Penyebab, Akibat dan Mengatasi Komedo

Bicara tentang kesehatan, tentunya bisa disajikan dalam bentuk apapun. Mulai dari kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan tubuh, terutama kesehatan kulit wajah. Apabila kulit wajah itu sehat, tentu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti jerawat dan komedo.

Hal-hal yang membuat wajah kita terlihat kusam, tidak menarik dan bahkan juga menganggu kepercayaan diri kita. Salah satu adalah komedo. Komedo membuat kita menjadi gemes, karena menganggu banget.

Apakah anda salah satu yang mempunyai masalah dengan komedo ? Tidak perlu takut, karena kita akan membahas penyebab dan bagaimana mengatasi komedo pada wajah.

Image by zelyrics.blogspot.co.id

Komedo biasanya timbul di sekitar wajah pada bagian hidung, di bawah mata, sampai pipi dan itupun tergantung pada pori-porinya. Sebenarnya komedo itu biasanya menganggu penampilan, karena warna dan bentuknya.

Terlebih dahulu, kita harus mengatahui lebih dalam mengenai beberapa pemicu terbentuknya komedo. Berikut penyebabnya.

1. Makanan berminyak atau digoreng 
Seperti gorengan yang mayoritas masyarakat Indonesia menikmatinya. Jika akumulasinya banyak, tentu wajah kita akan makin berminyak dan akibatnya akumulasi sebum (zat berminyak yang terdiri dari lemak, kertain yang diproduksi oleh kulit) didaerah hidung maupun pipi juga bertambah banyak. Akibatnya muncul komedo itu.

Apalagi ditambah dengan sel-sel kulit mati diwajah kita, sehingga pori-pori dalam kulit itu tertutup dan terbentuklah komedo. Tertutupnya bisa terjadi pada wajah yang kotor seperti makeup terlalu tebal, debu dan kemudian kita tidak membersikannya dengan cara yang baik.

2. Tidur dengan wajah yang kotor
Sehabis beraktivitas sehari-hari, dengan keadaan lelah tentu itu membuat kita malas untuk membersikan diri dan ingin langsung tidur. Kita lupa cuci muka, akibatnya debu menempel dengan minyak dan terbentuklah komedo itu.

3. Merokok
Ternyata merokok menjadi salah satu yang dapat memicu komedo. Karena merokok juga banyak radikal bebasnya yang dapat mematikan sel-sel kulit dengan cepat. Dengan begitu, komedo pun makin cepat terbentuknya.

Komedo hitam dan putih? Apakah beda dalam hal mengenai terbentuknya? Pasti banyak orang yang mengalami perbedaan komedo pada bagian wajah. Alhasil, kita tidak mengetahui apa penyebabnya.

Ternyata diantara komedo hitam dan putih memiliki perbedaan. Perbedaannya yaitu lokasi dari komedonya itu. Kalau hitam disebut dengan komedo terbuka, karena lokasinya memang pori-porinya terbuka dan langsung terkena udara sekital. Akibatnya dia terkena oksidasi, jadi minyak yang ada didalam pori-pori itu dia berwarna hitam.

Sedangkan komedo putih, yang disebut dengan komedo tertutup adalah bintik putih yang menonjol dari dalam kulit wajah. Komedo putih letaknya lebih dalam, jadinya ada sel-sel kulit yang menutupi dan tidak terkena udara bebas secara langsung.

Adanya komedo membuat kita gemes, sampai sampai kita pencet sampai luka, bekas, maupun kemerahan. Namun ada efek negatif kah dalam pemencetan komedo tersebut? Jawabnyanya yaitu lebih baik kita hidarkan!

Sebab jika pencet-pencet pakai alat maupun tangan, karena itu bisa menyebabkan kecacatan pada kulitnya. Apalagi pori-porinya itu harusnya kembali menutup, tetapi jika biasa di pencet terus-menerus pori-porinya tetap terbuka. Bahkan bila kita salah memencet, dia akan membentuk lubang baru.

Untuk mengatasinya lebih baik ke dokter, karena ada obat khususnya. Sebagai pengalaman, biasanya di dokter akan dikasih cairan khusus untuk menguarai sikomedo tersebut. Dengan demikian, informasi mengenai penyebab dan bahaya dalam mengatasi komedo dengan cara yang salah.
...