Barat, teh satu ini menjadi andalan untuk dikosumsi saat sedang bersantai dan juga seringkali dicampur dengan berbagai jenis daun untu menghasilakan rasa yang berbeda, namun tetap enak.

Teh ini bisa menyembuhkan gangguan kesehatan seperti menurunkan tingkat kortisol dan hormon stres serta mengurangi risiko kanker. Kandungan antioksidan didalamnya dapat mengurangi pembekuan pembuluh darah. Bukan hanya itu, teh hitam sangat bagus bagi orang yang membutuhkan energi dengan cepat. Ciri khas yang terdapat diteh ini, dau berwarna hitam setelah di fermentasi dan memiliki rasa seperti buah tapi pedas.


4. Teh Putih

Terbuat dari daun teh yang masih sangat muda. Walaupun muda, namun teh ini memiliki aroma yang sangat harum serta rasanya manis dan segar membuat sejumlah orang menjadikan teh putih sebagai minuman favorit. Baik untuk dikonsumi saat kamu sedang santai, teh putih ini juga dikenal karena memiliki manfaat melawan pemicu kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tubuh serta mengusir dan mencegah pertumbuhan bakteri. Teh ini sangat rendah kanfein (15mg percangkir), sehingga sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sensitif kafein dan juga sangat bagus untuk membantu proses diet kamu.

5. Teh Chamomile

Tergolong teh yang dibuat dari bunga-bungaan, sama seperti teh bunga lavender. Teh Chamomile memiliki aroma yang kuat dan harum ketika menyeduhnya. Tanaman yang biasanya ditemukan di wilayah Eropa, Amerika Utara, dan australia ini memiliki banyak khasiatnya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kamu.

Mau tahu apa khasiatnya? Yap, teh ini dapat membantu mengatasi masalah sakit gigi, insomnia, krat otot, mengurangi pembekakan iritasi kulit serta menyehatkan kulit kamu. Jadi, kalian tidak perlu khawatir yang memiliki masalah-masalah kesehatan tersebut, jangan lupa untuk mencicipi teh chamomile ini, ya!
...