Tuesday, May 31, 2016

Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Sama Sekali

Apakah penyakit darah tinggi bisa diobati tanpa menggunakan obat-obatan sama sekali? Jawabannya tentu saja bisa, tapi anda harus rajin untuk melakukan metode pengobatan secara alami ini. Penyakit darah rendah ataupun darah tinggi memang sudah menjadi hal umum pada gaya hidup masyarakat perkotaan di jaman modern. 

Banyak pemicunya yang membuat penyakit darah tinggi ini muncul mulai dari pola makanan, stress, beban pikiran ataupun faktor keturunan. Daripada kita mencari-cari letak kesalahan, lebih baik kita mencari tahu bagaimana cara mengobati tekanan darah tinggi tanpa obat, dan tentu saja semua bahan-bahan alami ini bisa mudah anda temukan dirumah. 

Awas loh! jangan pernah meremehkan penyakit satu ini, sebab darah tinggi sudah lama dikenal sebagai salah satu biang keladi penyebab sakit stroke, yakni gangguan pembuluh darah yang bisa membuat penderitanya mengalami cacat tubuh permanen bahkan kematian mendadak.

Pemirsa beritaterbaru.id, silahkan anda mencoba untuk melakukan berbagai macam tips jitu mengatasi tekanan darah tinggi paling cepat dibawah ini. 

Mengatur Pola Tidur, Minimal 7 jam dalam Sehari

Tahukah anda salah satu penyumbang terbesar dari penyakit darah tinggi disebabkan karena kurangnya pola tidur yang tidak teratur. Menurut penelitian medis kesehatan, seseorang yang setiap harinya tidur kurang dari 7 jam akan mudah terkena resiko tekanan darah tinggi. 

Hal ini paling sering ditemukan pada remaja Abg yang sering begadang. Memang disaat usia muda, penyakit ini belum terlihat timbul. Namun setelah melewati usia 30 tahun keatas mulai terlihat pelan-pelan.

Selain bisa menderita hipertensi, kurangnya pola tidur dan beristirahat ini juga bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh sehingga mudah stres, penyakit diabetes serta fungsi kekebalan tubuh semakin menurun.

Jumlah angka terbaik ketika kita beristirahat menurut penelitian medis, bahwa seseorang harus tidur kurang lebih minimal selama 7 jam dalam sehari. Hal inilah yang bisa memperpanjang umur, dinilai dari faktor kesehatan tubuh kita.    
cara mengobati darah tinggi
Photo: Copyright healthcastle.com
Program Diet

Jika dibandingkan dengan pria atau wanita bertubuh kurus, orang yang cenderung memiliki tubuh gemuk lebih muda terkena serangan darah tinggi. Kenapa bisa begitu? 

Ini semua disebabkan oleh peningkatan jaringan lemak dalam tubuh yang mudah untuk meningkatkan resistensi pembuluh darah dan dampak buruknya adalah meningkatkan kerja jantung. Gagal jantung, serangan penyakit jantung adalah beberapa contoh dampak buruknya.

Lakukanlah mulai dari sekarang untuk melakukan diet, setidaknya berat tubuh anda dapat diturunkan kurang lebih 3 sampai 5 kilogram agar tidak mempengaruhi tekanan darah anda. Dan tidak perlu untuk mengurangi konsumsi kalori, yang penting pastikan cukup seimbang dengan kegiatan sehari-hari anda. Jika dirasa pekerjaan anda hari ini tidak berat, jangan berlebihan untuk mengkonsumsi makanan.

Belajar Meditasi selama 10 menit per hari

Salah satu tanda kesehatan tubuh mulai menurun adalah gampang mengalami Stres, dia adalah sebuah sistem alarm tubuh yang akan melepaskan hormon adrenalin sehingga menyebabkan pernapasan serta detak jantung anda cepat, akibatnya tekanan darah anda ikut meningkat drastis.

Menurut ahli pengobatan darah tinggi, salah satu metode ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini adalah belajar memiliki sikap positif terhadap kehidupan, membuang pikiran dari beban stres, kecemasan serta khawatir berlebihan. 

Salah satu solusi terbaik adalah belajar meditasi, hal ini bisa membuat pikiran kita lebih tenang, belajar mengenal lingkungan serta alam bawah sadar kita, sehingga tubuhpun seketika akan menjadi rileks. 

Tak perlu berlama-lama saat melakukan meditasi, setidaknya cukup 10 menit sehari. Cobalah mulai sekarang dan bandingkan tekanan darah anda setelah melakukan meditasi selama lebih dari 14 hari.

Melakukan Olahraga ringan sebanyak 2,5 jam per minggu

Dari segala macam penyakit, olahraga seakan menjadi menu wajib untuk kita melakukannya. Tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan tubuh saja, olahraga juga ampuh untuk menguatkan tulang, meningkatkan fungsi organ-organ tubuh serta membuat hidup semakin bergairah.

Tak perlu anda melakukan olahraga berat seperti fitness atau gym bila anda tidak biasa melakukannya. Cobalah untuk mulai berjalan kaki saat pulang kantor atau belanja ke warung, setidaknya lakukan hal ini selama kurang lebih 2 jam dan rasakan perbedaannya.

Mengurangi garam dalam Porsi Makanan Anda

Makanan tanpa garam memang hambar rasanya. Tapi ini bukan berarti anda harus stop menggunakan garam dalam bumbu makanan anda. Cukup mengurangi porsinya saja, sebab kandungan garam didalam tubuh kita dapat menahan air dan mineral. 

Jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya, maka air yang tersimpan di dalam tubuh akan cepat meningkatkan tekanan darah. Terlebih jika anda mempunyai riwayat keturunan penyakit darah tinggi yang diwariskan dari orang tua anda. Tamatlah riwayat hidup anda hehehehe.

Kurangi kafein bila anda pecandu kopi

Meminum kopi memang sangat nikmat apalagi jika ditambah dengan camilan dan pisang goreng. Namun bagi anda yang saat ini mengalami gangguan tekanan darah sebaiknya hindari kopi dari sekarang, sebab di dalam kopi mengandung kafein yang mana kafein sendiri mampu meningkatkan adrenalin. 

Jika adrenalin meningkat aliran darah didalam tubuh juga pasti akan meningkat inilah sebabnya anda wajib menghindari kopi, atau setidaknya mengurangi minum kopi misalkan anda biasa minum 3 kali sehari, mulai dari sekarang cobalah untuk segelas sehari saja.
mengatasi penyakit darah tinggi

Rajin Konsumsi buah dan sayuran hijau

Salah satu pengobatan alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi tanpa obat lainnya adalah rajin mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Makanan penuh serat ini boleh anda kombinasikan dengan minum susu rendah lemak. Cobalah rasakan perbedaannya jika anda sudah rutin melakukannya, dapat dipastikan tekanan darah tinggi akan secara berangur-angsur menurun.

Buah dan sayuran memang terkenal kaya dengan kandungan vitamin, mineral serta serat yang diperlukan untuk menjaga fungsi optimal dalam tubuh kita. Belum lagi kandungan kaliun serta sodium rendah yang ampuh mengimbangi efek negatif dari kadar garam yang dikonsumsi berlebih pada makanan. 

Ada solusi lain jika anda malas untuk menyajikan buah dan sayuran di menu makan pagi anda, cobalah untuk membeli minuman seperti vegeta yang kaya akan serat. Praktis bukan?

Contoh Sayuran-sayuran Hijau penurun darah tinggi Super Cepat

Bayam
Tahukah anda jika daun bayam adalah sumber serat yang tinggi, selain itu khasiat daun bayam juga memiliki kandungan kalium. Kalium sendiri merupakan zat yang sangat baik, yang mampu mengurangi efek dari tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sedang anda derita saat ini.

Buncis
Sayur Buncis adalah salah satu sayuran hijau yang membantu dalam mengobati darah tinggi. Buncis memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh anda dan dapat menurunkan tingginya tekanan darah.

Seledri
Sama halnya seperti Bayam dan Buncis, Seledri juga memiliki kandungan kalium dan kalsium yang cukup banyak untuk membantu menyembuhkan hipertensi yang diderita. Menambahkan seledri pada menu makanan sehat sehari-hari, maka tekanan darah yang sedang meninggi, akan segera bisa teratasi.

Bawang Putih
Percaya gak percaya Bawang putih adiknya bawang merah ini ternyata sangat baik dalam membantu menyembuhkan darah tinggi atau hipertensi. 

Bawang putih sudah terbukti sejak dulu ampuh mencegah terjadinya proses pembekuan darah dan mampu menahan efek yang ditimbul oleh darah tinggi pada tubuh. Selain itu, bawang putih juga termasuk makanan rendah kolesterol yang dapat membantu untuk mengurangi sumbatan pada jantung anda.

Tomat
Kandungan gizi tomat kaya vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Tomat mengandung kalsum, kalium dan vitamin C. Kalium dan kalsium ini dapat membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi akut.

Kentang
Kentang merupakan sebuah produk umbi-umbian yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain sumber karbohidrat sehat, kentang juga memiliki kandungan magnesim dan potassium. Kedua senyawa ini akan sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. 

Selain itu Zat Magnesium pada kentang juga sangat dapat diandalkan untuk memperlancar aliran darah. Kedua senyawa ini sudah lama dipercaya dapat membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah dalam diri agar stabil.

Kedelai
Sama seperti kentang, kacang kedelai ternyata memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi. Magnesium dan kalium tang terkandung di dalam kacang kedelai akan membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh dan membantu anda untuk mengontrol, serta menurunkan tekanan darah berlebihan.

Pisang
Si buah kuning panjang melengkung yang lezat ini memiliki kandungan potasium dan kalium yang tinggi. Buah ini menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat, bagi yang ingin menyembuhkan hipertensi secara alami dan juga berguna sebagai makanan peninggi badan alami, khususnya bagi anda yang masih dalam masa pertumbuhan.

Alpukat
Memiliki banyak sekali nilai gizi, seperti vitamin C, E, Kalsium dan serat. Semua bahan-bahan dan senyawa yang terkandung di dalam alpukat dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan dan menurunkan tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi yang sekarang anda sedang alami.

Mengkudu
Buah Mengkudu merupakan salah satu tanaman obat yang populer untuk pengobatan berbagai macam penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang kini banyak dialami oleh masyarakat perkotaan.

Jeruk
Selain dikenal kaya akan vitamin yang tinggi, jeruk ternyata juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Buatlah segelas jus jeruk, maka jus jeruk tersebut akan membantu tubuh menurunkan tekanan darah. Selain itu, jeruk berguna makanan penurun berat badan, dan untuk masalah rasa tentu saja semua orang sangat menyukai buah bulat berwarna kuning dan orange ini.

Kiwi
Buah kiwi juga memiliki kandungan serat dan kalsium tinggi. Selain itu buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin lainny ayang sangat baik bagi tubuh. Selain itu buah kiwi juga terbukti mampu untuk membantuk penyembuhan darah tinggi atau hipertensi.

Melon
Buah Melon merupakan salah satu buah yang sangat menyegarkan dan enak untuk disantap. Selain itu, melon juga memiliki kandungan level potasium yang tinggi. Kandungan ini berguna untuk mencegah terjadinya darah tinggi atau hipertensi.

Blewah
Tak kalah manfaatnya untuk kesehatan dengan yang diatas, Blewah juga merupakan salah satu buah yang memiliki level potasium yang tinggi. Hal ini membuat buah blewah mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dialami.

Makanan Penurun Tekanan darah Tinggi paling Cepat

Selain buah-buahan dan sayuran, banyak makanan bergizi yang sudah lama dipercaya ampuh untuk mengatasi penyakit darah tinggi, apa sajakah itu, simak dibawah ini:

Roti Gandum
Roti gandum merupakan salah satu hasil olahan gandum yang patut dimasukkan dalam daftar makanan sehari-hari. Seperti produk gandum lainnya, roti gandum mampu mencegah terjadinya darah tinggi.

Susu Skim Bebas Lemak
Susu skim memiliki kandungan kalsium dan Vitamin D yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, kadar lemak yang rendah akan membantu mengurangi tingginya kadar lemak pada tubuh juga. Hal ini memungkinkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah karena lemak pun berkurang.

Yoghurt
Yoghurt sendiri adalah produk olahan susu yang digunakan sebagai makanan pembentuk otot. Selain kadar lemak yang rendah, yoghurt juga memiliki manfaat yang sama seperti susu, yaitu dengan magnesium , kalium dan kalsium yang cukup tinggi. Hal ini membuat yoghurt akan menjadi salah satu makanan yang tepat bagi anda untuk menyembuhkan hipertensi.

Ikan Salmon
Kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi pada ikan salmon dapat membantu untuk menyembuhkan darah tinggi. Ikan salmon dapat menjadi pilihan utama, sebagai konsumsi sehari hari yang menyehatkan.

Oatmeal
Produk olahan gandum memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung dan kelancaran peredaran darah. Salah satunya adalah oatmeal, yang bisa dikonsumsi untuk sarapan dan dapat mencegah terjadinya hipertensi.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini juga dapat digunakan untuk menjaga tekanan darah.

Cokelat
Yang terakhir adalah cokelat, mungkin anda tak percaya mendengarnya, tapi tahukah anda cokelat ternyata sangat ampuh untuk mengobati tekanan darah tinggi, karena coklat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. 

Antioksidan yang tinggi ini mampu untuk menurunkan tingginya tekanan darah. Perlu diingat, hanya mengkonsumsi coklat pahit yang murni coklat akan menghasilkan efek yang lebih optimal bagi penyembuhan hipertensi.

Meningkatkan Hubungan Romantis

Cara mengobati darah tinggi yang terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah terakhir adalah meningkatkan hubungan romantis alias kuda-kudaan. Cara ini khusus buat anda yang sudah menikah dan gak boleh buat anda yang masih bujang, nanti darah tingginya malah semakin bertambah parah hehehe. 

Tahukah anda manfaat melakukan hubungan romantis bersama istri yang bisa anda dapatkan, selain bisa mengatasi penyakit darah tinggi. Juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh seperti menjaga jantung tetap sehat, meredakan stres, meningkatkan fungsi imunitas atau kekebalan tubuh kita, mengoptimalkan seluruh fungsi organ-organ dalam tubuh. 

mengatasi tekanan darah tinggi tanpa obat
Manfaat lainnya yang tak kalah penting juga bisa mengurangi risiko sakit maag dan angina. Orang yang merasa didukung dan dicintai oleh pasangan lebih tidak berisiko mengalami angina dan maag, demikian penelitian medis kesehatan mengungkap. 

Untuk wanita sendiri dapat mengencangkan otot panggul bawah sehingga akan mengurangi risiko gangguan pengeluaran buang air kecil di kemudian hari. 

Tak hanya itu saja ketika seorang wanita sudah mencapai titik terakhir alias puncak, ia akan melepaskan hormon yang berperan penting sebagai pereda rasa nyeri khususnya nyeri kronis yang diderita pada punggung, kaki, mencegah kram saat mengalami datang bulan dan ampuh menyembuhkan sakit kepala tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.

Selain itu hubungan romantis adalah olahraga paling mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, tak ada orang di dunia ini yang tak suka melakukannya, kecuali orang tersebut lebih senang melakukannya dengan tumbuh-tumbuhan. 

Cobalah mulai tingkatkan dari sekarang, dampak positif paling mudah dikenali adalah kualitas tidur anda akan semakin membaik dan yang paling penting istri anda semakin bertambah sayang saja hehehehe. Pemerisa beritaterbaru.id, semoga artikel kesehatan tentang mengobati penyakit darah tinggi tanpa menggunakan obat sama sekali ini bisa berguna untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Sama Sekali