Mengapa Makanan Pedas Bikin Hidung Gatal & Bersin? Ternyata Ini Alasannya

Dalam memasak, beberapa hal mungkin membuat kamu kesal. Selain mata menjadi perih, ada pula yang menyebabkan perasaan ingin bersin atau hidung terasa gatal ketika ibu sedang menumis bumbu yang pedas. Tapi pernahkah kamu penasaran kenapa hal ini bisa terjadi? Berikut ini adalah alasan mengapa makanan pedas bikin hidung gatal dan bersin.

Penyebab utama yang membuat kamu bersin diakibatkan tidak kuatnya sistem pernafasan dengan uap yang muncul dari makanan yang diolah. Proses ini timbul sekitar 10 menit pemasakan. Bahan makanan pedas pun terkadung senyawa capsaicin yang dapat terjadinya rasa panas dan pedas di mulut dan perut jika dimakan.

Biji-bijian di dalam cabai merupakan senyawa capsaicin tersebut, bertujuan sebagai perlindungan cabai terhadap mahluk yang ingin memakannya agar tidak menghancurkannya. Capsaicin juga memiliki sifat anti-fungal atau obat yang mengobati infeksi jamur. Obat antijamur ini termasuk mentronidazol, amfoterisin B dan nistatin.

Karena itulah mengapa rasa pedas pada cabai lebih banyak terdapat di bijinya. Senyawa ini bukan hanya memberikan perasaan pedas di mulut, namun juga merangsang membran mukus di hidung sehingga membuat hidungmu memberi sinyal berair, gatal ingin bersin dan mata ikut berair karena capsaicin tersebut.


Selain dikarenakan senyawa, ternyata faktor suhu dan uap panas yang menyelimuti ruangan dapur juga bisa menjadi salah satu penyebab hidung gatal ingin bersin, lho! Karena bagian dapur tidak memiliki sirkulasi udara yang baik guna membuang uap keluar dari bahan makanan yang dimasak. Ketika tidak ada sirkulasi udara yang baik maka, alat pernapasan, khususnya hidung sudah tidak mampu lagi menyerap bau tajam. Hal inilah yang membuat kamu jadi bersin.

ilustrasi bersin. Image by merdeka.com

Berikutnya soal suhu panas yang ada di dalam wadah ketika melakukan proses pemasakan bahan-bahan yang beraroma tajam atau bumbu yang pedas. Uniknya, ketika kita bersin itu menandakan cabai sudah terbakar. Kenapa bisa seperti itu?

Saat pertama kamu masukan bahan-bahan yang beraroma tajam tersebut, hidung kamu tidak akan mencium aroma apapun. Dikarenakan bahan tersebut belum terjadi proses ekstrak yang ada di dalam wadah yang di pakai untuk memasak. Ketika kamu bersin atau hidung terasa gatal, itu berarti pertanda cabai sudah terbakar, kemudian aromanya sudah keluar melalui uap dan berevolusi menjadi gas dan itulah yang memicu bersin.


Namun apakah ada cara untuk menhidarkan kondisi yang membuat hidung gatal atau ingin bersin ketika sedang menumis bahan-bahan beraroma tajam dan pedas? Tentu ada, dan ada dua cara termudah dalam memasak agar kamu tidak terjadi seperti itu.
  1. Bernafas lewat mulut, sebab adanya bersin terjadi karena serapan panas yang masuk melalui hidung.
  2. Memakai masker, untuk menutupi lubang pernapasan dan agar terlindungi dari uap yang berevolusi menjadi gas yang kemudian membuat kamu bersin.
Walaupun dalam menumis bumbu yang pedas membuat kita kesal. Tetapi ketika sudah menjadi makanan yang pedas, ternyata banyak manfaat yang bisa kita ambil untuk tubuh kita.
  1. Melancarkan pernapasan
  2. Menjaga mood, dikarenakan makanan pedas meningkatkan hormon yang memberi rasa tenang, mengurangi stres dan depresi
  3. Memperbaiki fungsi pencernaan, disebabkan cabe dalam saluran pencernaan bisa meningkatkan aliran darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus
  4. Menyehatkan jantung, karena cabe dapat mencegah pembekuan darah dan mencegah pengoksidaan yang memyebabkan pembuluh darah tersumbat
  5. Menurunkan berat badan, karena cabe mengandung kapsaisin yang memiliki kesan termogeni yang bisa menyebabkan tubuh membakar kalori ketika mengunyah selama 20 menit. Lagipun, rasa pedas itu bisa meningkatkan metabolisme kamu
...