Sunday, June 12, 2016

Batas Konsumsi Gula, Garam, Lemak Bagi Kesehatan Tubuh

Membahas masalah yang terjadi pada pria maupun wanita, yaitu masalah-masalah mengenai gangguan kesehatan. Terutamanya adalah penyakit jantung yang saat ini menjadi salah satu pembunuh nomor satu didunia.

Jadi karena itu, kita harus menghindari makanan-makanan yang dapat memicu penyakit jantung, terutama yang mengandung tinggi GGL (gula, garam, lemak). Jadi yang pertama, kita harus membatasi konsumsi  pada gula.

Menelusuri pulau Jawa, biasanya disana terdapat orang-orang yang dominan yang mengonsumsi makanan manis denagn menambahkan gula dimakanannya. Walaupun tidak sepenuhnya gula baik untuk kesehatan kita.

Padahal maksimal asupan gula pasir dalam sehari itu hanya 4 sendok makan. Gula pasir yang biasa kita konsumsi terlalu banyak dapat memicu berbagai penyakit yang membahayakan bagi kesehatan. Antara lain:

1.Diabetes

Penyebabnya sudah pasti mengonsumsi yang manis-manis, dan itu dikarenakan gula. Walaupun makanan dan minuman manis yang paling enak, tetapi ada sisi buruknya, yaitu bisa membuat tubuh terkena diabetes atau kencing manis. Dari mulai anak sampai orang dewasa bisa terkena diabetes. Oleh karena itu, kita harus menjaga pola makan kita , terutama tidak terlalu sering mengkonsumsi yang manis-manis. Sebab, penyakit diabtes ini bisa membahayakan diri sendiri dan bahkan mengakibatkan kematian

2. Obesitas

Dikarenakan pola makan yang buruk dan terlalu banyak konsumsi makanan tinggi gula dan lemak. Jika terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh sehingga melebihi batas yang baik untuk kesehatan, biasa dibilang kondisi kronis.

Image by gayasehatalami.com

3. Jantung

Disebabkan oleh pola hidup yang buruk, kebiasaan merokok, kolesterol tinggi, terutama diabetes.

4. Gagal ginjal

Penyakit ginjal terutama disebabkan oleh hipertensi dan diabetes. Diabetes lah merupakan salah satu penyebab utama terhadap penyakit ginjal kronis. Terjadinya memicu diabetes yang bisa menyebabkan gagal ginjal adalah kurangnya produksi insulin yang efektif.

Setelah gula, kemudian garam. Kalau garam, tentu makanan yang asin-asin lebih sedikit lagi takarannya. Takaran dalam sehari diharuskan hanya boleh dikonsumsi satu sendok teh garam saja. Namun saat ini, apa yang terjadi pada olahan makanan besar tidak mengikuti anjuran pemakaian yang baik untuk kesehatan. Seperti menambahkan makanan 5-6 gram perhari, dan itu akam cepat memicu tekanan darah tinggi.

Terakhir adalah lemak, karena akibat dari lemak ini lebih buruk lagi dari gula maupun garam. Kalau lemak, selain bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas, namun juga dapat memicu gangguan jantung, stroke, bisa juga gangguan ginjal.

Oleh karena itu kita akan memberika tips ampuh bagi anda yang terlalu khawatir jika terlalu konsumsi garam yang banyak, anda lebih baik mengonsumsi makaan seperti:

  • Bayam, Alpukat, Pisang
Makanan tiga tersebut adalah contoh-contoh dari makanan yang bisa mengikat natrium yang ada di garam. Sehinggi didalam tubuh kita, garamnya menjadi turun kadarnya.
  • Mengonsumsi Air Putih
Mengonsumsi depalan gelas atau 2 liter perhari. itu yang paling penting. Tapi kalau kita sering mengonsumis kopi atau soda, itu bersifat mengeluarkan cairan lebih dalam tubuh, diutamakan minumnya juga harus lebih.
  • Cengkeh, Merica, Ketumbar, Kayu Manis
Bumbu atau rempah-rempah ini sangat bagus untuk menurunkan kadar garam didalam tubuh kita.

Selain itu juga, hindari makanan yang berpengawet tinggi. Misalnya seperti makanan kaleng atau makanan cepat saji. Boleh dikonsumsi namun tidak terlalu sering, tetapi untuk lebih baiknya bagi para yang mengidap penyakit hipertensi , resiko penyakit jantung atau kegemukan, sebaiknya dihindari. Karena memang makanan yang banyak pengawetnya itu bisanya mangandung garam yang tinggi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Batas Konsumsi Gula, Garam, Lemak Bagi Kesehatan Tubuh