Soal Angkutan Umum, JK: Aturan Harus Menyesuaikan Teknologi

Aksi protes atas terjadinya angkutan umum berbasis aplikasi terus merabak. Pemerintah diminta segera untuk mencarikan solusi atas permasalahan ini. Terlebih, saat ini teknologi sudah tak bisa dibendung lagi. Kehadiran teknologi juga berdampak pada efisiensi sehingga harus benar-benar dicari jalan keluar yang terbaik.


Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK mengatakan dalam menyikapi masalah ini tentu harus menuju pada aturan yang sudah ada. "Seharusnya aturan lah yang menyesuaikan teknologi, bukan teknologi yang harus menyesuaikan diri dengan aturan. Jadi keduanya harus bisa menyesuaikan diri, dibuat adil," kata JK di Kantor Wakil Presiden, di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Menurut JK, saat ini aturan yang sekarang belum mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat. Jadinya kedua belah pihak yang bersetu merupakan rakyat kecil yang sedang mempertahankan hidupnya dengan bekerja di sektor masing-masing. Di sisi lain, sebenarnya satu sama lain hadap-hadapan harus saling bekerja sama.

"Karena ini menyangkut rakyat banyak, yang mencari pekerjaan jadi tidak boleh satu sama lain hadap-haadapan. Inilah yang harus dipahami, bekerja sama dan saling membutuhkan,"

"Begini deh, apakah anda bisa keluar tanpa Handphone? Teknologi sekarang sudah tidak bisa dibendung, jadinya hari ini anda tidak keluar tanpa Handphone kan," imbuh JK.
...