Thursday, June 30, 2016

Tidak Puas Dengan Militer, Petani Ini Bikin Tank Sendiri

Tank jelas bukan kendaraan sembarangan. Alat yang satu ini lazimnya bukan diperuntukkan untuk individual. Namun, ada seseorang petani merasa kecewa dengan ajaran militer tempat buah hatinya mengikuti akademi. Dengan kenyataannya itu, pria ini membuktikan dirinya bisa membuat tank sendiri.

Bernama Peng Haojie, petani asal China itu mengatakan dia dan beberapa temannya tak punya bekal apa pun untuk membuat tank itu. Namun Peng mengaku sejak kecil telah tertarik dengan dunia militer termasuk sebuah tank yang telah diimpikan sejak kecil.

Peng Haojie dan tank rakitannya. Image by dailymail,com

Petani asal Desa Wangjia, Jiaozhou, Provinsi Shandong, akhirnya punya ide membuat tank yang ia idamkan. Tank bertype 99 dan memulainya Juli tahun lalu setelah dia menyekolakan anaknya di akademi militer junior.

Menurutnya pria China tersebut membuat tank bukanlah hal yang rumit, karena ia sedikit mengerti per-mesinan militer. Apa yang ia perlukan hanya membuat part untuk tank ini dalam bentuk yang lebih besar berdasarkan model mainan yang ia punya.

Dia juga mengatakan bahwa akademi militer yang terletak di kota Weifang itu pelajaran. Jadinya ia terinspirasi dan bertekad mengangkat dunia militer di kota Weifang maupun di China dengan membuat tank generasi ketiga China.

Peng dan rekan seperjuagannya

Tank yang dibuat Peng dan rekannya terlihat persis yang dipakai militer China sejak 2001. Tapi tentu saja tank buatan Peng ini tidak bisa dipergunakan untuk 'perang', karena tank ini tidak bisa menembakkan mortir atau sistem pertahanan laser atau senapan mesin.

Peng dan rekan-rekannya sangat bangga dengan hasil rakitannya yang tidak terduga. Namun tanknya saat ini hanya bisa dijadikan bahan model foto atau sebagai alat kendaraan untuk menggelilingi Desanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tidak Puas Dengan Militer, Petani Ini Bikin Tank Sendiri