Cara Tepat Mengatasi dan Mengobati Rasa Galau

Sebelumnya kita harus mengerti apa itu galau. Kegalauan adalah kegamangan rasa karena tidak ada kejelasan. Begitu tidak ada kejelasan, kita seperti tidak ada pijakan dan pegangan. Didalam kegamangan ini, orang memilih  menyedihkan diri daripada membangun semangat.

Ada orang yang tidak ada kejelasan, marah terhadap dirinya sendiri, namun langsung bertindak. Tetapi juga ada orang memilih mengalah, merasa menjadi korban karena sudah terbiasa takut mencoba. Orang yang takutnya mencoba adalah orang yang gampang galau.

Dalam melakukan apa-apa menjadi takut, takut mendengar komentar orang lain, takut rugi, takut kurang, takut terjebak, dan itu yang menjadi dia akhirnya tidak bertindak. Beda dengan serba salah itu jelas pilihannya, mau ini gak enak tapi mau itu juga gak bisa. Tetapi dua-duanya itu penting, itulah serba salah. Bertindak akan salah, tapi benar untuk satu. Kalau galau tidak ada, mau bertindak, bergerak, menunda tapi tidak tahu apa yang mau ditunda, itu merupakan terjadinya kegalauan.

Sudah jatuh dalam rasa kegalauan dan kita bingung bagaimana mengatasinya, jika terus-menerus galau itu tidak baik untuk kedepannya. Nah untuk itu kita akan membahas bagaimana cara mengobati rasa galau yang kita alami. Diantaranya adalah berikut:

Image by initips.com

1. Memperbaiki rasa takut

Karena orang berani itu galaunya sebentar atau bahkan tidak pernah galau. Istilahnya begini, kalau nanti dia salah, orang mengkritik atau bahkan menyebar fitnah, dia hadapi. Dengan itu kita mengetahui, bahwa orang berani itu berani bertindak, berani menghadapi masalah tanpa rasa galau.

Jadi obat yang dimaksud adalah, memperbaiki rasa takut menjadi lebih berani. Namun masalah itu ternyata berhenti menjadi masalah saat kita hadapi. Masalah itu membesar kalau kita hindari, seperti dia mengajak keponakannya, pamannya, engkongnya dan itu menjadi lebih besar dan menyiksa. Tetapi masalah itu begitu dihadapi, berhenti sepeti anjing. Saat kita dikejar oleh anjing itu, dan kita berhenti dan menatap matanya, tentu dia akan berhenti.

2. Mengerti akan resiko menjadi besar

Karena orang takut tidak melihat resiko tapi melihat bayangannya, orang takut tidak melihat kerugian, tapi melihat bayangnya. Lihat nyatanya orang galau suka membayangkan. Berarti orang galau menggunakan kreativitas dari imajinasinya untuk membuatnya semakin takut.

Itu sebabnya tindakan untuk keluar seperti melamun, karena orang pelamun nyatanya gampang galau karena terus membuat apa yang dipikirannya menjadi rasa galau. Jadi caranya adalah segera bertindak seperti bergaul dengan orang-orang yang aktif. Kenapa orang humor itu disukai orang? kenapa program di TV dalam kategori komedy itu disukai?

Alasannya, karena itu membuat kita keluar dari kegalauan, menghentikan lamunan. Apalagi kalau dia ikut olaraga, langsung hilang, Karena dia akan menyadari, bahwa apa yang dilakukan dengan kekauatan penuh akan hilang perasaan itu.

Jadi banyak sekali cara-cara yang tidak lazim dalam kehidupan kita yang mengeluarkan kita dari rasa kegalauan. Kesimpulan sederhananya seperti ini: 

Orang itu kalau belum sukses dalam hidupnya, banyak galaunya, banyak menderita, banyak lemahnya, banyak malasnya, banyak suudzon berfikir dan berprasangka buruk terhadap dirinya sendiri maupun orang lain, kehidupan dan tuhan. 

Itu semua ada dalam pola kehidupan dan gimana caranya untuk keluar? Jawabannya adalah membuat pola kehidupan yang baru seperti memiliki teman-teman baru, kebiasaan nonton baru, kebiasaan melakukan hal-hal yang baru dan tentu lagu baru. Mendengar lagu yang sedih lebih baik dihindarkan, karena jika dibiasakan dan dipelihara akan susah untuk keluar dari kehidupan yang menyedihkan.

So, hidup anda dan kualitasnya itu keputusan anda. Semoga apa yang telah beritabaru.id berikan tentang mengobati galau membuat inspirasi hidup anda yang baru dan bermanfaat.
...