Sunday, May 22, 2016

Kandungan Serta Khasiat Telur Puyuh Yang Jarang Diketahui

Berbicara mengenai menu sehat andalan ibu di rumah, maka telur menjadi salah satunya. Beragam jenis telur seperti telur ayam, telur bebek atau mungkin telur puyuh bisa dikonsumsi dengan banyak cara seperti, ditumis, di buat telur bacem atau mungkin digoreng. Terlepas dari bagaimana cara memasak telur. Telur nyatanya memiliki begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan  jika secara rutin dikonsumsi. 

Jika kamu belum tahu kandunagn apa saja dalam sebuah telur, berikut ini merupakan detail kandungan gizi yang terdapat pada telur yang setiap hari kamu makan. 


• Protein  sebanyak 13, 1 g
• Energi sebanyak 168 kkal
• Riboflavin sebanyak 0,478 mg
• Lemak sebanyak 11, 1 g
• Natrium sebanyak 141 mg
• Karbohidrat sebanyak 1,0 g
• Kolin sebanyak 263, 4 mg
• Kalsium sebanyak 64 mg
• Besi  3,65 mg
• Fosfor sebanyak 226 mg
• Kolesterol sebanyak 844 mg
• Seng sebanyak 1,47 mg
• Vitamin E sebanyak 1,08 mg
• Vitamin A sebanyak 543 IU
• Magnesium sebanyak 13 mg
• Thiamin 0,069 mg
• Vitamin K sebanyak0,3 mkg
• Mangan sebanyak 0,038 mg
• Tembaga sebanyak 0,062 mg
• Niasin sebanyak 0,07 mg
• Lutein + zeaksantin 369 mkg

Data diatas, berdasarkan dari tiap 100 gram telur. Kandungan energi dalam telur puyuh terdapat 168 kkal yang bisa membantu mencukupi kebutuhan energi harian anda. 

Kandungan Serta Khasiat Telur Puyuh
Photo: Copyright nbdailystar.com
Meski demikian, kamu tetap harus melengkapi kebutuhan energi dengan mengonsumsi jenis bahan makanan yang lain supaya tubuh tetap bertenaga. Di dalam telur puyuh, juga terdapat kandungan protein yang nyatanya lebih besar jika dibandingkan dengan telur ayam. 

Protein dalam telur berperan dalam pembangunan jaringan sel, sebagai cadangan energi, serta berkontribusi dalam mendukung peningkatan kecerdasan seseorang. Selain itu, telur juga membantu sel dalam pembentukan RNA serta DNA dalam tubuh manusia. Hal  ini juga menjadi alasan kenapa telur puyuh bagus untuk meningkatkan kecerdasan janin dalam tubuh. sehingga bagus buat bumil.

Hati-Hati Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Telur Mentah

Telur memang memiliki banyak vitamin dan mineral yang bagus bagi tubuh. Namun sebaiknya, tidak membiasakan diri dengan mengonsumsi telur mentah. Mengonsumsi telur mentah merupakan salah satu kebiasaan yang dianggap sebagai jamu. 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan stamina terutama bagi binaragawan. Namun nyatanya, kebiasaan ini beresiko meningkatkan infeksi bakteri salmonella di dalam tubuh. Bakteri salmonella merupakan bakteri yang dapat menganggu kesehatan pencernaan. Konsumsi telur mentah memang kurang bagus untuk tubuh namun beda jika yang dikonsumsi adalah telur puyuh. 

Bakteri salmonella tidak dapat hidup di dalam telur puyuh karena suhunya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam. Inilah kenapa konsumsi telur puyuh mentah lebih aman dibandingkan dengan telur ayam mentah. Meski demikian, sebaiknya cuci telur puyuh yang akan dikonsumsi menggunakan air panas terlebih dahulu
Khasiat Telur Puyuh Buat Kesehatan Tubuh 

Mengonsumsi telur puyuh secara rutin juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Bukan hanya itu, namun konsumsi telur puyuh juga mampu melancarkan proses metabolisme sehingga tubuh akan senantiasa fit dan jarang terkena penyakit. 

Keunggulan lain dari telur puyuh adalah tidak mengandung kolesterol jahat melainkan mengandung kolesterol baik yang cukup tinggi. Tidak seperti jenis telur lain yang bisa menimbulkan alergi, konsumsi telur puyuh tdak membuat alergi bahkan sebaliknya mampu mengatasi gejala alergi yang muncul. Sebab, telur puyuh mengandung ovomucoid yang berguna sebagai anti alergi. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kandungan Serta Khasiat Telur Puyuh Yang Jarang Diketahui