Berbagai Manfaat Teh Bunga Lavender Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui!

Bunga lavender terkenal akan keindahan dan aromanya yang eksotis dan banyak digunakan sebagai produk seperti parfum, pewangi pakaian, sabun mandi. Pada dasarnya, orang Roma saat itu menyebut bunga lavender dengan istilah lavare yang mempunyai arti menyegarkan. Namun tahukah kamu bahwa lavender ini bisa digunakan sebagai minuman teh? Meskipun banyak yang tidak mengetahui bahwa teh lavender memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Bunga yang berukuran kecil dan berwarna ungu ini memiliki kandungan zat yang berguna untuk pengobatan tertentu, seperti camphene, geraniol, nerol, dan masih banyak lagi. Selain digunakan obat, bunga lavender ini juga dihidangan dalam bentuk minuman seperti teh. Walaupun teh lavender bukan teh umum yang banyak dikonsumsi masyarakat, namun telah banyak industri yang membuatnya.


1. Relaksasi

Salah satu khasiat teh lavender adalah untuk relaksasi. Sering kali kita berurusan dengan tekanan sosial dan pekerjaan yang membuat kita stres. Mengkonsumsi teh lavender ini adalah solusi yang tepat buat kamu yang ingin mencapai perasaan rileks dan nyaman. Sehingga stres dapat ditekan dan upaya untuk menghadapi stres dapat ditingkatkan.

2. Gangguan pencernaan

Teh bunga lavender ini dipercaya mampu menghancurkan masalah atau gangguan pencernaan berupa nyeri sakit perut, mulas, infeksi usus serta perut kembung.


3. Bau mulut

Seseorang yang mengalami bau mulut cenderung menggunakan berbagai cara untuk mengatasi gangguan tersebut. Namun teh lavender ditemukan efektif dalam membantu mengatasi beberapa penyebab bau mulut apabila dikonsumsi secara rutin.


4. Mengatasi insomnia

Selama ini penggunaan obat kimia dalam bentuk tablet atau kapsul memang sudah ampuh dalam mengatasi masalah ini. Mungkin kalian sudah mengetahui, bahwa penggunaan obat kimia secara terus-menerus malah membuat kesehatan tubuh kamu semakin memburuk atau bisa dibilang tidak baik. Untuk mengatasi hal ini kamu tidak perlu cemas, karena teh lavender jika dikonsumsi menjelang tidur akan memberikan efek ketenangan dan mendorong keinginan untuk tidur. Nah jadi, untuk penderita insomnia akan mendapatkan banyak manfaat dengan mengkonsumsi teh lavender ini.

5. Rasa nyeri atau sakit

Berbagai kandungan zat di dalam teh lavender ini sangat berguna dalam meredahkan nyeri, seperti nyeri otot, pinggang, punggung, gigi dan bahkan meredahkan nyeri karena kanker serta menjadi obat mujarab untuk menghadapi nyeri  kronis.

6. Persoalan rambut dan kulit kepala

Teh lavender juga ditemukan mampu mengatasi beberapa masalah pada rambut dan kulit kepala seperti masalah kerontokan, ketombe, rambut patah-patah dan juga sangat baik dalam membersihkan rambut.


7. Masalah kulit

Berbagai masalah kulit, khususnya luka seperti tergores dan bahkan radang dapat diatasi teh lavender yang dijadikan sebagai bahan oles (dioleskan).

8. Mestabilkan suasana hati

Untuk kamu yang memiliki masalah-masalah yang berkaitan dengan suasana hati yang cenderung berubah-ubah, salah satunya depresi. Karena depresi ini cenderung memiliki mood yang berubah secara cepat dan tidak menentu. Terlepas dari masalah mood dan depresi, lebih baik kamu segera konsumsi teh lavender ini. Karena banyak peneliti melakukan riset bahwa kandungan didalam bunga lavender, termasuk sudah dijadikan teh sangat baik untuk menyeimbangkan  atau menstabilkan beberapa fungsi organ tubuh.
...