Saturday, June 18, 2016

9 Fakta Mengejutkan Tentang Tragedi Kapal Titanic

Titanic merupakan kapal pesiar mewah terbesar dengan fasilitas kelas satu yang tenggelam di Samudera Atlantik Utara beberapa tahun silam. Tenggelamnya kapal Titanic memang menyisakan banyak pertanyaan di berbagai kalangan. 

Mulai dari yang menganggapnya sebagai murni kecelakaan biasa hingga yang menyimpulkannya sebagai ulah dari makhluk-makhluk alien luar angkasa. Kebenaran dari berita tersebut juga masih menjadi pertanyaan banyak orang. Lalu, apa sebenarnya yang terjadi dibalik peristiwa tersebut?

Anda mungkin sudah memiliki jawaban tersendiri untuk pertanyaan tersebut. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa membicarakan kapal mewah yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara ini tidak akan ada habisnya. 

Apalagi jika mengingat penggambaran kejadian ini pada film Titanic yang disutradarai James Cameron. Untuk lebih lanjutnya, anda bisa menyimak 9 fakta-fakta mengejutkan seputar tragedi kapal mewah R.M.S Titanic.

1. Lifeboat Drill yang dibatalkan tiba-tiba oleh sang Kapten Smith

Menurut rencana yang seharusnya, tanggal 14 April 1912 telah dijadwalkan sebagai waktu untuk latihan penyelamatan diri atau lifeboat drill. Tanggal tersebut tepat pada saat kapal mewah ini menabrak gunung es di samudera. 

Akan tetapi karena suatu hal, Kapten Smith membatalkan latihan tersebut. Banyak pihak yang beranggapan bahwa jika latihan ini tidak dibatalkan atau jadi dilakukan, akanada banyak nyawa yang bisa tertolong.
2. Kapal Pesiar Mewah yang sudah menyediakan Surat Kabar Harian

Ternyata Titanic ini memang benar-benar luar biasa, lho. Bayangkan saja bahwa kapal mewah ini telah menyediakan surat kabar khusus. Penumpang yang menggunakan Kapal Titanic dapat menemukan surat kabar yang dicetak secara up to date setiap hari bahkan saat berada di atas kapal. Surat kabar ini memuat berita, hasil pacuan kuda, iklan, gosip, menu makanan hari ini hingga harga saham. Waw, sangat luar biasa bukan? 

Selain surat kabar tersebut, ada juga fasilitas lainnya yang tersedia di Kapal Titanic ini. Fasilitas kelas satu yang tersedia antara lain kebun teh, cafe Parisian, perpustakaan, tempat fitness, ruangan membaca dan menulis, tempat potong rambut, elevator, kandang anjing, kolam renang yang bisa dipanaskan dan lain sebagainya. Itulah mengapa kapal Titanic menjadi salah satu kapal termewah yang pernah ada.
9 Fakta Mengejutkan Tentang Tragedi Kapal Titanic
Image by youtube.com
3. Menjadi kapal pesiar terbesar di dunia yang menabrak gunung es

Fakta mengejutkan lainnya tentang tragedi tenggelamnya Kapal Titanic adalah bahwa kapal mewah ini merupakan satu-satunya kapal yang pernah menabrak gunung es. Sampai saat ini belum ada temuan peristiwa lain dimana kapal menabrak gunung es. Fakta ini menjadi unik karena Kapal Titanic menjadi satu-satunya kapal yang pernah tenggelam dikarenakan menabrak gunung es.

4. Keegoisan Penumpang yang tidak mau memenuhi isi Perahu Sekoci

Sebenarnya jika diperhitungkan, jumlah sekoci yang ada di atas kapal mewah Titanic ini lebih dari cukup untuk bisa menyelamatkan semua orang yang berada di dalam kapal. Hanya saja, setiap sekoci yang ada ternyata tidak terisi dengan penuh. 

Misalnya, sekoci pertama disebut-sebut hanya membawa 24 orang saja padahal bisa memuat sampai 65 orang. Bahkan disebutkan juga bahwa satu sekoci ada yang berisi 12 orang saja. 

5. Kurang Tanggap Sinyal Bahaya dari Kapal Californian

Saat mengirim sinyal bahaya, Titanic ternyata berada lebih dekat dengan Kapal Californian dibanding dengan Kapal Carpathia. Akan tetapi, saat Titanic mengirimkan sinyal tersebut, Kapal Californian tidak lah merespons hingga akhirnya kapal tersebut tidak sempat atau terlambat untuk membantu. 

Padahal diketahui bahwa ada awak kapal Californian yang melihat tanda bahaya yang dikirimkan Titanic dan kemudian berencana membangunkan kapten kapal untuk memberitahukan hal tersebut.

Sayangnya, operator nirkabel dari kapal Californian tersebut sudah tidur. Dan akhirnya, kapal tersebut tidak tahu bahwa tanda bahaya yang dikirimkan tersebut berasal dari Titanic. 

Sampai pagi hari ketika kapal Carpathia membantu proses evakuasi korban Titanic yang masih bisa diselamatkan, banyak yang beranggapan jika kapal Californian saat itu menanggapi sinyal bahaya yang ada tentu tidak akan ada banyak sekali korban dari tragedi tenggelamnya Titanic ini. 

6. Titanic hanya memiliki tiga cerobong asap saja

Bila anda sudah pernah melihat tampilan kapal Titanic, anda akan menemukan kapal ini memiliki empat cerobong asap dengan warna krem dan hitam. Ada tiga cerobong asap yang berfungsi untuk mengeluarkan uap dari ruang boiler dan kemudian cerobong asap keempat hanya digunakan sebagai pemanis saja. 

Saat itu, desainer kapal mewah ini percaya bahwa empat cerobong asap yang ada pada Titanic akan membuatnya terlihat lebih berkesan. Oleh karena itu, dibuatlah empat cerobong asap pada Titanic.
7. Adegan dimana para pemain musik terus memainkan alat musik persis seperti dalam Film Titanic

Jika anda sudah pernah melihat film Titanic, kamu tentu akan menemukan adegan dimana para pemain musik terus memainkan alat musik mereka bahkan saat kapal mulai tenggelam. Adegan yang mengharukan dan mengesankan ini sebenarnya bertujuan untuk menenangkan penumpang yang berada di dalam kapal. 

Ternyata kejadian yang digambarkan dalam film tersebut benar-benar terjadi. Pada saat itu, pemain musik yang ada di atas kapal Titanic diharuskan memainkan alat musik mereka selama waktu satu jam mulai dari kapal menabrak bongkahan es.

8. Keberadaan letak Bongkahan es yang tertabrak Kapal Titanic sudah ada sejak 1000 tahun sebelum peristiwa naas itu terjadi

Fakta unik lainnya adalah fakta bahwa bongkahan es yang ditabrak Titanic di Samudra Atlantik adalah bongkahan es yang sudah ada sejak 1000 tahun lalu sebelum masehi. Bongkahan es yang fenomenal ini memang disinyalir telah mengapung di samudera sejak lama.

tragedi kapal titanic
9. Kisah Pengusaha Cokelat Terkenal Milton Hershey yang Beruntung Selamat dari Kecelakaan Titanic

Jika kamu mengenal pencipta coklat yaitu Milton Hershey, ternya ia juga memiliki tiket yang digunakan untuk menaiki kapal Titanic. Pada saat itu, Hershey memang memegang tiket yang bisa ia gunakan untuk menaiki kapal yang sangat mewah kala itu tersebut. Namun, ada suatu hal yang terpaksa harus ia lakukan dan kemudian memilih untuk membatalkan rencana untuk naik kapal Titanic. 

Bagaimana? Fakta-fakta yang cukup unik dan juga menarik, bukan? Kesimpulannya, seberapa pun mewah dan kuatnya sebuah kapal bahkan yang disebut tidak akan tenggelam pun tetap bisa mengalami kecelakaan seperti Titanic ini. 

Itulah informasi menarik tentang tragedi kapal titanic yang sangat terkenal sebagai kapal pesiar mewah terbesar di dunia,kisah tragisnya tak hanya menjadi kenangan sejak jaman dahulu kala. Sampai kini pun peristiwa mengerikan tersebut masih membekas dalam memori orang-orang yang pernah mengalami langsung dalam peristiwa tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Fakta Mengejutkan Tentang Tragedi Kapal Titanic