Cara Terbaru Membasmi Tikus di Rumah

Seperti tak ada habisnya, gerombolan tikus yang sudah dibasmi masih saja tetap eksis dirumah. Kebayang bukan betapa menjijikannya kalau si kelinci hitam ini masuk ke dalam kamar tidur kita.

Lalu bagaimana sih cara terbaru membasmi tikus di rumah? tentunya agar mereka kapok dan tidak balik-balik lagi datang kedalam rumah. Apakah ini masih menggunakan teknik jadul alias ketinggalan jaman?

Menggunakan obat anti tikus ataupun racun tikus memang cukup efektif tapi kalau tidak hati-hati meletakkannya justru sangat berbahaya untuk hewan peliharaan kita, misalkan anjing atapun kucing. 

Ingat! jangan pernah sepelekan kehadiran mereka, sebab tikus adalah mediator terbaik sebagai pembawa wabah penyakit berbahaya selain gemar merusak barang-barang berharga milik kita! 

Pemirsa beritaterbaru.id dalam artikel ini saya tidak hanya memberikan cara-cara mengatasi tikus di rumah dengan mudah saja, tetapi juga akan memberikan berbagai macam tips-tips ampuh untuk mencegah tikus-tikus masuk kembali ke dalam rumah kita.

Menggunakan Cairan Soda Pop atau Bom Soda (baking soda)

Dalam sebuah penelitian biologi diketahui bahwa Tikus sebagai mamalia pemangsa serangga (bukan hewan pengerat) tidak dapat mengeluarkan sendawa atau celegukan untuk mengeluarkan kandungan gas yang masuk ke dalam tubuhnya. 

Jika ia sampai menelan bahan atau cairan yang menimbulkan gas soda, maka ia bisa terbunuh secara pelan-pelan. Oleh karena itu penggunaan cairan baking soda sangat efektif untuk membasmi tikus sampai tuntas. 

Untuk cara membuatnya pun sangat mudah, cukup mencampurkan baking soda dengan makanan yang disukai oleh tikus, biasanya makanan-makanan berbau amis seperti ikan tongkol, cumi ataupun udang.

Cara Terbaru Membasmi Tikus di Rumah

Membuat Ramuan Ajaib dari Saus Cabai, Air serta Deterjen Pakaian

Tahukah anda jika saus cabai, air dan deterjen pembersih pakaian digabungkan akan menjadi ramuan ajaib paling ampuh mengusir tikus-tikus dirumah.

Langkah membuatnya cukup simple masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam botol spray, contohnya yang sering dipakai buat nyemprot tanaman ataupun setrikaan. 

Ketika ada tikus muncul didekat anda, langsung saja semprotkan spray tersebut, dalam seketika tikus apes tersebut akan merasa kepanasan di seluruh tubuhnya seperti sedang terbakar. Dan bisa dipastikan dia kapok untuk kembali memasuki rumah kita.

Tangkap satu tikus agar teman-temannya takut

Pernahkah anda mendengar cerita jika satu tikus dibunuh dan dicincang, maka tikus-tikus lain akan trauma datang kembali.

Sebenarnya kisah itu hanyalah mitos, yang benar adalah dalam suatu eksperimen yang dilakukan oleh para ilmuwan selama bertahun-tahun. Menangkap satu tikus dari kelompok kawanannya bisa menimbulkan efek psikologis 'Jera' buat mereka. 

Cara membasmi tikus ini memang unik terdengar tapi sudah banyak orang yang membuktikan keberhasilannya. Tangkap salah satu tikus kemudian warnai seluruh tubuhnya dengan cat warna ataupun cat pylox berwarna cerah. Kemudian lepas kembali tikus tersebut. 

Melihat sang teman sudah berubah warna alias penampilan, akan menimbulkan efek trauma berat bagi teman-temannya sehingga mereka akan merasa takut masuk kembali ke rumah kita. Barangkali yang timbul dalam pikiran mereka takut di makeover oleh kita ya guys!

Menggunakan Kapur Barus

Fakta bahwa seekor tikus sangat tidak menyukai bau-bauan harum ataupun bau menyengat misalkan bau yang ditumbulkan dari kapur barus. Untuk itu kita bisa memanfaatkan penggunaan kapur barus untuk membasmi tikus dengan cepat. 

Cara ini tidak ribet dan untuk mendapatkan bahannya  pun sangat mudah, setelah anda membeli cukup menaruh kapur barus dibawah tempat-tempat tersembunyi yang sering dilewati oleh tikus. Contohnya bagian bawah dapur, lemari pakaian, didalam gudang ataupun dibawah tempat tidur. 

Tapi agar lebih berhati-hati kalau anda memiliki hewan peliharaan dirumah, akan jauh lebih baik untuk tidak meletakkannya di dalam kamar agar tidak membahayakan kesehatan mereka, khususnya bagi anda yang senang memasukkan hewan ke dalam kamar.


Cara Mencegah Tikus Masuk Kembali ke Dalam Rumah

Seperti yang kita tahu tikus sangat menyukai tempat-tempat kotor, lorong kecil, tumpukan barang ataupun sampah.

Untuk itu setelah kita berhasil membasmi dan mengusir kehadiran mereka, usahakanlah agar kita selalu menjaga kebersihan rumah. Tinggalkan kebiasaan buruk anda yang sering menumpuk-numpuk barang bekas didalam rumah. 

Jika arsip dokumen atau buku-buku anda sudah tidak terpakai sebaiknya segera dibakar atau diletakkan di dalam gudang rumah dan pastikan menaruh perangkap atau jebakan anti tikus didalamnya. 

Langkah selanjutnya menutup jalan lorong, atau lubang tempat biasa tikus nongol, anda bisa menggunakan semen agar tertutup secara permanen. Dan jika sarang tikus-tikus itu berada di sekitar halaman depan rumah, anda bisa menutupinya dengan tanah dicampur dengan batu kerikil. 

Dan langkah yang terakhir memutuskan rantai makanannya. Fakta bahwa rumah yang tidak memiliki sampah di dapurnya tidak akan didatangi oleh gerombolan menyebalkan ini. 

Sebab itu mulai dari sekarang cobalah untuk menutup rapat-rapat tempat sampah anda, begitupun makanan sisa yang tidak habis terpakai agar segera dimasukkan kembali ke dalam lemari. 

Upayakan lemari makanan tersebut berbahan dari kaca atau alumunium, soalnya kalau berbahan dari kayu masih bisa dilubangi oleh tikus. Percayalah jika sumber makanan ini sudah ditutup habis, tikus-tikus tersebut akan segera menjadi pengangguran berat dan pindah ke rumah tetangga anda hehehe.

Mengatasi Tikus di Atap Rumah dengan Mudah

Bagaimana cara mengatasi tikus-tikus yang sering menyusup diatas loteng ataupun atap rumah kita? 

Untuk hal ini jangan pernah disepelekan, bukan saja kehadiran mereka bisa merusaki benda-benda properti milik kita tapi juga bisa merusak kabel listrik yang bukan tak mungkin menyebabkan korsleting listrik dan menyebabkan kebakaran di rumah anda. 

Tentu anda tidak pernah menginginkan kejadian tragis seperti itu bukan? Terlebih menyangkut keselamatan istri dan anak-anak tercinta anda.

cara mengusir tikus
Cara mengatasi tikus yang dianggap paling efektif, aman dan jauh dari resiko hanyalah menggunakan perangkap atau jebakan tikus yang bisa anda dapatkan mudah di toko-toko penjual makanan burung.

Sebab jika anda menaruh racun tikus ataupun lem tikus bisa dipastikan mereka akan mati ditempat lalu bangkai tikus tersebut akan membuat aroma tidak nyaman di dalam rumah anda. 

Akan sangat mungkin tikus itu tidak langsung mati ditempat, dalam keadaan sekarat mereka bisa saja masuk ke celah-celah atap yang sulit untuk kita jangkau dan mati pelan-pelan hingga bangkainya menjadi busuk. Anda tentu tak mau dibuat repot bukan? 

Dan langkah terakhir pastikan agar ranting-ranting atau dahan pohon yang menjulur ke atap rumah anda agar dipotong dan dibersihkan. Sebab ranting menjadi salah satu media yang membuat tikus bisa menaiki atap rumah anda, padahal pintu rumah anda sudah tertutup rapat. 

Dan jika anda mempunyai halaman atas rumah untuk menjemur pakaian usahakanlah agar membuatkan pintu untuk mencegah tikus naik lewat tangga dalam rumah. 

Pemirsa beritaterbaru.id semoga dengan menerapkan "cara-cara terbaru untuk membasmi dan mengatasi tikus" ini, rumah anda tidak lagi diganggu oleh kehadiran mereka yang menjadi biang keladi wabah penyakit berbahaya.

...