Thursday, April 14, 2016

Apakah Ikan Bisa Tidur dan Bagaimana Caranya?

Pemirsa beritaterbaru.id, pasti anak-anak anda bahkan anda sendiri pernah terbesit dalam pikiran apakah ikan bisa tidur dan bagaimana caranya? Betul tidak? Saya sendiri juga pernah berpikir seperti itu, apakah memang benar ikan bisa istirahat untuk melepaskan lelah seperti halnya pada manusia ataupun hewan lain.

Pertanyaan yang logis terdengar, bukankah nanti bisa berbahaya karena sangat mungkin dirinya akan terseret oleh arus air. Penasaran?

Jawabannya, yang namanya makhluk hidup semua tentu butuh istirahat, agar metabolisme dalam tubuh bisa kembali normal. Cara ikan tidur adalah ya tidur seperti biasa hanya saja tidak kita sadari sebab ikan tidak memiliki kelopak mata seperti kita. Jadi mereka seolah-olah terlihat masih melek terbuka dan berenang.

Dan tubuhnya memiliki alat indera yang bekerja responsif melalui sirip dan ekor agar mengatur (mengontrol) gerakan tubuhnya agar tidak tenggelam atau terbawa arus.
Apakah Ikan Bisa Tidur
Photo: Copyright abcnews.go.com
Gerakan ini juga berperan mengalirkan oksigen agar cukup terpenuhi kedalam insangnya. Melalui sirip ekor tersebut juga berfungsi sebagai tanda pertahanan diri jika ada pemangsa yang mendekati mereka.

Tak percaya? Coba saja memberikan makanan dalam akuarium anda. Pasti respon mereka sangat lambat untuk menyadari ada makanan di dekat mereka. 

Lalu bagaimana dengan jenis ikan yang hidup di habitat bebatuan koral? Apakah juga bisa tidur? Yups, cara tidur spesies ikan ini tidak begitu terlihat sebab mereka akan tiduran dan menelusup diantara bebatuan yang sekaligus melindungi diri mereka dari hewan-hewan predator.

Untuk jenis ikan lumba-lumba, paus dan ikan besar lainnya bagaimana? Mereka kan bernafas dengan menggunakan paru-paru seperti manusia dan mereka juga hewan mamalia. Pada dasarnya cara tidur ikan lumba-lumba mirip dengan ikan yang menggunakan insang.

Mereka akan muncul ke permukaan laut untuk menghirup oksigen dalam jeda waktu yang cukup lama alias tidak sering. Menurut hasil penelitian dalam sebuah jurnalNeuroscience dan Biobehavioral Reviews pada tahun 2008. 

Dijelaskan bahwa lumba-lumba tidur dengan metoda unik yang dinamakan dengan unihemispheric slow-wave sleep, atau kita bisa menjelaskannya sebagai kondisi tertidur dalam kondisi setengah sadar, dan tetap aktif bergerak. Contohnya pada manusia tingkat dalam keadaan hipnotis.
cara ikan tidur

Dan uniknya lumba-lumba, ikan paus dan mamalia lainnya hanya menidurkan/ mengistirahatkan setengah bagian otaknya secara bergantian dalam sesi waktu 4 jam sekali. Apabila otak kanan tidur maka mata kirinya selalu terbuka begitupun sebaliknya. Mau tahu kenapa perilakunya seperti itu. 

Karena mereka memang sengaja tidur dalam kondisi setengah sadar/terbangun, sehingga mereka masih tetap bisa melakukan pernafasan dengan normal. Dan kegunaan yang paling penting adalah untuk berjaga-jaga agar bila ada hewan predator lainnya yang mengancam nyawa. Mereka bisa menghindar dan melarikan diri, keren bukan hehehe.

Pemirsa beritaterbaru.id semoga pertanyaan anda tentang bagaimana cara ikan tidur sudah terjawab sampai tuntas. Jangan lagi tanya kenapa kok ikan tidak memakai bantal atau guling seperti kita hehehe.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apakah Ikan Bisa Tidur dan Bagaimana Caranya?