Khasiat Air Rebusan Pisang untuk Kesehatan, Khususnya Insomnia

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang bisa disebabkan oleh stres, kecemasan dan depresi. Jika sudah begitu, banyak orang yang lantas mengonsumsi obat tidur sebagai jalan pintasnya. Namun sayangnya, obat tidur bukanlah solusi tepat untuk mengatasi gangguan tidur yang kamu alami. 

Obat tidur bisa menimbulkan efek samping seperti ketagihan serta memicu datangnya jenis penyakit yang mematikan. Jika kamu tidak ingin menanggung dampak buruk dari konsumsi obat tidur, maka kamu bisa menggunakan cara alami yang tentu lebih aman untuk dilakukan. 

Salah satu cara alami dan praktis yang bisa dilakukan adalah dengan meminum air rebusan buah pisang. Sebuah penelitian menyatakan jika rebusan kulit pisang bisa meningkatkan hormon serotonin yang dapat memicu perasaan bahagia pada seseorang. Cara menggunakan buah pisang untuk mengatasi insomnia, bisa dilakukan dengan mudah dengan waktu pembuatan yang cepat pula. 

Banyak yang mengatakan jika teh buah pisang memiliki rasa yang mirip dengan teh bunga chamomile namun dengan sedikit aroma pisang di dalamnya. Teh pisang terlebih di bagian kulitnya memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Bukan hanya magnesium namun kandungan kalium dalam teh juga cukup mumpuni. 
Khasiat Air Rebusan Pisang untuk Kesehatan, Khususnya Insomnia
Photo: Copyright telegraph.co.uk
Magnesium merupakan salah satu zat baik yang berguna untuk mencegah gangguan tidur. Jika magnesium dan kalium digabungkan menjadi satu, maka kombinasi ini dapat membantu mengendurkan otot yang tegang sebelum anda tidur. Alhasil tubuh pun bisa menjadi lebih rileks.
Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat teh pisang ini adalah dengan memilih jenis pisang yang organik dan yang pasti tidak mengandung bahan kimia di dalamnya. Inilah kenapa, akan lebih baik bagi anda untuk mengambilnya secara langsung di pohon tanpa melalui perantara swalayan atau pun toko. 

Cara membuat teh pisang

Bahan- bahan yang diperlukan:

1 buah pisang organik
1 panci kecil air
Sejumput bubuk kayu manis

Cara membuat:

Potong pisang menjadi 2 atau bisa pula 3 bagian ( tidak perku dikupas terlepas dahulu )
Masukkan potongan pisang ke dalam panci dengan air yang telah mendidih 
Tunggu selama 10 menit
Tuang air ke dalam gelas
Gunakan saringan supaya bersih
Sebagai pelengkap rasa, tambahkan bubuk kayu manis ke dalamnya

Kamu bisa mengonsumsi teh pisang satu jam sebelum beranjak tidur. Dibandingkan dengan obat tidur, penggunaan buah pisang tentu lebih sehat dan yang pasti mampu memberi aroma dan rasa unik tersendiri bagi anda penggemar teh. 

Penggunaan obat tidur untuk mengatasi gejala insomnia, bisa membuat kesehatanmu menurun, terlebih jika kamu nekat mengonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang. Obat tidur hanya memberi efek sejenak dan tidak dalam waktu yang lama. 
manfaat pisang untuk insomnia
Photo: Copyright trendingpinoyvideos.com
Obat tidur merupakan obat penenang sementara dan bukannya untuk mengatasi gangguan tidur apalagi insomnia. Sekali mencobanya, kamu bisa ketagihan. Beberapa efek dari obat tidur antara lain adalah menurunkan kemampuan kognitif yang biasanya ditandai dengan kesulitan dalam mengingat sesuatu. Inilah kenapa sebaiknya kamu menggunakan air rebusan buah pisang untuk mengatasi insomniamu.

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang digemari oleh banyak orang karena memiliki rasa yang enak, mampu membuat kenyang dan yang pasti memiliki nilai gizi yang tinggi. Buah pisang juga dikenal sebagai buah yang merakyat dengan harga beli yang murah. Alhasil semua kalangan masyarakat, tentu bisa menikmatinya.

...