Friday, May 20, 2016

Panaroma Keindahan Alami Air Terjun Madakaripura

Pernah dengar tentang air terjun madakaripura? Jika Kamu sudah pernah ke Bromo, saya yakin telah mengetahui keberadaan air terjun ini. Karena air terjun madakaripura merupakan salah satu destinasi menarik yang bisa kamu temukan di Dusun Branggah, Kabupaten Probolinggo, Jawa timur. 

Air terjun Madakaripura juga menjadi salah satu destinasi wisata di kawasan taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun dengan tinggi 2 meter ini menjadi air terjun tertinggi di pulau Jawa. Sementara di Indonesia, air terjun Madakaripura, merupakan air terjun tertinggi yang kedua. 

Keindahan air terjun Madakaripura, terletak pada lokasinya yang dikelilingi oleh bukit- bukit yang meneteskan air di seluruh bidang tebing. Jika dilihat, air yang menetes terlihat seperti air hujan. Tiga di antara tebingnya, bahkan mengucur deras dan membentuk air terjun lagi. Ajaib bukan?

Jalur Ke Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura, tidak boleh dilewatkan bagi para penjelajah wisata yang tengah berada di Jawa Timur. Lokasi madakaripura, bisa dicapai dari Malang ataupun dari probolinggo. Jika berada di Probolinggo, kamu bisa mencapai air terjun ini dengan naik bus besar menuju arah Tongas. 
Panaroma Keindahan Alami Air Terjun Madakaripura
Photo: Copyright canuckabroad.com
Jika perlu, katakan pada Kondekturnya supaya menurunkanmu di pertigaan Tongas demi kepraktisan. Setelah turun, kamu tinggal mencari angkutan dengan tawar menawar tarif terlebih dahulu. 

Dari Tongas ke Madakaripura, kamu akan disuguhi beragam pemandangan yang begitu menawan meski jalan yang dilewati tidaklah terlalu nyaman. Meski demikian, ketidaknyamanan jalan tersebut akan langsung terbayar saat kamu berada di gerbang Madakaripura. 
Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan yang begitu memanjakan mata dengan banyaknya pohon besar, udara yang segar serta melewati sungai- sungai. Sebaiknya, gunakan sepatu yang kuat dan tahan air. Jikapun kamu menggunakan sandal, maka pastikan jika sandal gununglah yang kamu bawa.

Perjalanan menuju wisata dari Tongas, hanya berkisar satu jam.  Setelahnya, kamu akan rasakan sendiri sensasi menyegarkan dengan dinginnya air yang meloncat- loncat membasahi badanmu.

Namun jika tidak ingin basah maka sediakan jas hujan, atau bawa baju ganti. Perlu diingat untuk tidak terlalu dekat dengan air terjun. Berjalanlah lebih jauh sedikit saat menikmati air terjun utama di madakaripura.

Untuk bisa masuk ke area wisata, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar tiket. Jikapun kamu bingung dan ingin meminta penjelasan yang lebih dalam mengenai area wisata yang tengah dikunjungi tersebut, maka gunakan jasa guide yang juga berperan sebagai membawa tas carriermu juga jika diperlukan. 

Wajib Kamu Ketahui Saat Berkunjung Ke Madakaripura

Sama seperti lokasi wisata yang lain, air terjun madakaripura juga memiliki   mitos atau lebih tepatnya pantangan/himbauan yang sebaiknya di taati oleh para pengunjung. Yaitu tentang saran untuk meninggalkan area wisata di jam 14.00. 

Anjuran ini dilakukan, karena pada jam tersebut, akan sering hujan. Jika nekat berada di lokasi, tentu akan semakin berbahaya bagi kamu karena akan mengalami kesulitan saat mau meninggalkan lokasi yang bersangkutan. 
Air Terjun Madakaripura
Photo: Copyright merdeka.com
Setelah merasakan indahnya air terjun madakaripura, kamu bisa kembali ke Tongas atau Probolinggo lalu melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo yang merupakan destinasi wisata unggulan di jawa timur.
Bagi para pemula, yang baru pertama kali berkunjung di air terjun Madakaripura sebaiknya berhati- hati karena ada beberapa oknum yang tidak bertangggung jawab di area wisata. Hati- hati dalam menitipkan barang terutama pada orang yang tidak dikenal. 

Selain itu, hati- hati pula pada mereka yang ingin mengantarmu ke area wisata, karena begitu sampai, kamu akan dimintai uang jasa antar. Oke demikian informasi seputar tempat wisata air terjun Madakaripura, semoga bisa dijadikan referensi buat pembaca semua. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panaroma Keindahan Alami Air Terjun Madakaripura