Tempat Wisata di Palembang yang Paling Keren

Bingung? Mencari referensi tempat wisata di Palembang yang jadi favorit dan paling banyak dikunjungi orang. Jangan sampai liburan anda menjadi sia-sia karena tidak sempat mampir ke berbagai tempat pariwisata menarik di Palembang. 

Mulai dari pusat kota palembang sampai, objek wisata, makanan kuliner sampai tempat nongkrong yang seru di Ibu Kota Sumatera Selatan ini. Baiklah, berikut kami berikan daftar 8 tempat wisata keren di Palembang yang wajib anda kunjungi

1. Air Terjun Lematang Indah

Ingin menikmati suasana asri keindahan desa di Palembang? Pagar Alam adalah jawabannya. Ditempat ini ada Air terjun Lematang Indah yang selalu jadi tujuan poluler oleh para wisatawan. Begitu eksotiknya saat kita berada dibawah air terjun lematang yang tidak terlalu tinggi ini hanya sekitar 40 meter saja. 
tempat wisata paling keren palembang
Photo: Copyright gosumatra.com
Tapi untuk soal kesejukan udara heeem begitu segarnya, benar-benar masih bersih dan alami. Kalaupun anda tidak suka bermain air bisa berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan alamnya, seperti tidak ada bosannya untuk terus mendatangi tempat ini. 

Tertarik untuk berkunjung ke Air Terjun Lematang Indah? Cukup membayar harga tiket sebesar 4 ribu rupiah per orang.

2. Taman Kambang Iwak

Sebagai History peninggalan jaman penjajahan Belanda. Taman Kambang Iwak memang memiliki aura berbeda saat kita berkunjung ke tempat ini. Konon menurut cerita orang dulu, pembuatan Taman Kambang Iwak memang diperuntukkan sebagai tempat rekreasi keluarga Belanda yang menetap di Indonesia.
Photo: Copyrigth touristnyasar.com
Tak hanya sebagai objek parawisata saja, hampir setiap hari tempat ini juga menjadi tujuan favorit bagi orang-orang yang berolahraga, dari sekedar berjalan-jalan sampai berlari pagi ditempat ini. Disana pun ada sebuah kolam berukuran 800 meter dan biasa dijadikan tempat nongkrong asyik bagi para remaja Palembang. 

Selain itu juga ada berbagai tempat permainan serta banyak restoran yang menyajikan makanan khas kuliner Palembang. Ingin mengunjunginya? Silahkan datang tidak dipungut bayaran sama sekali alias gratiss.

3. Jembatan Ampera 

Jembatan Ampera memang sudah lama dikenal sebagai Landmark kota Palembang. Lebih dari 27 persen wisatawan manca negara dari traveler lokal sampai asing mendatangi tempat ini. 

Memiliki panjang 1.117 meter dengan kelebaran 22 meter, sepertinya sangat wajar keindahan Jembatan Ampera memegang nomor satu tempat wisata paling keren dan menarik yang selalu jadi tujuan liburan di Palembang.

History pendirian Jembatan Ampera sendiri memang diresmikan langsung oleh Presiden pertama kita yakni Soekarno pada tahun 1965 dan mendapatkan predikat sebagai Jembatan terbesar se Asia Tenggara pada jaman itu. 
Photo: Copyrigth atjehpost.com
Fungsi jembatan ampera adalah sebagai penghubung antara daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisah oleh Sungai Musi. 

Namun jembatan ini sudah beralih fungsi tak hanya sebagai penghubung tapi juga sebagai tempat nongkrong para kawula muda anak-anak Palembang. Pokoknya kalau datang ke Palembang belum menyempatkan diri Nongkrong di Jembatan Ampera, berarti belum pernah datang ke Palembang hehehe. 

Oh iya lupa, saat berkunjung ketempat ini tidak usah takut kelaparan karena banyak sekali terdapat warung kuliner yang menjajakan makanan khas traditional kota Palembang mulai dari Pempek, Pindang Patin, Celimpungan dan berbagai aneka makanan lezat lainnya.

4. Pulau Kemaro 

Anda pernah mendengar Sungai Musi? Nah ditengah-tengahnya ini ada sebuah pulau yang cukup besar dan biasa dijadikan destination para Traveler. Pulau ini dikenal dengan nama Kemaro atau Kemara. Nama tersebut diambil karena walaupun berada di tengah sungai, tapi pulau ini tidak pernah banjir atau selalu kamerau.

Pulau Kemaro memang mendapatkan tempat tersendiri di hati wisatawan. Pulau ini berada di urutan nomor dua paling populer setelah Jembatan Ampera yang diketahui lebih dari 23 persen para wisatawan selalu berkunjung ke tempat ini.

Salah satunya wisatawan Asing dari Filipina yang memilih tujuan wisata Pulau Kemaro adalah Mamang Dudung. Dalam akun Twitternya ia berkicau, 'Destinasi di Palembang yang paling keren itu Pulau Kemaro. Berasa di negeri China di sana tuh.

Ada juga bule asal depok Mamang Dadang yang berkomentar di Facebook, Pulau Kemaro, tanggal 10 nanti (Tahun Baru China) dijamin ramai wisatawan.
Photo: Copyright indonesia.travel
Memang benar, jika datang ke pulau ini, nuansa Tionghoa terasa begitu kental, cocok untuk salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi menjelang Imlek mendatang. Hal ini bisa dilihat dari adanya pagoda besar dan klenteng. Selain itu, Pulau ini juga punya pohon cinta dan makam Siti Fatimah, mantan putri Raja Palembang.

Klenteng yang berada di Pulau Kemaro bernama Klenteng Hok Tjing Rio. Warna klenteng yang merah menantang di antara pepohonan hijau, membuatnya mudah ditemukan. 

Jika berjalan ke sisi lain pulau, Anda bisa menemukan pagoda 9 lantai. Pagoda inilah yang menjadi daya tarik Pulau Kemaro. Pagoda ini dibangun pada tahun 2006. Saking tingginya, membuat pagoda tersebut tampak sangat menjulang di tengah pulau.

5. Sungai Musi 

Nah setelah kita berjalan-jalan dari Pulau Kemaro saatnya kini mampir ke Sungai Musi. Sungai berukuran gede banget ini yang memiliki panjang 750 km memang menjadi destinasi wisata wajib yang harus anda datangi. 
Photo: Copyright sumatratour.org
Tak lengkap rasanya jika tidak berkeliling ke salah satu tempat Pariwisata Andalan kota Pempek ini. Jika ingin menikmati suasana keindahan sungai Musi, kita bisa menggunakan Ketek. Hah Ketek? Eitss jangan salah kaprah dulu ketek yang ini artinya perahu kayu tradisional khas adat Palembang. 

Ingin mencoba petualangan bersama Ketek ini kita cukup menemui dermaga kecil yang berada di bawah Jembatan Ampera. Soal tarif harga dijamin murah banget, kita bisa nego langsung dengan penyewa perahu ketek. Apalagi anda tipe orang bawel pasti dikasih murah loh.

6. Benteng Kuto Besak 

Jangan pernah melupakan sejarah! Jika anda berkunjung ke tempat wisata di Palembang wajib untuk datang ke Benteng Kuto Besak. Lebih dari 16,5 persen para wisatawan lokal memilih tempat favorit di Kota Palembang ini.

Kuto Besak sendiri merupakan bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. 
Photo: Copyright jalankemanagitu.com
Adanya di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, atau sekitar 1,5 km sebelah barat laut Jembatan Ampera. Selain gedung tua yang masih megah, wisatawan sudah pasti bisa menyaksikan indahnya Sungai Musi, karena Benteng Kuto Besak berada di tepiannya.

Saat sore hari, pemandangan makin indah. Sunset yang berkilauan di permukaan sungai terlihat makin sempurna dengan hiasan Jembatan Ampera di dekatnya.

7. Gelora Sriwijaya 

Jika di Jakarta punya Gelora Bung Karno, maka Palembang juga punya Gelora Sriwijaya yang sangat terkenal di Jakabaring. Lokasi ini memang digunakan sebagai sentra olahraga di Palembang dan ternyata juga selalu menjadi tujuan wisata favorit para turis. 
Photo: Copyright rmolsumsel.com
Selain menjadi pusat olahraga, ternyata kawasan ini juga digunakan sebagai tempat berwisata. Di sini ada sebuah danau yang biasa menjadi lokasi bersantai para turis lokal.

Danau ini menjadi salah satu venue untuk cabang olahraga ski air pada Sea Games tahun 2011 lalu. Di sekitarnya terdapat bangku-bangku taman yang asyik untuk nongkrong di sore hari. Selain bisa menikmati pemandangan danau yang asri, Anda juga bisa olahraga sambil berlari-lari kecil di sekelilingnya.
8. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Tak kalah keren dengan Taman Kambang Iwak. Palembang juga mempunyai hutan wisata paling keren berjarak 7 km dari Kota Palembang. Mungkin ini satu-satunya Hutan yang dijadikan objek tempat wisata, namanya Taman Hutan Wisata Punti Kayu sekaligus mendapat peringkat sebagai hutan pinus paling terbesar di Indonesia. 
tempat wisata di palembang
Photo: Copyright infopalembang.id
Biasanya tempat wisata keren ini selalu dijadikan tujuan rekreasi keluarga bagi masyarakat asli Palembang dan wisatawan lokal. 

Ukuran taman hutan ini sungguh besar, luasnya lebih dari 50 hektar. Berbagai macam hiburan bisa kita nikmati ditempat ini mulai dari kebun binatang sampai penangkaran buaya liar dan berbagai fasilitas tempat berenang. 

Tak hanya itu saja di Taman Hutan Wisata Punti Kayu ada wisata seru lainnya yakni bermain perahu, piknik, atraksi gajah, menunggang kuda dan berbagai macam hiburan lainnya. Harga tiket masuk Taman Hutan Wisata Punti Kayu pun sangat murah dan terjangkau buat kita. 

Hanya 5 ribu rupiah saja, dibuka mulai dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Pemirsa beritaterbaru.id itulah delapan tempat wisata di palembang paling keren dan paling seru, anda wajib untuk berkunjung bersama keluarga anda.

...