Tuesday, April 19, 2016

Senjata Api Terburuk dalam Perang Dunia I dan II

Bicara soal senjata api, apa sih yang akan kamu pikirkan? Ya, tentu saja berbahaya dan biasanya digunakan orang untuk melindungi diri ataupun menyerang musuh. Tapi tau gak sih kamu kalau ada senjata api yang buruk? 

Artinya adalah fungsi senjata api tersebut gak sesuai dengan ekspektasi, dianggap gagal dan tidak efektif saat dipakai bertempur. Setidaknya ada sekitar 10 senjata api terburuk dalam sejarah perang dunia I dan II yang pernah dibuat. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Chauchat

Chauchat adalah senjata api dengan model senapan bermesin ringan. Senjata api ini dibuat oleh negara Perancis yang diciptakan untuk Perang Dunia I. Nyatanya, penggunaannya tidak seperti yang diharapkan. Dalam Perang Dunia I, chauchat tidak digunakan karena ada banyak kekurangan dari senjata ini. 
Senjata Api Terburuk dalam Perang Dunia I dan II
Photo: Copyright madogre.com
Setiap bagian yang ada tidak mendukung satu sama lainnya sehingga senjata ini tidak berfungsi dengan semestinya. Kekurangan paling menonjol ada di bagian lubang peluru yang terlalu besar. 

Ukurannya ini membuat lumpur atau kotoran bisa mengenai peluru dan ini mengakibatkan kemacetan saat menembak. Tentu saja, hal satu ini akan sangat merugikan apalagi saat Perang Dunia I, Perancis sedang melakukan perang parit yang mana medan perangnya penuh lumpur.

2. Pepper Box Revolver

Selain chauchat, ada pula pepper box revolver yang menjadi senjata api terburuk yang pernah dibuat. Sebelum diinovasikannya colt revolver, jenis revolver ini digunakan. Ada banyak kekurabgan dari senjata api ini, salah satunya adalah bobotnya yang berat sehingga membuat penggunanya kesulitan untuk membawanya.
Photo: Copyright dandwiki.com
Bukan hanya itu saja, peluru yang kadang berbunyi sekaligus bisa buat si pengguna senjata terluka. Nah, yang paling parah yaitu anak peluru yang dilontarkan tidak akurat, dan ini membuat pepper box revolver menjadi senjata api dengan review yang buruk.

3. Grossflammenwerfer

Senjata selanjutnya yaitu grossflammenwerfer. Untuk kamu yang tahu tentang sejarah Perang Dunia I, kamu mungkin pernah mendengarkan penggunaan dari senjata api yang satu ini. Senjata ini termasuk dalam senjata yang mampu menyemburkan api. 
Photo: Copyright emaze.com
Digunakan oleh pihak Jerman, grossflammenwerfer dioperasikan oleh dua orang dan hanya mereka yang narapidana saja yang akan menjalankan tugas ini. Sangat berbahayanya senjata ini membuat para napi yang harus jadi tumbal. 

Ukuran senjata yang besar dan dengan bobot yang berat membuat musuh menjadikan penggunanya sebagai sasaran korban yang mudah ya tentunya siapa lagi kalau bukan para napi-napi yang dijadikan tumbal.

4. Nambu

Nambu atau disebut juga dengan 94 shiki kenju adalah senjata api yang dibuat oleh Jepang saat Perang Dunia II. Senjata api dengan model pistol mampu menembakkan 8 mm proyektil taishu 14 putaran. 
Photo: Copyright wikimedia.org
Tapi, sayangnya kamu akan temukan kalau pistol Jepang yang satu ini kurang bertenaga, sangat rumit dan juga kaku saat digunakan, dan berbahaya bagi si pengguna karena peluru bukannya mengenai target justru bisa mengenai si pengguna. 

Nah loh. Maka ada pernyataan kalau tempat paling aman ketika senjata ini digunakan adalah tepat di depannya. Bisa ya...

5. Nock Volley Gun

Diciptakan tahun 1780an, nock volleg gun mempunyai 7 tembakan dan 50 peluru yang bisa ditembakkan si saat yang sama. Selongsongnya sendiri yang kuat bisa digunakan untuk memukul lawan. 
Photo: Copyright americanrifleman.org
Tapi, senjata ini termasuk dalam senjata terburuk di dunia yang ada karena terlalu sulit untuk dibawa yang bisa berakibat fatal dan bisa sebabkan ledakan besar di mocong senjata ketika digunakan. Ngeri ya...

6. Cochran Revolvers

Inilah senjata api terburuk dalam perang dunia lainnya bernama cochra revolvers. Pistol yang satu ini sangat berbeda dengan pistol lainnya. Jika kamu biasanya menemukan silinder pistol berputar secara vertikal, nah pistol ini berputar secara horisontal. 
Photo: Copyright horstheld.com
Ngerinya adalah saat senjata api digunakan karena peluru akan mengarah pada si pengguna. Jika kamu gunakan senjata api ini, ada kemungkinan saat kamu lepaskan tembakan, bukan hanya target yang terluka tapi kamu juga bisa terlukan karena peluru yang mengarah ke kamu. Wow.

7. Bays Anti-Tank Rifle

Ada juga senjata api bernama bays anti-tank rifle yang menjadi senjata api terburuk. Kok bisa? Jelas saja bisa. 

Senjata api yang digunakan saat Perang Dunia II ini dibuat dengan model senapan lima tembakan yang bisa melepaskan proyektil alias peluru berkaliber 13.97 mm yang bisa menembus baju besi lawan pada jarak sekitar 300 m. Berat senjatanya sendiri mencapai 16,33 kg. 
Photo: Copyright wikimedia.org

Senjata ini terdengar sangat keren bukan? 

Tapi, faktanya adalah senjata ini tidak berguna sebab tidak bisa menembus baju besi para panser Jerman. Lalu, buat apa membuat senjata ini jika tidak dapat digunakan. Belum lagi beratnya yang sulit dipindahkan pasti membuat tentara yang mengoperasikannya kesulitan saat perang.

8. Gyrojet

Di tahun 1960, ada sebuah senjata yang dibuat dengan nama gyrojet. Senjata api ini berfungsi sebagai roket peluncur genggam yang bisa menembakkan roket 13 mm. Bicara soal kecepatan proyektilnya sendiri, kamu akan temukan bahwa proyektilnya bisa sangat cepat setelah keluar dari laras. 
Photo: Copyright guns.wikia.com
Sayangnya, gyrojet sangat buruk kalau digunakan sebagai senjata pembunuh jarak dekat. Kenapa? Alasannya adalah proyektil akan jatuh setelah ditembakkan untuk jarak dekat. Jadi, kamu hanya bisa gunakan ini untuk senjata pembunuh jarak jauh saja ya.

9. Colt Revolving Rifles

Colt revolving rifles adalah senjata api dengan model senapan. Ada banyak sekali kekurangan yang akan kamu temukan di senapan ini. Pertama, ada kebocoran gas di bagian silinder ketika menembak. 
Photo: Copyright collegehillarsenal.com
Yang kedua yaitu ada penurunan kecepatan proyektil saat ada di moncong dan yang terakhir adalah tabung silinder akan mengeluarkan gas panas yang bisa tidak nyaman untuk si penembak tentunya. Maka dari itu, senjata yang satu ini punya review yang buruk dan tidak digunakan lagi.

10. The Liberator

Yang terakhir adalah the liberator. Pistol dengan desain tembakan tunggal ini dibuat dari logam dan digunakan ketika Perang Dunia II berlangsung. Tapi, kamu harus tau jika pistol ini punya kekurangan yaitu cuma bisa untuk menembak 1 kali saja dan harus isi peluru lagi untuk tembakan selanjutnya. 
senjata api terburuk
Photo: Copyright americanrifleman
Tentu saja, ini sangat merugikan karena musuh bisa jadi dilengkapi dengan senjata otomatis. Belum lagi cara isi peluru yang ribet dan susah akan memberikan kesempatan musuh untuk menghabisi si penembak terlebih dahulu. Jika tentara menggunakan senjata api ini untuk perang, bisa jadi, musuh akan menang karena keunggulan senjata yang mereka punya.

Nah, itulah 10 senjata api terburuk yang pernah dibuat. Nyatanya, senjata api memang sangat berbahaya untuk digunakan. Ditambah lagi kalau pembuatannya gak beres, senjata tersebut bukan cuma bisa bahayakan si target saja, tapi juga si pengguna senjata. 

Buat kamu yang mau beli atau gunakan senjata api, ada baiknya jika kamu tau apa kelemahan dan kekurangannya ya, agar nantinya senjata api yang kamu pilih gak jadi senjata makan tuan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Senjata Api Terburuk dalam Perang Dunia I dan II