Sejarah dan Perkembangan Animasi di Indonesia

Banyak animasi yang telah dikenal oleh kita sejak kecil sampai usia yang sudah hampir dewasa pun masih menikmati tontonan animasi tertentu. Tapi bagaimana perkembangan animasi sebenarnya?


Animasi dengan objek gambar pertama kali dibuat pada tahun 1906 oleh seniman asal Amerika Serikat, James Stuart Blackton. Ia membuat animasi dengan mengganti gambar-gambar secara cepat. Di Indonesia, animasi gambar mulai dibuat sejak tahun 1950-an. Diatara lainnya adalah Huma, Timun Emas, dan Si Kancil menjadi karya animasi pertama seniman Indonesia.

Sejak dekade 2000, seniman Indonesia semakin sering membuat karya animasi. Si Hebring, Juki, Adit & Sopo Jarwo merupakan segelintir animasi lokal yang populer. Meski demikian, industri animasi Indonesia masih mengalami banyak masalah.

Dengan adanya biaya produksi yang mahal, upah yang tidak menentu dan kurangnya dari TV Konvensional yang membuat tidak banyak animasi lokal yang bisa diciptakan. Akibatnya pasar lokal dengan mudahnya dibanjiri oleh animasi asing.

Demi memajukan animasi lokal, mari menjadi pahlawan untuk animasi lokal. Karena animasi lokal tidak hanya butuh dukungan pemerintah, tapi juga kamu sebagai penikmatnya. Mari kita dukung animasi lokal untuk bangkit!
...