Wednesday, May 4, 2016

6 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa

Mengalami bau mulut selama menjalankan ibadah puasa merupakan sesuatu yang lumrah, yang di alami oleh semua yang menjalankan Ibadah puasa. Walaupun begitu, tentunya kita tetap merasa tidak nyaman bukan.

Bau kurang sedap pada mulut ini dipicu oleh berkurangnya jumlah air liur selama tidak makan dan minum, serta kondisi mulut yang kurang bersih.

Lantas bagaimana cara mengatasi bau mulut, terlebih saat sedang menjalankan Ibadah puasa? Baiklah, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, semoga bermanfaat.


1. Banyak Minum Air Putih

Apabila kamu sedang puasa dan mengalami bau mulut yang kurang sedap, sebaiknya kamu mulai menambah konsumsi air putih. Selama menjalani ibadah puasa, kamu harus tetap minum air putih sejumlah 8 gelas per hari. 

Caranya adalah dengan mengatur jadwal minum yang tepat, yaitu pada waktu sahur minum air putih 2 gelas, saat berbuka puasa 2 gelas, dan setelah berbuka dilanjutkan dengan 4 gelas air putih. Sehingga kebutuhkan air dalam tubuh kamu selama puasa tetap terpenuhi.

2. Makan Buah dan Sayur

Nah, salah satu cara handal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi bau mulut ketika menjalankan puasa adalah dengan memperbanyak makan buah dan sayur. Kandungan yang terdapat pada buah dan sayur dapat meningkatkan jumlah air liur di dalam mulut.

Bertambahnya air liur itulah yang dapat menghilangkan bakteri pemicu bau pada mulut kalian. Buah-buah yang saya sarakan adalah stroberi dan apel. Kamu bisa mengonsumsinya ketika berbuka puasa dan saat sahur.

3. Menggosok Gigi secara Rutin

Langkah yang tidak boleh kamu lewatkan adalah tetap menjaga kesehatan mulut selama menjalankan ibadah puasa. Minimal, kamu harus menyikat gigi sebanyak dua kali yaitu pagi dan malam. Selain itu, kamu bisa menambah frekuensi sikat gigi setiap kali setelah makan.

Selain menggunakan pasta gigi, kamu juga bisa membersihkan mulut dan gigi dengan menggunakan siwak seperti yang telah disampaikan pada syariat Islam. Siwak memang dipercaya dapat menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dengan sangat baik.

Photo: Copyright phuket-dantal.com
4. Jangan Makan Makanan yang Menyengat dan Lengket

Selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kamu menjaga menu makanan yang dikunsumsi setelah adzan maghrib sudah berkumandang. Beberapa makanan menyengat yang dapat membuat mulut kamu beraroma kurang sedap adalah bawang merah, bawang putih, dan petai.

Sedangkan jenis makanan yang lengket seperti kue basah, biskuit, coklat dan sebagainya. Sebab, makan yang lengket akan menempel di muut dan cukup sulit untuk kamu bersihkan dengan menggunakan sikat gigi. Sisa makanan yang terlalu lama menempel di mulut dan menjadi penyebab mulut kamu menjadi bau.

5. Hindari Merokok

Selama menjalankan puasa, tetu kamu tidak akan merokok karena mematuhi hukum Islam yang telah ditentukan. Namun, terkadang setelah adzan maghrib, kamu seakan mendapatkan kesempatan untuk merokok sepuas-puasnya hingga tidak meyadari jumlah rokok yang telah dihisap.

Sebaiknya kamu mengurangi atau menghentikan aktivitas merokok. Selain berbahaya untuk kesehatan, rokok juga dapat meninggalkan bekas warna pada gigi dan menyebabkan mulut beraroma tidak sedap. Jika terpaksa untuk merokok, sebaiknya kamu selalu menggosok gigi usai menghisap batang-batang rokok tersebut.
6. Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga dapat membuat bau mulut hilang? Benar sekali, bahwa olahraga memang sangat baik untuk  kesehatan tubuh kita, serta dapat menghilangkan bau mulut dengan cara yang sederhana.

Selama berpuasa, kamu sangat disarankan menjalankan olahraga sekitar 30 menit saat menjelang berbuka puasa. olahraga teratur terbukti dapat mengeluarkan semua racun-racun di dalam tubuh termasuk kuman-kuman yang menjadi pemicu bau pada mulut selama berpuasa.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat saya bagikan untuk mencegah bau mulut selama menjalankan puasa.  Selamat mencoba. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa