Cara Mengatasi Kebotakan Rambut Pria yang Tidak Bisa Tumbuh Kembali

Kebotakan permanen memang merupakan salah satu problem yang menakutkan bagi pria. Umumnya masalah ini diatasi dengan tampil plontos sekalian, namun tak sedikit pula yang merasa kurang percaya diri dengan tampilan rambut plontos.

Memakai topi atau wig untuk menutupi kepala botak lengar terkadang sering digunakan, walau sebenarnya ini tak cukup membantu dan bikin gerah memakainya. 

Cara mengatasi kebotakan rambut pria yang tidak bisa tumbuh kembali secara efektif ialah dengan mengobatinya agar pertumbuhan rambut dapat dirangsang. Bagi pria, kerontokan merupakan masalah yang harus diatasi pada usia empat puluh hingga lima puluh tahunan.

Pada beberapa kasus, kerontokan parah sudah mulai terjadi pada usia dua puluh hingga tiga puluhan sehingga membutuhkan perawatan yang lebih awal juga. 

Faktor yang menyebabkan kebotakan sendiri sangat beragam. Salah satunya ialah alopecia, gangguan psikologis, efek samping pengobatan seperti kemoterapi, adanya infeksi jamur, kekurangan gizi hingga ketidakseimbangan hormon. 

Selain itu, kurangnya sirkulasi udara pada kulit kepala pun dapat menyebabkan rambut rontok hingga kebotakan pada pria. 

Kebotakan sendiri juga dapat menyerang wanita dengan alasan yang sama, akan tetapi pria lebih rentan menderita kebotakan ini, terutama sejak usia dua puluhan hingga empat puluhan. 

Apapun faktor penyebabnya, masalah kerontokan dan kebotakan harus segera diatasi atau minimal diperlambat agar tidak segera terjadi. Salah satunya ialah dengan merangsang pertumbuhan folikel rambut. Terdapat beberapa pengobatan alami yang dipercaya mampu mengatasi rambut rontok serta kebotakan pada kulit kepala. 

Cara Mengatasi Kebotakan Rambut Pria
Yang pertama, pijatlah kulit kepala. Cara pengobatan ini termasuk alami serta paling teruji dalam mengatasi kerontokan rambut, mengingat salah satu faktor yang menyebabkan kerontokan adalah sirkulasi udara yang tidak lancar pada kulit kepala. 

Darah akan membawa oksigen menuju folikel rambut, dan adanya darah ini berguna dalam merangsang serta memelihara tumbuhnya rambut. Memijat kulit kepala secara rutin dan teratur akan menjaga teraturnya sirkulasi darah serta rambut yang telah rontok dapat dirangsang untuk tumbuh kembali. 

Pemijatan dapat dilakukan setiap hari, dan umumnya disarankan untuk dilakukan saat tengah menggunakan produk perawatan rambut agar produk tersebut makin meresap dan khasiatnya terasa. 

Bahan Alami untuk "Mengatasi Kebotakan Rambut Pria"

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan serta kebotakan adalah santan. Santan memiliki banyak kandungan vitamin serta nutrisi di mana semuanya penting dalam pertumbuhan rambut. Santan juga bisa menjaga kesehatan rambut serta folikel rambut. 

Selain menjaga kesehatan, santan juga dapat menumbuhkan helai-helai rambut baru. Santan dapat diimplementasikan ke kulit kepala atai dikonsumsi langsung dalam bentuk makanan olahan. Selain santan, bahan lainnya yang dapat digunakan ialah telur. 

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan penting dalam pertumbuhan rambut yang kuat serta tebal. Cara pemakaiannya ialah dengan mengambil beberapa butir telur lalu aduk rata sampai menjadi pasta. Aplikasikan pada rambut, diamkan sebentar lalu keramas sampai bersih. 

Beberapa bahan makanan mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mengonsumsinya akan sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

Antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas sehingga tanda-tanda penuaan dini serta matinya sel-sel kulit dapat diminimalisir. Buah-buahan seperti alpukat, pisang, jeruk, serta lemon sangat baik untuk dikonsumsi. 

Selain buah-buahan tersebut, sayuran berwarna hijau juga tinggi akan antioksidan dan zat besi serta dapat dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari.

Antioksidan tak hanya akan membantu mengatasi rambut rontok dan kebotakan namun juga menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Konsumsi setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal serta cepat terlihat hasilnya. 

Penggunaan bahan alami selanjutnya yang dapat mengatasi kerontokan dan mengobati kebotakan adalah lada hitam. Mengolah lada hitam untuk dijadikan obat rambut rontok ialah dengan mencampurkan beberapa sendok teh bubuk lada hitam dengan yoghurt sebanyak beberapa ons. 

Campurkan hingga menjadi pasta lalu oleskan pada rambut. Diamkan beberapa menit dan cuci rambut dengan melakukan keramas. 

Bahan selanjutnya adalah cuka. Dalam cuka terdapat kalium serta enzim yang memiliki manfaat mencegah ketombe serta meningkatkan tumbuhnya rambut.

Ketombe dapat menyumbat folikel serta pori-pori dan menyebabkan pertumbuhan rambut terhambat, sehingga pencegahan ketombe juga dapat membuat rambut tumbuh kembali sehingga kebotakan dapat dihindari. 

Mengatasi kerontokan tak hanya dilakukan dari luar tapi juga dari dalam. Asupan makanan harus benar-benar dijaga agar tubuh hanya menerima zat-zat baik yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan rambut. Salah satunya adalah mengurangi konsumsi makanan yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. 

Studi menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi lemak hewani dengan meningkatnya produksi sebum. Mengurangi konsumsi daging merah akan berdampak positif pada pertumbuhan rambut di kulit kepala. 

Dengan cara ini, rambut akan tumbuh dengan lebih cepat dan mudah tanpa banyak hambatan. Di samping berhenti mengonsumsi daging merah, terdapat beberapa jenis makanan yang justru harus banyak dikonsumsi karena berdampak positif pada pertumbuhan rambut. 

Beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar pertumbuhan rambut adalah kacang-kacangan serta beras merah. Keduanya mengandung biotin, yakni sejenis bakteri dalam usus yang kegunaan utamanya ialah membantu pertumbuhan rambut. 

Menambahkan kacang-kacangan dan juga beras merah ke dalam menu makanan sehari-hari akan membantu mengatasi kerontokan rambut, di samping menyehatkan tubuh secara keseluruhan. 

Di samping biotin, hal lain yang harus diperhatikan sejalan dengan masalah kerontokan ialah kesehatan dari kelenjar tiroid.

Ketidakseimbangan dari hormon ini dapat memicu masalah pada pertumbuhan rambut, sehingga perlu untuk menjaga kelenjar tiroid agar tetap sehat. Beberapa jenis makanan tertentu dapat menyehatkan kelenjar tiroid, seperti rumput laut, wakame, nori dan kombu. 

Selain dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu dan menggunakan ramuan tradisional, cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan ialah dengan mengurangi stress. Stress mungkin terlihat sepele, namun dapat menyebabkan aneka gangguan kesehatan, termasuk di antaranya adalah kerontokan. 

Stress dapat terjadi karena masalah yang tak kunjung selesai sehingga menyebabkan beban pikiran yang berkepanjangan. Stress juga bisa terjadi sebagai akibat dari rasa penat dan jenuh terhadap pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. 

kebotakan rambut permanen
Rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari serta segera menyelesaikan masalah agar tak menjadi stress adalah langkah yang harus dilakukan untuk membantu mengatasi kerontokan. 

Penggunaan berbagai jenis obat untuk mengobati kerontokan kadang akan dipilih apabila telah merasa begitu putus asa serta menginginkan hasil yang cepat. 

Obat kerontokan ini umumnya akan berbentuk sampo dan kondisioner serta serum atau tonik untuk kulit kepala. Namun, obat harus dipastikan benar-benar aman dan tidak menyebabkan efek samping, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

Obat kerontokan ini dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum digunakan untuk menjamin keamanan dalam pemakaiannya. Pemakaian obat tetap harus diimbangi dengan pola hidup sehat seperti banyak mengonsumsi buah dan sayur, cukup minum air putih, hindari rokok dan alkohol serta kurangi stress. 

Demikian cara mengatasi kebotakan permanen rambut pria yang tidak bisa tumbuh kembali. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat diterapkan.

...