Pelukan, Obat Paling Mujarab Meredahkan Depresi

Begitu banyak masalah yang menghampiri kita, terkadang membuat kita depresi dan terkapar lelah tak berdaya. Saat itu terjadi, carilah orang yang bisa memeluk anda, hangat dan erat. Sebab berpelukan secara rutin tiap hari mampu membantu anda untuk melepaskan depresi yang membelenggu tubuh kita.

Para peneliti mengungkapkan bahwa berpelukan ternyata baik untuk kesehatan tubuh anda, sebab mampu mencegah infeksi dan meredahkan depresi. Menurut penelitian juga mengatakan, sampai saat ini sekitar 11 persen orang Amerika menggunakan pelukan sebagai obat antidepresi yang mujarab.

Anda boleh memeluk ibu, saudara, teman wanita atau pasangan anda. Asalkan dialah yang anda pilih karena memliki rasa nyaman jika anda bersamanya, sehingga pelukan itu menjadi obat bagi anda.

Sheldon Cohen, Profesor psikologi Carnegie Mellon University, Amerika Serikat, menemukan banyak alasan mengapa pelepasa oksitosin dalam otak secara alami terbukti efektif mengobati depresi. "Pelepasan hormon oksitosin yang terjadi selama berpelukan mempu membuat anda menjadi lebih rileks dan mendukung sistem kekebalan tubuh."

Image by hepap.com

Lanjutnya. "oleh karena itu dipeluk oleh seseorang yang anda sayangi atau orang yang anda percaya mampu memberikan efek perlindungan sehingga menjadi keintiman yang akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri anda dan dengan cara itu sangat efektif untuk mengurangi efek buruk akibat depresi." terangnya.

Jika anda menganggap pelukan salah satu obat menghilangkan atau menurunkan depresi secara efektif, maka jadikanlah memeluk ini sebagai salah satu kebiasaan di lingkungan keluarga anda dan sebagai obat penghilang stres.

Dengan demikian, melakukan hal tersebut anda akan mendapatkan kebahagian sekaligus kesehatan. Pelukan juga bukanlah salah satu cara yang dapat menghilangkan kadar deprsei, namun banyak cara yang bisa anda lakukan. Antara lain:

1. Berikan pelukan pada seseorang
Ambil waktu beberapa menit setiap hari, dan nikmati kesempatan tersebut. Hal ini akan merangsang pembentukan dan meningkatkan oksitosin pada otak. Inilah cara yang cukup menyenangkan untuk berbagi kesantaian sesaat dan memberi perhatian.

2. Bermain dengan hewan peliharaan
Tidak ada pasangan untuk dipeluk? Jangan khawatir terhadap kekurangan oksitosin dalam diri. Anda bisa melakukannya pada hewan peliharaan anda, dengan cara memeluknya ataupun mengajak bermain.

3. Menatap orang yang dicintai
Ternyata beberapa penelitian menyakini, bahwa hanya dengan menatap seseorang yang anda cintai mampu membuat pikiran dan hati anda menjadi bahagia. Kebahagian tersebut dapat menghilangkan beban yang sedang kita hadapi, walaupun hanya sementara.

4. Mengucapkan terima kasih
Bagaimana hanya mengungkapkan terima kasih tetapi dapat menghilangkan rasa depresi? Ternyata beberapa penelitian membuktikan bahwa perasaan ketika mengungkapkan rasa terima kasih namun dengan cara yang tulus untuk orang lain, juga bisa melepaskan hormon cintadan melepaskan oksitosin di otak.

Jadi, sudahkah anda berpelukan hari ini?
...