Monday, May 30, 2016

Salah Kaprah! Bagian Biru Bukan untuk Menghapus Tinta Pulpen

Masih ingat dengan Penghapus berwarna merah biru ini? Bagi anda yang lahir di era tahun 90an kebawah pasti tak asing melihatnya. Ada berbagai macam merek produknya seperti Faber Castell, Lyra, Pelikan dll. Alat penghapusan ini seakan sudah menjadi barang wajib untuk peralatan sekolah saat kita masih kecil dulu. Tapi tahukah anda kegunaan sebenarnya dari bagian warna biru pada penghapus tersebut?

Bukan hanya anda yang salah kaprah, saya pun sudah menyangka selama puluhan tahun lamanya bahwa fungsi bagian warna biru tersebut untuk menghapus tinta pena (ballpoint). Padahal bagian biru bukan untuk menghapus tinta pulpen melainkan masih tetap sebagai penghapus pensil, khususnya pada tulisan-tulisan dari kertas bertekstur kasar alias kertas sketsa pensil (grainy paper). 

Hayoo pasti anda dulu pernah salah mengira, dan saat mencoba untuk menghapus tinta pulpen bukannya hilang, malahan kertas buku anda robek alias bolong. Benar bukan? hehehe.
Bagian Biru Bukan untuk Menghapus Tinta Pulpen
Photo: Copyright postmemes.com
Penjelasan valid ini didapatkan langsung dari pabrik pembuat penghapusan merah biru tersebut, hal ini bertujuan agar dapat meringankan tenaga saat mencoba menghapus tulisan di kertas kasar grainy paper. Sebab untuk menghapus tulisan pensil di kertas kasar, jauh lebih sulit dan menguras tenaga. Sebab itulah penghapus ini diciptakan.
Tapi ternyata bukan hanya kita saja loh yang kecele dari fungsi sebenarnya warna biru pada penghapus tersebut, banyak netizen di seluruh dunia, khususnya yang lahir dan besar di era tahun 90an. Mereka pun pernah berbuat kebodohan sama seperti kita, mencoba untuk menghapus coretan pulpen di buku, ujung-ujungnya kertas mereka jadi robek tak karuan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Salah Kaprah! Bagian Biru Bukan untuk Menghapus Tinta Pulpen