4 Efek Buruk Nasi Goreng Bagi Kesehatan Tubuh

Nasi goreng menjadi salah satu makanan yang sangat diminati di daerah Asia, seperti Thailand dan Indonesia. Karena pada kawasan ini orang lebih menyukai makanan yang dimasak dengan bumbu atau rempah dengan rasa yang kuat.

Nasi goreng merupakan makanan asal tiongkok yang populer di Indonesia, bahkan menjadi makanan favorit banyak orang di dunia dan banyak juga restoran yang menyediakan menu nasi goreng. Nasi goreng sangat khas dengan bahan masakan tambahan lain seperti daging, ayam, sayuran, serta tidak lupa menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, MSG dan kecap.

Nasi goreng juga sangat bervariasi sehingga ada yang memiliki harga yang murah jika memakannya di pedagang kaki lima hingga harga selangit jika kamu memakannya di restoran-restorsan. Akan tetapi, apa yang kita pandang mengenai nasi goreng yang memiliki gizi yang baik untuk tubuh seperti terdapat karbohidrat, protein nabati maupun hewani serta berbagai macam vitamin dan nutrisi.


Namun, pernyataan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Karena jika kita lihat dari segi kesehatan, makanan populer dikalangan masyarakat Indonesia ini ternyata mempunyai 4 efek buruk nasi goreng bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika kita sering mengonsumsi  nasi goreng, maka efek bahaya bagi kesehatan akan semakin nyata dan terasa, sebagai berikut:

1. Meningkatkan berat badan

Bagi kaum hawa masalah berat badan yang berlebih merupakan salah satu yang menjadi masalah cukup rumit untuk diatasi. Oleh karena itu, untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, mungkin nasi goreng bukanlah pilihan yang baik.

Karena kalor satu porsi nasi goreng ini lumayan besar, dapat dilihat dari segi memasaknya, nasi goreng terbuat dari bahan-bahan seperti nasi putih, minyak atau terkadang sering menggunakan mentega, telur, daging, kecap, serta bahan yang mengandung kalori yang besar.

Satu porsi nasi goreng dapat mencapai 637 kalori. Hal ini memberikan efek kenaikan berat badan menjadi mudah dan cepat, apalagi dikonsumsi pada malam hari. Jika hal ini terjadi kepada kamu, tentu saja akan merasa kurang percaya jika mengalami berat badan berlebih.

2. Darah tinggi

Darah tinggi lebih sering disebabkan oleh natrium. Natrium merupakan zat yang terdapat di dalam garam dan garam merupakan hal yang wajib sebagai salah satu resep membuat makasan ini untuk menyimbangkan rasa pada nasi goreng karena banyak ditambahkan bahan dengan rasa manis seperti gula dan kecap.

Oleh karena itu kita perlu menambahkan banyak garam yang akan menambah kandungan natrium tinggi dalam nasi goreng. Selain garam, nasi goreng juga mengandung minyak sayur yang akan berevolusi menjadi lemak trans.

Lemak trans bisa dibilang lebih jahat dari kolesterol dan lemak jenuh bagi kesehatan yang bisa mengakibatkan resiko penyakit jantung koroner sebagai salah satunya. Lemak trans yang terdapat didalam nasi goreng ini dalam kondisi panas. Dengan begitu, bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh arteri yang selanjutnya akan memicu resiko terkenan darah tinggi.

3. Kanker

Kanker timbul karena adanya senyawa yang bersifat racun, yaitu senyawa karsinogenik yang bisa disebut dengan akrilamida. Munculnya senyawa ini juga dikarenakan adanya karbohidrat yang tinggi yang terdapat pada makanan, termasuk nasi goreng. Bahan makannya yaitu nasi putih.

Yap, nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Akibat dari senyawa karsinogenik ini bisa memicu timbulnya penyakit kronis seperti kanker, gangguan kesuburan, tumor, keguguran, kerusakan saraf serta kesehatan kehamilan.

Banyak berbagai jenis kanker, namun kanker yang disebabkan sering mengkonsumsi nasi goreng yaitu kanker kelenjar teroid. Kanker ini disebabkan penggunaan minyak goreng berulang kali. Setelah sipenjual memasak nasi goreng, minyaknya tidak diganti, namun malah digunakan untuk memasak yang lain. Karena minyak bekas itulah terjadinya kanker kelejar teroid pada tubuh kita.

4. Memakan nasi goreng dengan timun

Sebagian dari kita, memakan nasi goreng dengan timun adalah sesuatu yang dapat meningkatkan selera makan kita karena akan kesegarannya pada timun. Namun ternyata hal ini berbahaya bagi kesehatan kamu. Mengapa bisa?

Karena kandungan minyak yang sudah terpakai untuk memasak akan mengandung racun jika tercamput getah atau air pada timun. Karena hal tersebut maka dapat menyebabkan radang tenggorokan, dan hal ini juga yang bisa memicu kanker kelenjar tiroid.
...