Sunday, May 29, 2016

Tempat Wisata Kulon Progo Yang Wajib Kamu Datangi

Ingin berwisata namun tidak tahu tempat mana yang dituju? Jika kamu berada di Jogja atau berniat ke Jogja sebaiknya kamu mengunjungi tempat wisata di kulon progo. Kenapa harus ke kulon progo? Karena di situ banyak terdapat lokasi wisata menarik yang sangat sayang apabila terlewatkan begitu saja. 

Terlebih bila kamu sudah jauh-jauh datang ke Yogyakarta alias Jogja. Lantas, wisata apa saja yang terdapat di kulon progo ini? Berikut akan saya share beberapa referensi enam tempat wisata kulon progo yang sangat menarik dan wajib untuk kamu kunjungi. 

1. Pantai Glagah

Lokasi pantai glagah ini terletak sekitar 40 km di Yogyakarta atau jika kamu berangkat dari Wates, maka jaraknya berkisar 15 km. Wisata ini bisa dikembangkan lebih lanjut untuk destinasi wilayah yang lebih menarik dan asik tentunya. Terutama saat musim libur tiba, pantai glagah banyak dikunjungi oleh turis manca maupun turis dari dalam negri.

2. Pantai congot

Pantai congot ini berdekatan dengan Pantai Glagah. Jika kamu berada di Pantai Glagah, sebaiknya sempatkan diri untuk berkunjung pula di pantai congot. Karena sayang jika kamu yang sudah begitu dekat dengan pantai ini, malah tidak sempat berkunjung di sana.

Berada di congot, kamu akan menjumpai beberapa aktivitas nelayan seperti menjahit jaring atau bahkan membenahi perahu.

3. Pantai Trisik

Pantai Trisik menjadi wisata andalan yang berada di kulon Progo. Dengan pemandangan serta hamparan pantai yang menawan, pantai ini terlihat lebih eksotik dengan pasirnya yang bewarna hitam. Pantai Trisik dibatasi oleh muara sungai Progo yang juga merupakan sungai besar di Yogyakarta. 

Berada di Trisik, kamu akan lihat banyaknya perahu nelayan yang ada di sana. Tidak heran, mengingat sejak dulu, pantai ini merupakan pantai transit bagi nelayan setempat. Pada waktu- waktu tertentu, kamu bisa menyaksikan keseruan para nelayan yang tengah mencari ikan di sana.
Tempat Wisata Kulon Progo
Photo: Copyright cahyogya.com
4. Waduk Sermo

Wisata air di kulon Progo bukan hanya ditemukan pada pantainya saja melainkan juga di destinasi waduknya. Waduk Sermo kulon progo, berlokasi di atas perbukitan yang berada di desa Hargowilis, Yogyakarta. 

Pemandangan Waduk sermo, begitu indah dengan udara yang sejuk sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. 

5. Puncak Suroloyo

Merupakan tanah tertinggi yang terdapat di deretan perbukitan menoreh.  Puncak Suroloyo menjadi primadona dengan pemandangan langka yang begitu menawan jika dilihat dari ketinggian. Mengamati pemandangan dari atas, bukan hanya menyuguhkan pemandangan yang menarik wilayah Jogja, kita juga akan disuguhi pemandangan Magelang langka dengan candi Borobudur di dalamnya. 

Berada di Puncak Suroloyo, kita juga bisa menyaksikan keindahan 5 gunung jawa tengah yaitu gunung Merbabu, gunung Sindoro, gunung Sumbing, gunung Merapi dan gunung Ungaran.

Selain keindahan alam yang menarik, gunung suroloyo juga bisa dijadikan tempat upacara adat seperti upacara Jamasan usaka tombak kyai manggolo murti dan upacara songsong manggolo dewo yang berlokasi di sendang kawidodaren.
6. Kalibiru

Bagi kamu yang gemar berfoto ria, maka kali birulah tempatnya. Berada di kalibiru membuatmu bisa berkunjung di salah satu spot unik untuk berfoto yakni di atas hutan pinus. Lokasi ini begitu istimewa dengan keberadaan liuk indah waduk sermonya.

Berkunjung di Kalibiru memang tidak terlalu sulit namun butuh kehati- hatian yang ekstra. Hal ini dikarenakan, tanjakan- tanjakan yang harus diperhatikan. Hal Ini juga yang menjadi alasan untuk menggunakan kendaraan dengan kondisi prima saat berada di sana. 

Beragam wisata di kulon rogo di atas, bisa kamu nikmati di kala liburan dengan keluarga atau orang- orang tercinta. Hayoo tunggu apalagi, segera buat jadwal rencana tujuan kamu untuk pergi berlibur sehabis lebaran ini ataupun akhir tahun 2016.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tempat Wisata Kulon Progo Yang Wajib Kamu Datangi