Sejarah Penemuan Mobil dan Perkembangannya dari Tahun ke Tahun

Mobil, sekarang alat transportasi ini menjadi salah satu primadona banyak orang. Kendaraan beroda 4 atau lebih yang mempunyai mesin sendiri ini nyatanya telah membuat banyak orang merasakan kenyamanan saat mengendarainya. Tapi, taukah kamu tentang sejarah penemuan mobil dan perkembangannya sampai saat ini? 

Nah, buat kamu yang ingin tau lebih banyak soal bagaimana mobil ditemukan pertama kali, yuk simak langsung ulasan lengkapnya yang ada di paragraf berikut. Pemirsa beritaterbaru.id, Inilah sejarah penemuan mobil-mobil yang dimulai dari tahun 1769 sampai dengan abad 20 sekarang. Penasaran? Langsung cek aja ya penjelasannya.

1769

Di tahun ini, kendaraan dengan mesin dibuat pertama kali. Inilah Nicolaus J. Cugnot, seorang insinyur yang mampu membuat kendaraan tersebut. Kendaraan ini diluncurkan dengan desain yang masih sangat sederhana. Kendaraan ini, punya body yang besar beroda 3 dan mesin uap digunakan untuk menjalankannya. 

Di tahun yang sama, kendaraan bermesin uap yang satu ini digunakan sebagai kendaraan untuk menarik meriam. Meskipun desain kendaraan masih sangat sederhana, tapi ini termasuk dalam kategori mobil sebab inilah cikal bakal dikembangkannya kendaraan dengan mesin yang lebih canggih selanjutnya. 

Gak cuma itu aja, kecelakaan mobil yang pertama dicatat di tahun ini ketika kendaraan tersebut menabrak tembok.
Sejarah Penemuan Mobil dan Perkembangannya
Photo: Copyright wall-pix.net
1784

Kemudian, di tahun 1784, seorang insinyur lainnya bernama William Murdock juga berhasil menciptakan sebuah kendaraan bermesin uap. Ini adalah hasil kerjasamanya dengan James Watt, seorang penemu dari Inggris. 

Selain Murdock, penemu lain yang mampu membuat kendaraan dengan mesin uap yaitu Richard Trevitchick. Ternyata tahun 1784 ada beberapa insunyur yang berhasil mengembangkan kendaraan sederhana yang dapat dioperasikan dengan tenaga mesin uap yang ada.

1804

Sejarah penemuan mobil di tahun ini, seorang Diver Evans telah berhasil membuat sebuah kendaraan yang unik. Dia mendemonstrasikan sebuah kendaraan yang disebut dengan mobil yang bisa digunakan di darat dan juga di atas air. Makanya, kendaraan ciptaan Evans ini dijuluki sebagai mobil amfibi pertama yang berhasil diciptakan.

1830

Selanjutnya, di tahun-tahun berikutnya Sir Goldswarty telah mengembangkan kendaraan sederhana yang pernah dibuat tahun-tahun sebelumnya. Dia menciptakan sebuah kendaraan beroda 6. Ya, tentu saja, kendaraan ini lebih berkembang bukan? 

Perkembangannya ga cuma sampai disitu aja, kendaraan beroda 6 ini juga punya daya luncur yang lebih baik dari kendaraan sebelumnya karena kecepatannya bisa capai 25 km/jam. Lumayan ya. 

Setelah tahun 1830, perkembangan pembuatan mobil masih berkutat dengan penggunaan mesin uap. Ya, walaupun berbahaya dan sering meledak, tapi para insinyur belum menemukan tekbologi yang lebih canggih saat itu untuk mengganti mesin uap dengan mesin yang lebih baik.

1860

Hingga pertengahan abad ke-19, perkembangan teknologi mobil makin pesat. Hal ini dibuktikan di tahun 1860 yang mana ada Jean Joseph E. Lenoir yang berasal dari Perancis telah berhasil membuat sebuah penemuan baru yaitu mengganti bahan bakar dari kendaraan. 

Jadi, kendaraan bukan lagi dijalankan dengan mesin uap tapi dengan mesin dengan bahan bakar yang lebih baik yaitu dengan campuran gas, udara dari atmosfer sekaligus batu bara. 

Mesin ini bisa bekerja tanpa adanya kompresi yang buat tekanan gas yang ada di dalam silinder naik dan mendorong torak sehingga kendaraan bisa melaju dan ada gas pembuangan. Kenapa bisa begitu? 

Bisa terjadi sebab campuran bahan bakar dinyalakan dengan pemantik api atau lebih kita kenal dengan busi. Mesin punya efisiensi sebesar 5% dan menghasilkan 6DK.
mobil pertama
Photo: Copyright wallpaperup.com
1885

Di tahun 1885, Karl Benz dan Gottlieb Daimler telah berhasil untuk ciptakan mobil dengan mesin pembakaran dalam. Karena mobil yang mulai canggih ini belum berkompling, maka hal ini cukup sulit untuk dijalankan. 

Inilah model dasar dari berkembangnya mobil yang makin modern saat ini. Mulai dari tahun 1885, mobil yang dibuat menggunakan mesin pembakaran dalam sebab mesin ini lebih aman, tidak berasap, tidak berisik dan tidak akan meledak pastinya. Sangat berbeda dengan mesin uap ya.

1886

Tahun setelahnya, Nicolaus A. Otto dan temannya Eager Longen bisa mematenkan penemuan mereka atas keberhasilannya untuk membuat mesin dengan bahan bakar bertekanan atmosfer yang dimasukkan ke sebuah silinder dan dinyalakan dengan busi. 

Dengan mesin itu, akan ada gas bertekanan tinggi yang bisa mendorong torak untuk berjalan dan mengeluarkan gas pembakaran dari bahan bakar. Efisiensi yang dihasilkan sekitar 11%, jadi ini lebih baik dari kendaraan yang diciptakan sebelumnya yang hanya punya efisiensi mesin 5% aja.

Di tahun ini, penemu Jerman juga telah berhasil mobil pertama dengan mesin. Penemu tersebut adalah Carl Benz yang diberikan hak paten di Mannhein pada 3 Juli 1886.

1888

Inilah tahun yang hasilkan sebuah terobosan paling spektakuler yang dilakukan oleh Berta Benz karena berhasil buat mesin untuk mobil yang sangat berbeda dengan pendahulunya. Dia menciptakan sebuah mesin dengan bahan bakar listrik dan juga bensin. 

Inilah awal mula berkembangnya terobosan terbaru dalam "sejarah mobil" selanjutnya dengan bahan bakar bensin, dan kita pasti tau jika bensin ini digunakan sampai sekarang untuk bahan bakar banyak kendaraan termasuk mobil.
Photo: Copyright rubbermag.com
1890

Di tahun ini, dua orang penemu mobil yang bernama Frank Duryen dan Charles E dari Amerika Serikat telah bisa menciptakan sebuah mobil yang mempunyai mesin bensin pertama. Ini adalah perkembangan dari penciptaan mesin bensin yang dibuat sebelumnya dan dikembangakan menjadi sebuah kendaraan beroda 4.

1895

Tahun 1985, penemu Jerman lainnya yaitu Gottlieb Daimler dan juga Wilhelm Mayback pada 5 November dari Stuttgart diberikan paten untuk mesin mobil 2 tak yang telah diciptakan. Tentu saja, dengan perkembangannya ini membuat mobil makin modern dan berteknologi canggih.

1898

Ada juga Louis Renault yang telah temukan batang penggerak untuk mobil di tahun 1898. Batang penggerak ini adalah pengganti dari rantai yang telah lama digunakan untuk memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda mobil.

1902

Di tahun 1902 ini, ada produksi besar-besaran untuk pembuatan dari mobil sebagai kendaraan untuk umum yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau oleh oldmobil dan Henry Ford.

1911

Cadillac Automobile Co. bisa membuat starter listrik dengan kumparan dan juga aki yang seperti kita kenal saat ini.
sejarah mobil
Photo: Copyright alphacoders.com
1922

Diperiode tahun 1922 ini, sebuah penemuan ban karet membuat ban ini digunakan untuk mobil menggantikan ban engkel. Begitu populernya sampai jaman sekarang pun masih laris digunakan.

1927

Ford mengeluarkan mobil dengan model T. Aneh unik tapi klasik banget bukan?

1934

Seperti yang kita tahu bahwa mobil atau kendaraan lain biasanya menggunakan ban belakang sebagai pengemudian, tapi Andre Citroen mengembangkan pengemudian roda depan di tahun ini.

Itulah perkembangan mobil dari awal penemuannya pertama kali dan sampai sekarang, teknologi mobil terus dikembangkan seperti yang banyak kita lihat. Dengan perkembangan yang makin canggih ini, bukan hal yang tidak mungkin jika kita akan lihat mobil masa depan dengan teknologi makin modern.

...