Thursday, June 9, 2016

Penuaan Dini: Penyebab dan Mengatasinya

Seseorang tentu memiliki kualitas kesehatan yang berbeda-beda dan tampilan yang tidak sesuai dengan usia yang seharusnya. Ciri-ciri terajadinya penuaan diri, dapat terlihat dari gigi yang mulai berkurang, postur badan yang mulai bungkuk, kulit yang mulai berkerut, dan rambut yang mulai rontok.

Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan terlihat lebih tua. Berikut penjelasannya yang sudah kita rangkum!

1. Minum minuman berenergi
Sebagian orang yang mungkin beraktivitasnya terlalu sering yang dapat memicu kelelahan, badan letih dan bahkan mengantuk. Dengan demikian, seseorang mengkonsumsi minuman energi yang bisa membuat energi pulih kembali. Itu merupakan salah satu untuk mengantisipasi kelelahan bagi sebagian orang.

Namun ternyata minuman berenergi memiliki sisi negatif bagi kesehatan tubuh kita. Faktanya minuman berenergi mengandung asam yang sangat tinggi. Bahkan 8 kali lebih bahaya dari minuman bersoda dan ini bisa merusak enamel gigi. Enamel gigi adalah lapisan terluar gigi. Dengan begitu, enamel akan dikikis oleh kandungan energi ini.

Setelah enamel itu kelupas tipis, dia akan merusak dentin atau lapisan yang membangun struktur gigi. Bila mengkonsumsi minuman bernergi ini dalam jangka lama, itu dapat membuat gigi kita ompong.

Solusinya bukan tidak boleh untuk mengkonsumsi minuman berenergi. Tetapi menggunkana sedotan, karena itu dapat membantu meminimalkan kontak langsung minuman dengan gigi.

Image by caratampilcantik.com

2. Postur tubuh
Postur tubuh yang tidak tegak saat mengetik, menulis ataupun melakukan berbagai aktivitas serupa dapat merangsang perubahan struktur tulang dan ini merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

3. Rambut
Ternyata beberapa kebiasaan yang membuat orang terlihat lebih tua dan rambut mudah rontok adalah menyisir rambut disaat rambut masih basah. Karena disaat rambut masih basah itu dapat menyebabkan kerapuhan struktur rambut dan kulit kepala. Jadi itu merupakan rambut menjadi rontok. Untuk lebih baiknya, biarkanlah dulu rambut anda untuk kering sementara.

Masalah jari sisir juga dipermasalahkan dalam informasi yang terkait dalam kerontokan rambut. Untuk menyisir rambut, biasakan menggunakan sisir yang berjari jarang dan jangan terlalu rapat. Walaupun rambut sedang dalam keadaan lepek atau basah, mendingan disisir dengan pelan-pelan.

4. Membersikan muka dengan sabun muka
Terakhir adalah kebiasaan membersihkan muka dan ini cukup banyak yang terjadi pada kaum muda. Keluhannya adalah muka terlihat kering, bahkan jerawat bertambah atau justru malah bertambah berminyak.

Pertama untuk jenis kulit tertentu, misalkan berminyak memang dibutuhkan 2-3 kali untuk membersikan muka. Jenis airnya pun harus diperhatikan, menggunakan air hangat terlebih dahulu untuk membuka pori-pori untuk mengeluarkan minyak yang ada dikulit.

Beda halnya dengan kulit yang tidak berminyak atau normal, itu boleh dengan air biasa. Pastinya masalah pada penuaan dini atau kilit yang kusam segala macam itu dikarenakan radikal bebas. Selain cuci muka, radikal bebasnya pun juga bisa disebabkan oleh sinar matahari.

Jadi untuk mengantisipasinya adalah muka jangan terlalu sering terkena paparan langsung sinar matahari, dengan menggunakan topi atau payung.

Dengan demikian, semoga tips-tips yang kami sajikan mengenai kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan anda terlihat lebih tua itu bisa dirubah untuk kepentingan anda dikemudian hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penuaan Dini: Penyebab dan Mengatasinya