Baru Makan, Lapar Lagi? Berikut Penyebab dan Cara Menanggulanginya

Lapar lagi, lapar lagi, lapar lagi! padahal anda baru saja selesai makan. Tidak makan, wajar kalau lapar. Tetapi bagaimanakah jika 1-2 jam sudah makan besar, namun masih lapar? Ternyata secara medis ada kondisi tertentu yang harus diwaspadai dan ini bisa sebagai penyebab penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah, yaitu jantung dan stroke.

Apa yang dimaksud adalah apabila anda anda selalu merasa lapar, sedangkan anda sudah makan apalagi makannya baru 1-2 jam. Ternyata, lapar terus setelah makan dikarenakan Lemak Jahat (Trigliserida).

Disaat lemak darah dalam kondisi rendah atau normal, maka rasa lapar itu akan menghilang. Untuk lebih lanjut mengetahui lemak yang ada di dalam darah atau Trigliserida. Nah berikut penjelasannya.

Trigliserida adalah lemak penting didalam darah yang kita perlukan sebagai sumber energi. Bila jumlahnya berlebihan, Trigliserida akan disimpan sebagai candangan lemak. Tingginya kadar Trigliserida sama berbahayanya dengan kolesterol jahat yang dapat memicu resiko penyakit jantung.

Image by liputan6.com

Biasanya kelebihan Trigliserida ini tidak menimbulkan gejala apapun selain penimbunan lemak dibawah kulit yang membuat orang terlihat gemuk. Namun pada penyakit tertentu seperti kolesterol tinggi, diabetes, dan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan tekanan Trigliserida yang bisa memperburuk kondisi penyakit yang diderita.

Itu adalah informasi mengenai lemak didalam darah atau yang bisa kita sebut Trigliserida. Berikut ini yang perlu kita ketahui apa saja penyebab lemak jahat dalam darah.
  1. Tidak berolahraga
  2. Mengkonsumsi lemak jahat
  3. Mengkonsumsi alkohol
  4. Berat badan berlebih
  5. Mengkonsumsi makanan yang tinggi gula
Lemak didalam darah berarti dia menempel dipembuluh darah yang suatu saat akan membentuk plak, akhirnya tersumbat dan aliran darah akan terganggu oleh berbagai macam. Dengan lima penyebab tersebut, itu merupakan kebiasaan anda yang bisa mengakibatkan lemak didalam darah menjadi tinggi. Tentunya ini adalah salah satu dari makin tingginya lemak didalam darah.

Walaupun lima lemak jahatnya menempel pada pembuluh dari, namun jangan khawatir karena tubuh itu punya suatu mekanisme untuk menghilangkan lemak didalam darah dengan sendirinya jikalau kita rajin olahraga dan rajin bergerak.

Jika kita rajin beraktivitas seperti olahraga ringan maupun berat, berlari maka lemak jahat sendirinya akan menghilang. Tapi harus anda ingat, yang namanya kebiasan setiap hari kalau tidak seimbang dengan energi yang dikeluarin itu menyebabkan lapisan lemak diperut sehingga menyebabkan perut buncit. 

Kadar trigleserida ini normalnya adalah sekitar dibawah 150. Dengan demikian, yang harus kita waspadai adalah ketika kadar itu naik menjadi diantara 150-200 segera dilaporkan ke pihak berwajib (dokter). Terlebih penting lagi yaitu anda harus memperbaiki gaya hidup.

Tentunya anda ingin mengetahui gaya hidup seperti apa yang dapat menurunkan lemak atau mencegahnya didalam darah, ini jawabannya.

Proses pencegahannya terdapat di makanan, seperti buah, sayur, dan protein. Salah satunya adalah jenis ikan-ikanan seperti salmon, sarden dan tuna. Kemudian yang kedua adalah sayur-sayuran seperti bayam mengadung serat tinggi yang bertujuan untuk membantu metode metabolisme pembuangan lemak yang ada didalam darah atau perut.

Kemudian adalah kacang merah. Kacang merah ini juga merupakan jenis kacang-kacangan yang mengandung serat seperti bayam. Selepas itu, minyak zaitun (olive oil). Minyak zaitun juga bisa membantu proses mengurangi zat lemak jahat.

Terakhir adalah anggur atau buah-buahan yang berwarna gelap. Buah ini mengandung antioksida yang cukup baik untuk mengurangi dalam darah.

Itulah beberapa solusi untuk anda agar dapat mencegah bahkan mengurangi lemak jahat yang ada didalam dalam darah anda (Triglicerida). Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda kedepannya. Jadi itulah penyebab anda kenapa setiap sehabis makan, lapar lagi walau sudah makan banyak.
...