Wednesday, March 23, 2016

Terusik Gigi Sensitif? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Yakin gigimu tidak sensitif? Tahukah anda, bahwa 65 persen masyarakat indonesia mengalami gigi sensitif. Namun 50 persen dari mereka, tidak berbuat apa-apa.

Siapa saja bisa menderita gigi sensitif. Namun seiring pertambahan usia, semakin meningkat resikonya. Jika anda pernah merasakan mengilu yang cepat dan tajam pada gigi anda saat mengonsumsi makanan atau minuman yang panas, dingin, asam dan terkena udara dingin. Maka anda mungkin menderita gigi sensitif 


Selanjutnya, gigi yang sehat memiliki email dan gusi yang melindungi lapisan dalam gigi yang disebut dentin. Namun, pada gigi sensitif dentin gigi terbuka, email gigi terkikis, atau gusi menurun sehingga sensasi panas atau dingin langsung masuk kesaluran dentin yang terbuka yang langsung mengenai saraf gigi dan terasa ngilu.

Terjadinya gigi sensitif bisa disebabkan antara lain adalah makanan asam, penyakit gusi, kebiasaan buruk seperti menggertakkan gigi, cara menyikat gigi yang salah, serta penggunaan sikat gigi yang berbulu kasar juga bisa mempengaruhi.

Dengan sudah mengetahui penyebabnya, sekarang kita menuju tahap selanjutnya, tahap cara mengatasinya.

1. Periksalah ke dokter gigi, agar kita lebih tahu bagaimana kondisi gigi kita dan apa yang telah menyebabkannya.

2. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif yang mengandung HAP mineral dan kalsium sitrat yang dapat meredahkan ngilu dalam 30 detik dan zinc sitrat yang mengatasi akar permasalahannya. 

3. Menyikat gigi dengan cara yang benar, yakni dari arah gusi ke gigi dengan sikat gigi berbulu halus dan tekanan lembut.

4. Hindari makanan asam dan kurangi cemilan di antara waktu makan

Dengan mengikuti langkah-langkah itu, gigi sensitif dapat dicegah dan diatasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Terusik Gigi Sensitif? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya