Tuesday, June 14, 2016

5 Pekerjaan Untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Harus Keluar Rumah

Banyak ibu rumah tangga yang memilih hanya mengandalkan pemasukan dari suami saja untuk membeli kebutuhan keluarga sehari-hari. Sebenarnya pandangan hidup tersebut tidak salah, karena bagaimanapun kewajiban utama memenuhi biaya hidup adalah suami.

Tapi jika gaji suami pas-pasan, dan kamu punya kesempatan untuk membantu mencarikan tambahan pemasukan, kenapa tidak kamu mencobanya. Yang penting kamu sebagai istri atau ibu rumah tangga bisa membagi waktu, untuk keluarga.

Lantas, usaha atau bisnis apa yang cocok untuk ibu rumah tangga seperti kamu? Berikut kami share beberapa ide wira usaha yang bisa di terapkan untuk para ibu rumah tangga di rumah. Silahkan disimak


1. Menjual makanan di pagi hari

Siapa sih yang tidak butuh makan? Terutama pagi hari, yang namanya makanan tentu akan laris manis. Di pagi hari banyak orang yang sibuk entah pergi ke kantor, kuliah dan lain sebagainya. Banyak orang yang tidak sempat untuk memasak. 

Dan ini tentunya peluang jika Ibu ingin mendapatkan tambahan penghasilan, Tidak perlu modal banyak, dan makanan pun bisa ibu buat sendiri di rumah. Hal yang perlu ibu perhatikan adalah, menjual makanan yang cocok untuk dikonsumsi di pagi hari. 

Sebaiknya jangan jenis makanan berat namun jual berbagai jenis makanan yang cocok untuk sarapan seperti bubur dan aneka kue. Selanjutnya cari lokasi yang sekiranya dilewati oleh banyak orang. Cari lokasi yang strategis dan mulailah berjualan di sana. 
Pekerjaan Untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Harus Keluar Rumah
Image by pinterest
2. Toko bunga

Wanita identik dengan bunga. Banyak dari kaum hawa yang gemar menanam dan mengoleksi bunga di rumahnya. Hobi yang satu ini nyatanya bukan hanya bisa dijadikan sekedar hobi melainkan juga bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan.

Ibu bisa menyediakan lahan kosong di pekarangan untuk dijadikan sebagai area berjualan bunga. Selanjutnya percantik kebun ibu dan mulailah mencari bibit bunga mulai yang kecil hingga bunga yang telah dewasa. Buat pengunjung tertarik dengan banyaknya varian bunga di toko yang ibu buat.

3. Beternak

Beda dengan bunga, beda lagi dengan beternak. Umumnya beternak diidentikan dengan kaum pria. Namun nyatanya, bisnis ternak ini juga bisa dilakukan oleh wanita terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin melakukan pekerjaan tanpa harus keluar rumah.

Beternak tidak dibutuhkan skill tertentu sehingga setiap orang bisa melakukannya. Akan lebih bagus lagi jika ibu menyediakan pekarangan yang cukup luas untuk beternak. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk menjaga keadaan kandang supaya bersih dengan memperhatikan area pembuangan limbahnya. 

4. Menjadi penulis online

Menjadi seorang penulis online, merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati sekarang ini. Menulis online tidak perlu datang ke kantor karena bisa dilakukan di tempat manapun asal ada koneksi internet dan laptop. Hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang penulis adalah tidak mengcopas artikel dari postingan lain dan buat tulisan yang dibuat memiliki  kualitas baik. 
5. Berkebun

Satu lagi hobi menyenangkan yang bisa menjadi penghasil uang adalah berkebun. Ibu bisa memilih tanaman kebun yang menghasilkan seperti sayur kankung, bayam, terong, pare atau jenis tanaman lainnya yang memberi keuntungan. Untuk berkebun tentu ibu membutuhkan area lahan yang cukup luas untuk menanam beragam sayuran tersebut.

Kerja bukan berarti harus keluar rumah. Terutama untuk ibu rumah tangga, maka yang namanya kerja bisa dilakukan di banyak tempat bahkan di rumah sekalipun. Pekerjaan-pekerjaan di atas bisa ibu jadikan sebagai referensi penambah penghasilan bagi ibu yang tidak ingin sekedar mengandalkan gaji suami semata.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Pekerjaan Untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Harus Keluar Rumah