Penyebab Rambut Uban di Usia Muda 28 tahun Ke Atas

Masih muda sudah ubanan? Kok bisa? Ya jelas bisa saja, banyak hal-hal sepele penyebab rambut uban di usia muda yang sering kita remehkan dari gaya hidup yang jauh dari menerapkan pola hidup sehat sehingga kesehatan tubuh berangsur-angsur memburuk. 

Stop mulai sekarang mumpung masih ada waktu untuk memperbaikinya. Kamu tentu tidak mau kan, Umur masih muda sekitar 28 sampai 32 tahun ke atas tapi kok rambut sudah memutih semua persis seperti kakek-kakek tua keladi. Berikut saya akan berikan tips 5 hal penyebab rambut cepat beruban di usia masih muda.

1. Sering Menggunakan Cat Pewarna Rambut

Apa hubungannya cat pewarna rambut bisa menyebabkan muncul  uban di usia dini? Kebiasaan mengganti warna rambut, biasanya paling sering ditemukan pada para remaja baik pria ataupun wanita. 

Di usia mereka saat itu mungkin dampak akan kesehatan rambut tidak terlalu terlihat.Namun selang beberapa tahun kemudian baru kerusakan rambut akan mulai muncul. 

Hal ini karena pewarna rambut rata-rata memiliki kandungan zat kimia berbahaya yang bisa membahayakan kesehatah kulit kepala, mengganggu pigmen rambut, membuat kebotakan dini secara permanen dan pemicu timbulnya rambut beruban di usia masih muda. 
2. Kebiasaan Buruk dengan Pola Makan yang Tidak Teratur

Makanan bergizi adalah adalah satu faktor kesehatan paling penting bagi tubuh, namun seringkali disepelekan. Apalagi jika kita mempunyai kebiasaan buruk dengan pola makan yang tidak teratur. Salah satu dampak buruknya mengganggu kesehatan lambung dan pemicu munculnya uban pada rambut. 

Disaat kita telat makan, asupan gizi dan nutrizi yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh akan berkurang. Sehingga kapasitas nutrisi yang berguna untuk kesehatan rambut dari makanan berjumlah sangat sedikit dan pertumbuhan rambut tidak bisa terjaga maksimal.  Hingga membuat rambut cepat rontok, memutih dan lebih cepat beruban.

Penyebab Rambut Uban di Usia Muda

3. Merokok

Dalam artikel kesehatan apa saja, kita akan menemukan bahwa rokok adalah musuh nomor satu yang membawa dampak buruk terbesar bagi kesehatan tubuh. Dalam suatu penelitian medis, orang yang aktif merokok akan mengalami timbulnya rambut uban empat kali lebih cepat dibandingkan yang bukan perokok. 

Penjelasannya sederhana, karena efek dari pemakaian rokok akan menghambat aliran darah bekerja maksimal. Sehingga zat-zat serta nutrisi penting yang dibutuhkan oleh rambut jadi berkurang atau tak terkecukupi.

4. Stres dan Beban Pikiran

Hati dan pikiran yang selalu gembira adalah Obat awet muda dan panjang umur. Jika kita stres atau banyak pikiran sangat mudah mengganggu kesehatan tubuh belum lagi termasuk kesehatan jiwa. Tahukah kamu bahwa stres adalah penyumbang terbesar yang menyebabkan produksi zat melanin pada kadar rambut berkurang atau menurun drastis. 

Padahal seperti yang kita tahu, peranan melanin ini sendiri sangat penting yang berfungsi sebagai pigmen untuk menjaga kualitas warna rambut kita. Cobalah untuk mulai sekarang kamu lebih rileks jika ada permasalahan. Istirahat yang cukup dan lakukan refreshing agar pikiran selalu fresh. 

Lebih bagus jika kamu mencoba untuk berolahraga. Ingatlah jalan keluar terbaik dari masalah adalah menghadapinya. Bukan menghindar atau memikirkannya terus sehingga masalah jadi berlarut-larut tak kunjung selesai.
5. Tidak Bisa Mengatur Waktu Dengan Baik

Hidup tidak melulu harus diisikan dengan kesibukan bekerja untuk menimbun duit. Memang ini sangat dirasakan penting demi masa depan keluarga kita. Tapi kalau sampai harus mengorbankan kesehatan tubuh sendiri serta keharmonisan keluarga, buat apa coba? 

Mulailah untuk mengatur waktu dengan baik dari sekarang. Tentukanlah kapan waktu untuk beristirahat, bekerja dan menyisipkan olahraga. Cobalah untuk beristirahat lebih cepat bila dirumah. 

Setelah pulang bekerja, jangan lagi begadang nonton TV sampai tengah malam dan esoknya masuk kerjamasih dalam keadaan mengantuk yang ujung-ujungnya menurunkan kualitas kesehatan tubuh kita termasuk factor penyebab penuaan dini, seperti kepala cepat botak, timbulnya rambut berubab di usia yang masih muda.

...