Pentingnya Dirikan Wiper Mobil Saat Sedang Parkir

Untuk membuat kaca mobil bersih dari goresan dan terawat bukan hanya bagus untuk tampilan kendaraan saja, namun juga bisa memperjelas pandangan pengemudi melihat ke bagian depan. Untuk membuat kaca depan mobil agar tidak cepat rusak, salah satu komponen yang harus dijaga adalah wiper. Kerja maksimal wiper turut dipengaruhi oleh cuaca di mana mobil itu berada.


Griselda Iwandi, Marketing Manager Automotive Aftermarket PT Robert Bosch (Bosch Indonesia) mengatakan, banyak pemilik kendaraan yang jarang sekali memperhatikan dan merawat wiper. Oleh karena itu, Selda sapaan Griselda Iwandi berbagi tips agar karet wiper lebih awet. Salah satunya dengan cara mengangak wiper ketika mobil parkir.

"Bagian mobil ini cukup penting keberadaannya, selain untuk keselamatan juga keawetan keaca depan. Agar kaca panjang umur dan lebih awet, sebaiknya wipernya diangkat. Sederhana, namun pengaruh baiknya sangat besar," ucap perempuan yang karib disapa Selda.

Apabila wiper dibiarkan menempel pada kaca, langsung terkena sorot matahari membuat karet wiper menjadi panas sehingga menjadi cepat kering, retak dan cepat menuai. Bila proses tersebut didiamkan, otomatis struktur karet wiper rusak dan akhirnya kinerja sapuaannya tidak maksimal.

"Maka dari itu sebaiknya angkat wiper, entah itu di tempat parkir maupun saat mobil akan diparkir dalam jangka waktu yang lama. Kalau karet wiper pertanda minta untuk diganti, cirinya mulai getas, mulai bersuara (saat dipakai), dan karetnya keriting," tambahnya Selda.
...