Sunday, March 20, 2016

Tiga Motor Tua Paling Dicari di Indonesia

Kemajuan teknologi terutama di bidang otomotif akhir-akhir ini membuat banyak industri otomotof berlomba-lomba mengeluarkan produk kendaraan terbarunya baik kendaraan yang beroda dua ataupun beroda empat yang lebih cangih dari pada keluaran sebelumnya. 

Di tengah-tengah perkembangan otomotif yang makin meningkat masih banyak juga orang lebih suka mengumpulkan motor keluaran lama atau biasa disebut motor antik, setidaknya ada tiga motor tua paling dicari di Indonesia. Motor-motor ini terbagi dari beberapa merek dan memiliki kualifikasi yang berbeda-beda pula. 

Tiga motor tua paling dicari di Indonesia ini tidak hanya dicari oleh para kolektor motor klasik, namun dicari juga oleh para pecinta otomotif yang suka memodifikasi motor, seperti memodifikasi mesin dari motor-motor antik ini namun tetap mempertahankan model dari motor yang klasik dan elegan. 

Dengan cara modifikasi motor klasik harga motor pun dapat meningkat karena modifikasi dan mesin yang baru, selain itu desain dan model motor juga menjadi alasan motor dihargai dengan harga yang tinggi. 

Mengutip dari motor tua termahal, Modifikasi motor jenis ini juga banyak diminati oleh para kolektor dan pecinta dunia otomotif karena itu tidak sedikit orang yang berminat melakukan modifikasi motor klasik.

Memiliki salah satu dari tiga motor antik paling dicari di Indonesia berarti anda juga perlu memperhatikan cara perawatannya, karena model motor yang sudah lama sehingga sering sparepart motor ataupun onderdil yang sudah tidak dijual di pasaran lagi sehingga motor membutuhkan perawatan khusus. 

Perawatan yang wajib dilakukan adalah service motor secara berkala dan teratur terutama untuk motor antik yang sering anda gunakan setiap hari, untuk motor yang sering digunakan jika bisa lakukan service setiap satu bulan sekali sehingga performa motor teteap terjaga.

Adapun motor tua yang paling dicari adalah motor keluaran Eropa dan Jepang yang paling banyak di lirik oleh masyarakat Indonesia baik karena model hingga kualitas mesinya. Lebih jelasnya simak berikut:

1. Motor Antik Norton 

Motor produksi Inggris ini awalnya diproduksi untuk keperluan militer yaitu untuk memenuhi kebutuhan para tentara pada saat perang, oleh karena itu untuk performa motor ini tidak perlu dipertanyakan lagi motor ini sudah dapat dipastikan adalah motor yang tangguh. 

Walaupun awalnya Norton dikenal sebagai motor para tentara lama-kelamaan beralih menajdi motor balap dan memberikan hasil yang memuaskan dengan klasifikasi mesin 500 cc Norton terbukti dapat memberikan performa yang sangat tidak mengecewakan.
Motor Tua Paling Dicari di Indonesia
Photo: Copyright barrett-jackson
Di Indonesia sendiri model yang dikenal dengan model ES2 500 cc yang masuk ke Indonesia sekitar tahun 1952 untuk kebutuhan pemerintah. 

Oleh karena itu dapat dipastikan harga motor satu ini sangat mahal dan jarang di Indonesia walaupun anda bisa mendapatkannya anda juga butuh budget besar untuk melakukan perawatannya. 

Untuk mendapatkan motor Norton ini minimal anda membutuhkan 85 juta untuk satu motor dan ini pun belum termaksud harga perawatannya.
2. Honda CB 

Selain motor produk Eropa motor produk-produk keluaran Jepang juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, selain karena performa dan model harga motor dari Jepang termaksud terjangkau. salah satu motor antik yang banyak dicari adalah Honda CB. 

Memiliki model klasik yang terlihat retro, desain dari setiap bagian memiliki keunikan sendiri, seperti lampu yang didesain berbentuk bulat, spatbor belakang yang dibuat dari plat kaleng dan lainnya membuat Honda CB memiliki ciri tersendiri yang unik. 

Pada tahun 1971 PT Federal Motor pertama kali mengeluarkan motor dengan nama Honda CB di Indonesia, bahkan hingga mengeluarkan dengan empat varian yang dibedakan dari mesin yaitu CB 100cc, 125cc, 175cc, dan 200cc.


Penjualan Honda CB bisa dikatakan berhasil karena pada tahun 1981an motor ini sudah terjual hingga 600 ribu unit. 

Hal ini dikarenakan oleh dua hal, yang pertama karena harga yang murah sehingga dapat dibeli oleh siapa saja, yang kedua adalah karena perawatan motor yang tidak sulit bila dibandingkan dengan motor Norton. 

Untuk mendapatkan motor ini pun tidak lah sulit, karena banyak digunakan oleh orang jaman dulu anda dapat mendapatkan Honda CB hanya dengan harga sekitar 3 jutaan, namun bila anda ingin Honda CB yang dalam kondisi prima anda perlu merogoh kocek lebih dalam sekitar tujuh hingga sembilan juta rupiah.

3. Motor Klasik Honda C70

Honda terbukti sebagai produsen motor yang paling banyak diminati di Indonesia, salah satu motor antik keluaran Honda yang banyak dicari di Indonesia adalah Honda C70.

Bukan seperti Honda CB yang terlihat besar dan gagah pada Honda C70 adalah salah satu keluaran motor bebek yang memiliki bentuk mungil dan desain yang juga mungil. 

Namun dengan bentuk yang kecil Honda C70 memiliki performa yang tidak kalah dan termaksud tinggi di masanya, dengan mesin kubikasi 71,8cc motor satu ini dapat memberikan tenaga maksimum 6 Tk pada putaran mesin 900rpm.

Dengan performa motor yang tidak rendah motor Honda C70 termaksud barang mewah pada jamannya karena tidak semua dapat memiliki motor Honda satu ini sehingga anda beberapa orang saja yang dapat membelinya. 

Honda C70 juga termaksud motor yang paling banyak diproduksi mulai dari tahun 1969 saat Honda C70 pertama kali dikeluarkan di Indonesia ingga terakhir diproduksi pada tahun 1980.

motor tua termahal
Hingga saat ini motor antik Honda C70 masih banyak digunakan beberapa orang di Indonesia karena performa dan model yang sangat unik motor satu ini banyak menjadi incaran para kolektor dan juga para pecinta otomotif jadi jangan kira anda dapat mendapatkan Honda C70 dengan harga yang murah. 

Demikian penjelasan sedikit mengenai tiga motor tua dan antik paling dicari di Indonesia, semoga penjelasan di atas dapat berguna bagi anda yang sedang mencari motor klasik untuk melengkapi koleksi motor anda. 

Untuk mendapatkan motor antik anda dapat melakukan beberapa hal, seperti bergabung dengan komunitas pecinta motor antik ataupun pecinta otomotif, dengan ini anda akan mendapatkan banyak referensi motor.

Baik dari penjualan motor antik hingga perawatan yang tepat untuk motor klasik milik anda. Selain itu bila anda ingin menjual motor anda juga bisa melakukan promosi di komunitas-komunitas ini. 

Bagi anda yang mungkin memiliki salah satu dari tiga motor tua paling dicari di Indonesia dan berniat untuk menjual motor anda sebaiknya mulai dari sekarang rawat motor anda dengan baik, lakukan service secara rutin, perbaiki bagian-bagian yang sudah rusak hingga melakukan pengecetan ulang dibagian motor yang sudah mulai kusam sehingga motor antik anda tetap terlihat seperti motor baru.  

Dan tentu saja dapat anda jual dengan harga yang cukup tinggi kepada para kolektor motor antik ataupun para pecinta otomotif yang ingin melakukan modifikasi motor klasik dengan mesin yang terbaru. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tiga Motor Tua Paling Dicari di Indonesia