Monday, July 4, 2016

Cara Unik Hewan Mempertahankan Diri dari Serangan Predator

Nah, jumpa lagi nih sama kita di sini, kali ini kita masih akan membicarakan masalah seputar hewan yang tentu saja masih sangat menarik untuk dikupas lebih jauh lagi. Salah satunya adalah mengenai ke 10 cara unik hewan mempertahankan diri dari serangan predator

Kita akan mempelajari mengenai hewan-hewan spektakuler yang mungkin kamu gak pernah bayangkan sebelumnya. Pasti kamu penasaran kan dengan jenis hewan apa saja sih yang memiliki keunikan dalam bertahan hidup dari predator ganas.

Nah, buat kamu yang penasaran artikel ini bisa menjadikan sore hari atau waktu senggang mu semakin menyenangkan deh di jamin.

1. Katak Kayu

Jika kamu pernah nonton film captain america the first avenger pasti kamu tahu kan jika captain america ini mati dalam keadaan membeku dan kembali hidup. Nah, hal ini juga dialami oleh katak kayu, dimana hewan ini bisa hidup kembali setelah membeku total.

Cara Unik Hewan Mempertahankan Diri dari Serangan Predator

Pada musim dingin otak katak kayu akan mengalami kebekuan dan mati selama musim dingin dan dirinya akan kembali hidup setelah musim dingin terlewati dan mungkin saja katak ini akan kamu jumpai dalam film avengers berikutnya menggantikan si captain america. Hehe.

2. Sigung 

Hewan yang satu ini tentu saja sudah tak asing lagi untuk ditelinga kamu, karena hewan yang satu ini merupakan hewan dengan pertahanan diri paling unik yakni dengan menggunakan bau yang sangat busuk sehingga musuh atau predator akan menghindari hewan yang satu ini.

Tapi bila dilihat, hewan ini cukup lucu juga loh, tapi buat kamu yang ingin memelihara sigung lebih baik dipikir dua kali deh, karena pastinya rumah kamu nanti bisa jadi sangat bau sekali.

3. Northern Fulmar

Burung yang satu ini memiliki pertahanan yang cukup unik yakni dengan menyembuhkan muntahan dari dalam perutnya dan untuk anak-anak burung yang baru lahir pula sudah bisa melakukan metode ini.

Wah bagaimana ya, Pasti para predator juga akan merasa jijik nih ketika akan memangsa burung yang satu ini.

4. Kaki Seribu Motyxia Sequoiae

Hewan ini menggunakan cahaya pada tubuhnya untuk membuat para predator takut dan juga menjauhi kaki seribu yang satu ini.


Hal ini tentu cukup unik mengingat jarang sekali ada hewan yang mampu mengeluarkan cahaya dari dalam tubuh mereka sendiri dan hal inilah yang dilakukan oleh kaki seribu motyxia sequoiae ini.

5. Hagfish

Termasuk sebagai salah satu ikan purba yang masih hidup hingga kini. Ikan ini memiliki bentuk layaknya belut dan dari tubuhnya keluar lendir yang sangat menjijikan dan ternyata lendir ini berfungsi sebagai pertahanan diri.


Lendir ini dikeluarkan ketika hagfish merasa terancam. Bila ada predator yang akan memangsa ikan ini maka ia terancam dengan lendir yang sangat lengket.

6. Kadal Bertanduk Texas

Kadal bertanduk merupakan salah satu hewan dengan tampang sangar tapi bukan tampangnya yang dijadikan sebagai pertahanan utamanya. Hewan ini lebih dikenal karena mampu melakukan mimikri atau melakukan kamuflase untuk melindungi dirinya dari predator yang ingin memangsanya.

Akan tetapi bukan hanya itu saja, bila pertahanan diri yang ini gagal, kadal ini akan menyemburkan darah ke arah pemangsa lewat matanya. Keren ya.

7. Timun Laut

Timu laut, tapi timun yang ini tidak bisa dimakan loh ya. Sesuai dengan namanya timun ini  hidup di dalam laut. Timun ini juga memiliki senjata untuk bertahan berupa lendir yang sangat lengket dan menjijikan.

Tetapi bukan hanya itu saja, timun laut ini juga mengeluarkan isi perutnya untuk membuat predator tak sudi untuk memangsanya. Iuuuhhhh. Pasti banyak sekali ikan pemangsa yang merasa jijik ya ketika ingin menyantap timun laut ini.

8. Cuttlefish

Hewan bernama cuttlefish ini bukanlah sejenis ikan, walaupun ada kata-kata fish pada namanya. Namun, hewan ini lebih tergolong kedalam keluarga moluska atau sejenis dengan cumi-cumi dan juga gurita.

Hewan ini juga memiliki tentakel seperti cumi dan gurita. Selain memiliki tinta sebagai pertahanan hewan air ini juga mampu untuk merubah warna tubuhnya sehingga pemangsa akan terkecoh. 

9. Bombardier Beetle

Nah, serangga yang ini mirip banget sama alien serangga yang ada di film starship troopers. Serangga ini memiliki kemampuan mengeluarkan cairan asam bila sedang merasa terancam. Nah, jadi jangan macam-macam sama hewan kecil satu ini ya, karena hewan ini ternyata memiliki senjata yang cukup berbahaya loh.


Jadi jangan sampai kamu macam-macam sama hewan kecil yang satu ini ya, karena bisa membahayakan kamu bila terkena cairan asam yang keluar dari hewan kecil ini.

10. Malaysia Exploding Ant

Camponotus saudersi adalah nama lain dari semut ini, seperti namanya yang mengandung kata explosion, semut ini memiliki sistem pertahanan yang paling unik diantara hewan lainnya.

Ya, hewan ini akan meledak bila merasa terancam atau biasa disebut dengan kamikaze dalam istilah di jepang yang berarti serangan bunuh diri.
pertahanan diri hewan paling unik
Nah, itulah tadi cara-cara unik hewan untuk mempertahankan diri mereka dari serangan predator. Tentu saja kamu juga pasti kaget kan melihat masih ada hewan-hewan unik yang sangat langka untuk dijumpai ini.

Sangat menarik bukan, bisa mengetahui hewan-hewan super unik ini dan tentu saja hewan macam ini sangat sulit loh untuk kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Unik Hewan Mempertahankan Diri dari Serangan Predator