Cara Mencari Uang Tambahan Kuliah Buat Kamu yang Gak Punya Biaya

Bingung cari uang untuk biaya kuliah? Ikuti 4 cara ini untuk mendapatkan uang tambahan sebagai bekal pertama kamu kuliah nanti. Seperti yang kita tahu, pendidikan merupakan salah satu hal yang begitu penting bagi semua orang, terutama untuk generasi sekarang, pendidikan merupakan nomor satu yang harus ditempuh supaya kita tidak tertinggal dengan orang-orang terpelajar lainnya.

Dan yang paling penting bahwa pendidikan membuat kualitas seseorang menjadi lebih baik. Inilah kenapa banyak orang yang mengejar pendidikan bahkan dengan tidak kenal waktu dan usia. 

Namun sayangnya, berbeda dengan bersekolah, maka biaya untuk menempuh kuliah tentu lebih tinggi. Jika orang tuamu memiliki kemampuan finansial yang baik maka kamu tidak perlu khawatir darimana kamu bisa dapatkan biaya kuliah.

Namun bagaimana jika orang tua berada dalam kondisi ekonomi yang pas-pasan? Jika memang demikian, maka kamu harus pikirkan sendiri cara berkuliah tanpa harus membebani orang tua. Penasaran bagaimana cara mencari uang tambahan kuliah? Simak ulasan berikut.

Sumber Keuangan Tambahan Untuk Biaya Kuliah Kamu

1. Cari beasiswa

Kamu pintar namun tak punya biaya untuk mengenyam bangku kuliah? tidak perlu khawatir. Kini ada begitu banyak info beasiswa yang bisa kamu gunakan untuk membantu membiayai kuliahmu. 

Yang perlu kamu ketahui adalah sering-sering mencari tahu apakah ada program beasiswa yang harus kamu ikuti. Jikapun ada lekas cari tahu apa saja persyaratan dan bagaimana cara mendaftarnya. 
Cara Mencari Uang Tambahan Kuliah
Photo: Copyright pinterest.com
Ada begitu banyak perusahaan dan badan usaha perorangan yang nyatanya mau membantu mereka yang tengah kesulitan membiayai kuliah. Tidak jarang pula ada yang bisa mengeyam pendidikan kuliah gratis dengan catatan kamu memiliki prestasi yang bagus sehingga universitas tersebut memiliki murid yang mampu mengharumkan nama almamater. 

Ada beberapa lembaga yang hingga kini telah banyak menyalurkan beasiswa seperti lembaga pemerintahan, perguruan tinggi, yayasan pendidikan, lembaga swasta, dan beasiswa non formal.

2. Jualan online

Bagi kamu yang ingin mencari dana kuliah tanpa harus ribut kerja secara full time, maka kamu bisa memanfaatkan situs online di internet. Tidak perlu punya produk sendiri namun kamu bisa menjual produk orang lain. Dalam hal ini kamu disebut sebagai dropshipher. 
Tugas dropshipher adalah memasarkan produk untuk kemudian menarik pembayaran dari pembeli dan meneruskannya pada penjual. Selanjutnya penjual akan mengirim barang yang diinginkan ke alamat si pembeli atas namamu.

Semakin banyak orang yang menggunakan jasamu maka keuntungan yang kamu dapatkan juga akan berlipat.

3. Menjadi guru privat

Menjadi seorang guru privat nyatanya menjadi penambah penghasilan tersendiri buatmu. Menjadi seorang guru privat tidak perlu mengambil waktu kuliah, karena kamu bisa melakukannya di sore atau malam hari. 

Tidak perlu repot-repot mencari anak yang mau di ajar, karena kamu bisa menawarkan diri ke tetangga terdekatmu. Katakan padanya jika kamu bisa membimbing anaknya belajar. Jika kerjaanmu berjalan dengan baik, maka anak didikmu akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.


4. Bisnis kecil-kecilan

Satu lagi bagi kamu para mahasiswa yang menginginkan tambahan uang adalah dengan melakukan bisnis kecil-kecilan. Ada banyak bisnis yang bisa kamu jalani seperti membaut bros, pin atau bisa pula dengan membuat gantungan kunci. 

Untuk promosi, kamu bisa mengedarkannya di area kampus atau bisa pula meminta orang untuk menjualkannya. Setelahnya kalian bisa membagi hasil yang diperoleh.
Ada begitu banyak cara untuk mendanai kuliah yang kamu ambil. Tidak perlu khawatir uang saku orang tua yang tidak cukup atau masalah biaya pendidikan yang mahal, karena berbagai bisnis di atas, bisa kamu jalankan untuk menambah uang kuliahmu.

Lakukan bisnis dengan telaten dan yang paling penting adalah dengan bersikap profesional. Dengan begitu, maka dengan sendirinya kesuksesan bisa kamu raih sembari meneruskan pendidikanmu.

...