Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pada Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar Setiap Hari

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan yang harus dijaga, sebab apa yang bisa dilakukan oleh seseorang dalam keadaan sehat lebih banyak daripada yang apa yang bisa dilakukannya dalam keadaan sakit. Dengan begitu tubuh yang sehat merupakan faktor yang penting. Pola hidup sehat ada tiga macam:
  1. Melakukan hal-hal yang berguna untuk kesehatan
  2. Menghindari hal-hal yang membahayakan kesehatan
  3. Melakukan hal-hal yang dapat menghilangkan penyakit yang diderita

Image by mulanaandii.blogspot.com

Dengan menjalani ke-3 pola hidup sehat dalam bentuk melakukan dan menghidari, yakni mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk tubuh, serta meninggalkan pola makan yang membahayakan, terutama makan dan minum sangat diperlukan untuk kesehatan, sedangkan berlebihan-lebihan harus ditinggalkan karena sesuatu yang berlebihan akan memperburuk keadaan.

Menjaga tubuh agar sehat sangat penting untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.  Apabila kesehatan tubuh tidak dijaga maka tubuh dengan mudahnya terkena serangan penyakit.

Setelah tubuh rentan terkena penyakit, pasti yang pertama kita tuju adalah rumah sakit dan membeli obat-obatan. Itu merupakan hal yang mengeluarkan waktu dan biaya kita. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Iya tentunya, jika kita bisa mencegahnya kenapa harus mengobati apa yang sudah terjadi?

Berikut beberapa tips jitu menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar, terutama untuk kalian yang selalu merasa tidak cukup dengan waktu tidur.

Untuk mengambil waktu anda dan energi yang optimal, kita mempunyai 3 faktor yang harus diperhatikan oleh anda.
  1. Makanan (kualitas makanan)
  2. Waktu istirahat
  3. Olahraga
Pertama, pada makanan adalah jangan menunda makanan. Karena sarapan itu bisa memicu salah satu hormon untuk mengembalikan fungsi dari otak. Kemudian, kurangilah mengonsumsi cemilan yang manis maupun yang asin-asin. Karena ini hanya meningkatkan energi sesaat, setelah itu anda akan lemas kembali. Walaupun anda lakukan diet yang  sehat, tetap asupan nutrisi atau gizi anda diperhatikan untuk pemenuhan kalori dan vitamin-vitamin mineralnya.

Kedua, waktu tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu menjaga stamina dan energi yang optimal. Untuk situasi kamar tidur (termasuk dalan kualitas tidur) memang diajurkan/diusahankan karena tempat tidur adalah untuk ruang istirahat murni tetapi apabila hal ini tidak bisa dihindarkan. 
  1. Matikan elektronik dikamar tidur anda setidaknya 1 jam sebelum tidur. Bagaimanapun elektronik ini (seperti HP, laptop, komputer, dsb) mengandung gelombang pendek dimana itu bisa saja menganggu kualitas tidur anda. Jadi, matikan mulai dari lampu tidur, kemudian elektronik apalagi handphone. Itu merupakan suatu hal yang cukup lumrah untuk kita biasanya tidak bisa tidur tanpa handphone disebelah. Banyak orang menaruh handphone dibawah bantal tidur, dan itu sangat bahaya sekali.
  2. Jangan pernah coba-coba mencuri tidur siang anda. Karena tidur siang ini membuat kita untuk tidur malam kebabalsan jamnya (over time). Jika pada saat waktu tidur siang anda mengantuk, maksimalkan tidur 30 menit dan menjaga jarak tidur siang 8 jam menjelang tidur malam. Misalkan, tidur siang jam 1 berarti tidur malam itu jam 9 dan lebih baiknya jangan kurang dibawah 8 jam. Atau untuk mencegahnya, anda dapat mengonsumsi minuman air dingin dan bila yang sedang berpuasa, lebih baik  bilas muka dengan air dingin.  Salah satu yang terpenting adalah mengganti sarung bantal atau seprei secara berkala, bagaimana pun yang punya alergi ataupun penyakit sebagainya bisa terhindari kualitas waktu tidur anda. Tips berikutnya mengenai waktu tidur berkualitas usahakan bangun dan tidur dijam yang sama, karena ini mengatur otak kita untuk mengatur siklus atau jalan tidur.
Ketiga, merupakan tips yang tidak kalah penting untuk mendapatkan stamina dan energi yang optimal yaitu olahraga. Gerakan stretching latihan fisik untuk merengangkan sekumpukan otot agar mendapatkan otot yang elastis dan nyaman yang bisa anda lakukan dirumah maupun sebelum anda melakukan olaraga yang berat seperti bermain bola salah satunya. Dengan demikian, anda tidak perlu dengan berolarga atau pergi ke gym, kamu hanya perlu menerapkan 12 gerakan stretching sederhana.
  1. Regangkan otot sikumu
  2. Regangkan otot lengan dan punggung dengan tangan meraih ujung jari kaki
  3. Tarik tubuhmu ke belakang
  4. Putar kepalamu dengan perlahan
  5. Berusaha menyentuh langit untuk pergangan otot lengan
  6. Pompa lututmu
  7. Patahkan lehermu ke kanan dan kiri
  8. Berlutut dengan satu kaki
  9. Rilekskan tubuhnmu dengan gerakan tangan meraih langit
  10. Rilekskan otot pergelangan tanganmu
  11. Naik-turunkan bahumu sebanyak 5 kali
  12. Regangkan otot kakimu dengan gerakan ‘high kick’
Dengan melakukan 12 gerakan sederhana tersebut, sudah dipastikan tak ada lagi tubuh anda yang sakit dan letih. Anda pun bisa mengerjakan aktivitas sehari-hari anda dengan lancar dan lebih baik karena otot dan pikiranmu menjadi lebih rileks dari sebelumnya.

Ingin kesehatan tubuh anda lebih bugar, sehat, berstamina dan berenergi? Ikutilah dan terapkan beberapa tips menjaga kesehatan tubuh untuk tetap bugar dan segar. Terlebih lagi disaat cuaca sedang ektrim, dengan begitu gampanganya tubuh terkena serang penyakit, maka dari itu penting bagi anda untuk membuat jadwal makan, tidur, olahraga dan bahkan jadwal liburan anda. Selamat mencoba!
...