Sunday, June 12, 2016

5 Tips Mudah Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa

Uang jajan kurang tapi tidak mau nyusahin orang tua? Jika kamu sudah punya pemikiran seperti itu, maka bagus dan mulai sekarang berpikirlah untuk mulai mencari uang sendiri agar ortu di rumah tidak terlalu terbebani dengan biaya kuliahmu. Lantas jenis pekerjaan apa yang cocok buat pelajar atau mahasiswa?
Untuk pekerjaan yang ideal untuk pelajar atau mahasiswa, sebaiknya cari yang kerjanya bisa part time. Dengan begitu tidak menganggu waktunya kuliah kamu. Jika kamu bingung, untuk menentukan jenis pekerjaan apa yang sesuai untuk mahasiswa, berikut ini akan kami share beberapa ide atau peluang usaha yang bisa di pertimbangkan. Silahkan di simak. 


1. Menjadi tutor les

Menjadi guru bimbingan belajar bagi anak-anak kini tengah marak dilakukan oleh para mahasiswa. Tidak perlu cari yang jauh-jauh karena dari dalam kos atau dalam rumah saja kamu sudah bisa bekerja. Kamu bisa minta nawarin diri ke tetangga jika kamu bisa mengajari anaknya. 

Mengajari anak-anak, diperlukan modal otak yang encer dan yang pasti telaten dan komunikatif. Buat sarana belajar yang menyenangkan dan hindari cara mengajar yang kaku atau mereka akan bosan dengan pola mengajarmu. 

2. Menulis

Satu lagi pekerjaan yang tidak terlalu ribet namun tetap memberi hasil yang lumayan adalah menulis. Kamu bisa menjadi seorang penulis di blog melalui layanan internet. Tidak perlu ngantor atau ketemu dengan atasan secara langsung, karena hanya dengan modal koneksi internet dan laptop, kamu sudah bisa melakukan pekerjaan ini. 

Selain menjadi penulis blog, kamu juga bisa menulis jenis cerita nonfiksi ataupun fiksi untuk kemudian di kirim ke majalah dan koran. Jika berhasil dimuat, maka bayarannya bisa kamu gunakan untuk membayar kos atau mungkin tambahan jajan. 

3. Bisnis kecil-kecilan

Kerjaan yang satu ini bermodalkan keterampilan komersial serta tahan banting dengan tidak mudah menyerah. Bisnis yang cukup menguntungkan untuk para mahasiswa adalah bisnis jual aksesoris seperti bros, kunci atau gin dan gantungan. 

Kamu bisa menawarkannya ke teman-teman kampus atau cari lokasi yang cukup ramai untuk berjualan seperti area wisata dan lain sebagainya. 

4. Jualan jasa

Untuk tingkat mahasiswa, jasa yang dijual bisa berupa banyak hal seperti halnya jualan IT. Kamu bisa menawarkan jasa seperti membuat website, slide presentasi atau sekedar mengetik makalah. Kalo kamu rajin promosi, maka konsumen jasamu juga akan semakin banyak. Bukan hanya para mahasiswa, namun juga bisa merambah dari luar kampus. 

Jika hasil kerja kamu bagus tentu pelanggan akan bertambah. Bahkan tidak perlu lagi buat promosi karena hasil kerja yang bagus tentu akan dijadikan buah bibir. Alhasil, job kamu akan lebih banyak.
Tips Mudah Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa
Image by blog.havels.com

5. Karyawan toko

Satu lagi jenis pekerjaan yang cocok bagi mahasiswa dan tidak perlu dilakukan full time yakni jaga toko. Jaga toko tidak harus punya skill yang muluk-muluk karena tiap orang pasti bisa melakukan jenis pekerjaan ini.

Ada banyak pekerjaan karyawan toko yang bisa kamu jajal seperti jadi operator warnet, pelayan kafe, pramuniaga dan lain sebagainya. Namun sayangnya, jaga toko tentu akan sedikit melelahkan dan harus menyesuaikan waktu yang kita punya dengan shift kerja. 

Hal yang perlu diingat saat ingin kerja part time adalah jangan sampai pekerjaan yang kamu lakukan malah menyita waktu dan tenagamu. Buat prioritas sehingga waktu kuliahmu juga tidak akan terbengkalai. Kalau perlu kamu bisa buat jadwal untuk kegiatan sehari- hari. ikuti jadwal yang ada dan seimbangkan antara kerjaan dan kuliah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Mudah Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa