Sunday, April 3, 2016

Gol Tercepat di Dunia Sepanjang Sejarah

Gol..satu kata yang begitu indah terdengar ketika permainan sepak bola sedang berlangsung, siapapun pemain yang berhasil mencetak gol ke dalam gawang lawan adalah kemenangan bersama untuk tim. Terlebih jika gol itu tercipta saat di menit-menit pertama, jauh lebih cepat dari rata-rata pertandingan yang memakan waktu kurang lebih dari 15 menit. 

Seperti 10 gol tercepat di dunia sepanjang sejarah ini, sangat jauh diluar perkiraan bahkan terdengar mustahil, hanya selang beberapa detik sejak pertandingan dimulai. Mereka telah menorehkan prestasi luar biasa sebagai pemain sepak bola dengan mencetak gol bola paling cepat sepanjang masa. Biar gak buat penasaran, siapa sajakah mereka. Simak selengkapnya berikut ini:


1. Nicklas Bendtner 1,8 detik saat pertandingan Arsenal VS Tottenham Hotspur 
Gol Tercepat di Dunia Sepanjang Sejarah
Photo: Copyright tsmplug.com
Sebuah tendangan Gol dari Nicklas Bendtner, pemain striker Arsenal berhasil diciptakan melalui umpan sudut dari Cesc Fabregas yang langsung menjebol pertahanan gawang milik musuh. 

Gol ajaib tersebut hanya membutuhkan waktu 1,8 detik sesaat pertandingan dimulai. Niclas Bendtner yang juga sekaligus sebagai striker Denmark ini dinyatakan oleh Guinness world of record sebagai rekor terbaru pencetak tendangan gol paling cepat sepanjang pertandingan sepakbola.

2. Marc Burrows 2 detik, Cowes Sport VS Eastleigh  

Rekor terbaru gol tercepat di dunia juga pernah terukir oleh almarhum Marc Burrows pada 3 April 2004 silam, ketika pemain ini sedang memperkuat tim Cowes Sports melawan Eastleigh dikandangnya. 


Tak hanya para penonton yang sangat terkejut. Kiper dari Tim Eastleigh pun sempat bengong, seakan tak percaya tendangan Kick Off dari Marc Burrows berhasil menembus gawang pertahanannya hanya dalam waktu 2,5 detik saja sesaat wasit baru meniup peluit tanda memulai kick off. 

Dan tak hanya mencetak prestasi sebagai tendangan tercepat, dalam pertandingan tersebut. Marc Burrows berhasil mencetak rekor hattriick dengan skor sebanyak 5-3 untuk kemenangan tim Cowes Sports.

3. Nawaf Al Abed 2,4 detik, Al-Hilal Melawan Al-Shoala

Wow luar biasa, hanya membutuhkan waktu 2,4 detik saja bagi Nawal Al Abed untuk menciptakan sebuah tendangan gol yang sangat manis. Sebenarnya ada kesemberonoan yang tak sengaja dilakukan oleh Kiper lawan saat berlangsungnya pertandingan Al-Hilal melawan Al-Shoalah. 


Ketika itu Nawaf Al Abed melihat sang kiper tampak keluar dari posisi garis gawang yang terlalu maju ke depan. Seakan tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, tendangan langsung dari Al Abed berhasil menembus jaring gawang dari tim Al-Shoalah. 

Tendangan perdana itu juga yang membuat shock terapi bagi tim lawan. Pertandingan dimenangkan dengan telak dengan skor 4-0 atas kekalahan Al-Shoalah.

4. Tim Cahill 7 detik, New York Red Bulls dengan Houston Dynamo 

Satu lagi pemain bola kebanggaan asal negeri Kangguru Australia. Yaitu Tim Cahill yang berhasil mencetak gol tercepat di dunia hanya berselang 7 detik. Ketika kick-off dimulai, bola langsung dipasing cantik ke arah Dax McCarty, kemudian langsung memberikan umpan lambung kepada Tim Cahill. 


Dengan spontan, pemain ganteng Australia itu langsung membobol gawang kiper lawannya. Akhir pertandingan akhir pun dimenangkan oleh Tim New York Red Bulls dengan skor 3-0 atas kekalahan Houston Dynamo.

5. Roy Makaay  10 detik, Bayern Munich VS Real Madrid 

Meski hanya berbeda 3 detik dengan Tim Cahill, Roy Makaay mantan striker Belanda ini juga pantas mendapat predikat sebagai salah satu pemain sepak bola pencetak gol tercepat sepanjang masa. Keberuntungan itu ia dapatkan saat masih menjadi pemain Bayern Munich yang melawan tim raksasa Spanyol, Real Madrid pada 7 maret 2007 lalu. 


Roy Makaay yang saat itu menerima umpan silang dari Hasan Salihamidzic tak menyia-nyiakan kesempatan dan langsung menjadikannya sebuah gol sempurna. Tercatat gol yang dihasilkan oleh Roy Makaay masih memegang peringkat paling cepat dalam sejarah Liga Champions dan belum dikalahkan rekornya sampai saat ini.

6. Ledley King 10 detik, Pertandingan Bola Antara Tottenham Hotspur dengan  Bradford City 

Jika rata-rata seorang striker yang berhasil mempersembahkan tendangan ajaibnya, kali ini datang pada Ledley King yang juga ikut menorehkan namanya sebagai pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Premier League saat berlangsungnya pertandingan antara Tottenham dengan Brandford City. 

Baru saja babak pertama dimulai, Ledley King langsung menggiring bolanya ke wilayah musuh sendirian. Nyaris dari jarak 22 meter garis depan gawang lawan. King memberikan tendangan lurus hingga membuahkan gol yang begitu keras. 


Atas prestasinya yang berhasil mencetak gol bola hanya dalam waktu 10 detik pada tahun 2000 lalu, nama Ledley langsung melambung tinggi. 

Sayangnya karir emas King di dunia sepakbola harus terhenti, akibat cidera lutut yang ia alami. Dengan terpaksa King yang juga mantan bek timnas Inggris ini mengajukan pensiun dini di dunia sepak bola.

7. Alan Shearer 10,4 detik, Newcastle United  VS Manchester City 

Sepanjang sejarah Premier League, Alan Shearet yang mewakili Tim Newcasle United juga pernah menorehkan prestasinya sebagai pemain sepak bola dengan gol tercepat di dunia. 


Kala itu ketika Newcastle United sedang bertanding dengan Manchester City pada tahun 2003 lalu. Alan Shearet berhasil menjebol gawang lawan hanya dalam waktu 10,4 detik saja.

8. Mark Viduka 11,1 detik,  Leeds United VS Charlton Athletic 

Kepopuleran nama Mark Viduka sebagai pemain sepak bola interternasional bekebangsaan Australia memang dikenal sebagai pencetak gol paling produktif. Namanya sendiri mulai melambung ketika ia berhasil mencetak gol emas sebanyak 4 kali saat berlangsungnya pertandingan melawan klub Liverpool. 


Dan ia semakin banyak dikenal orang ketika berhasil menciptakan gol paling cepat dalam sejarah dunia yang dilangsungkan pada tahun 2001 silam yang melawan Charlton Athletic. Dalam waktu 11,1 detik sebuah tendangan yang diluncurkan oleh Mark berhasil membobol gawang lawannya.

9. Dwight Yorke 13 detik, Aston Villa VS Coventry City 

Pada tahun 1995 ketika berlangsungnya pertandingan Aston Villa vs Coventry City. Dwight Yorke mampu membuktikan dirinya sebagai pemain yang pantas masuk dalam daftar pencetak gol tercepat dan terbaik di dunia. 


Baru saja pertandingan dimulai, Striker gesit Trinidad itu mendapatkan umpan silang yang cantik dari Ian Taylor. Tak pernah terpikirkan oleh kiper jika umpan silang tersebut langsung ditembakkan ke arah gawang. Akhirnya sebuah tendangan gol yang sangat sempurna berhasil diraihnya.

10. Jesus Navas 14 detik, Manchester City VS Tottenham Hotspur 

Anda masih ingat pertandingan Manchester City melawan Tottenham Hotspur pada tahun 2013 lalu. Luar biasa bukan gaya permainan dari Manchester City yang mendominasi medan pertandingan dan begitu beringasnya sampai-sampai Tottenham dibuat pusing pala barbie menghadapinya. 

Dimulai saat Sergio Aguero melakukan tendangan langsung ke arah gawang Kiper Lloris. Meski sempat menepisnya, namun arah bola tersebut memantul tepat di dekat kaki Jesus Navas. 

Seakan tak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas, Jesus Navas pun langsung melesatkan sebuah tendangan cepat dan keras dari sudut yang membuahkan gol kemenangan pertama hanya dalam waktu 13 detik saja. 

gol tercepat

Meskipun gol ini sendiri mendapatkan pro dan kontra karena ada yang mengatakan 14 detik, tapi menurut catatan resmi situs Premier League, waktu yang berhasil ia raih memang terjadi dalam 13 detik. 

Entah kebetulan atau tidak sepertinya Dewi Fortuna memang sedang berpihak kepada klub Manchester City, pertandingan tersebut benar-benar dimenangkan telak oleh MC dengan hasil skor 6-0 atas kekalahan Tottenham Hotspur. 

Pemirsa beritaterbaru.id, sampai sekarangpun sepertinya rekor luar biasa yang tercatat oleh mereka, sebagai 10 pemain sepak bola yang berhasil mencetak gol tercepat di dunia sepertinya belum mampu untuk dikalahkan oleh para pemain bola profesional lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gol Tercepat di Dunia Sepanjang Sejarah