Kehidupan Sederhana Susno Duadji di Kampung Halamannya

Luar biasa memang Bapak Jenderal kita ini. Tanpa merasa canggung sedikitpun ia sudah bisa berinteraksi sosial di kampung halamannya Pagaralam, Palembang. Tak hanya sibuk berprofesi sebagai Petani yang menggarap sawah warisan orang tuanya saja. 

Untuk keperluan hidup sehari-haripun Bapak Susno Duadji rela berangkat sendiri untuk belanja ke pasar. Ingin tahu penampilan sederhana Susno Duadji, sang mantan Jenderal Bintang Tiga ini? Berikut foto-foto selengkapnya:

Hanya berbekal sandal jepit sederhana dan kaos oblong. Bapak Susno keluar dari Angkot pedesaan. Dan sesampainya dipasar iapun membeli kebutuhan sehari-hari, mulai dari petai, ikan maupun daging ayam di tempat pasar tradisional tersebut. 

Ketika ia berbelanja banyak para pedagang pasar yang begitu akrab dengan beliau, tanpa sungkan beliau pun membalas dengan senyuman ramahnya. Sesekali bapak susno tampak bercanda dengan para pedagang pasar.
Kehidupan Sederhana Susno Duadji di Kampung Halamannya
Photo: Copyright susno duadji instagram
Pasar Inpres Tradisional itu memang sudah jadi langganan setiap harinya untuk ia datangi berbelanja. Dan seringkali masyarakat yang akrab dengan wajah beliau memintanya untuk berfoto selfie bersama. Menanggapi hal tersebut, beliau dengan senang hati menyanggupi permintaan mereka.

Foto berikutnya saat Susno Duadji sedang menggarap lahan pertanian milik pemberian dari kedua orang tuanya. Lahan sawah yang berlokasi di Pagaralam, Sumatera Selatan tersebut ia garap sendirian tanpa membayar petani pekerta ataupun meminta bantuan tetangganya. 

Tak ada yang istimewa dalam penampilan Susno Duadji. Pakaian yang dikenakannya pun sama seperti penampilan para petani lainnya. Nampak dalam senyum beliau, ia begitu bahagia dengan kehidupan barunya sebagai petani di kampung halaman. Seperti ada rasa damai yang penuh diwajahnya. Luar biasa yah !

Saat sedang dihampiri pun, Bapak Susno tanpa segan turun langsung berbecek-becekan di sawah miliknya untuk memastikan benih padi yang sudah ia tanam dapat tumbuh dengan baik. Terlihat juga ia sedang mencangkul tanah agar irigasi air dapat berjalan lancar dan mengairi setiap padi disawahnya.
Kehidupan Sederhana Susno Duadji di Kampung Halamannya
Photo: Copyright susno duadji instagram
Namun menurut Bapak Susno Duadji sendiri selama ia berpengalaman menjadi Petani. Satu-satunya kesulitan yang dihadapi oleh para petani menurut beliau hanyalah persediaan harga gabah yang terbilang cukup mahal, dan ini tidak sebanding dengan ongkos produksi, termasuk ongkos garap dan pembelian benih, obat-obat penyubur serta pupuk padi.

Para petani bukanlah mengharap subsidi bantuan dari pemerintah melainkan berharap agar harga beras dan gabah sebanding dengan ongkos produksi. Semoga permasalahan ini segera diupayakan solusinya, ungkap bapak Susno Duadji.

...